Kamis, Januari 25, 2018

Cara Mempercepat Koneksi Internet yang Lemot Hingga 100% Lebih Cepat

Mempercepat Koneksi Internet - Feri Tekno

Jaringan internet jaman sekarang memang sudah sangat luas cakupannya, bahkan daerah pelosok-pelosok kampung pun juga sudah terdapat jaringan. Banyak sekali pekerjaan yang awalnya begitu berat hingga menjadi mudah berkat bantuan internet, maka tak heran jika internet merupakan salah satu bekal kehidupan sehari-hari.

Contohnya, seperti halnya mengirim pesan E-Mail, browsing, bahkan upload file-file penting di Google Drive. Namun bagaimana jika lagi asyiknya browsingan atau menonton youtube tiba-tiba jaringan wifi kita lemot. Pasti kesal bukan? bahkan banyak yang frustasi untuk mengatasinya.

Nah! kali ini saya ingin berbagi tips-tips sederhana untuk mengatasi jaringan wifi Anda yang awalnya lemot, hingga menjadi 2 kali lipat lebih cepat.

Cara Mempercepat Koneksi Internet di PC atau Laptop


Untuk mengatasinya sebenarnya sudah banyak sekali di google, namun saya ingin saja membuat artikel ini dengan cara saya sendiri, kali saja dapat bermanfaat untuk Anda. Yuk! langsung saja kita ke kasusnya.

1. Mengubah Setting Bandwidth Anda


Sebelumnya, pastikan dulu posisi modem Anda dalam keadaan menyala. Bandwidth ini merupakan salah satu frekuensi yang digunakan oleh sinyal untuk keperluan transmisi data. Jadi, bandwidth juga sangat penting untuk mengatasi jaringan internet yang lemot.

==> Buka Program Run dengan cara memencet tombol windows pada keyboard bersamaan dengan tombol R (Win + R), kemudian akan muncul pop up Program Run nya.

==> Pada bagian program run, kalian bisa langsung ketik gpedit.msc pada kolom yang sudah tersedia. Lalu klik OK.

Mempercepat Koneksi Internet - Feri Tekno

==> Nanti akan muncul Local Group  Policy Editor, kemudian double klik pada Computer Configuration - Administrative Templates - Network - Qos Packed Scheduler.

Mempercepat Koneksi Internet - Feri Tekno

==> Double klik pada Menu Reservable Bandwidth

==> Pilih Menu Enable - pada bagian Bandwidth Limit, lansung ganti menjadi 0 (Untuk defaultnya 20), kemudian klik OK.

Mempercepat Koneksi Internet - Feri Tekno

==> Langkah terakhir, silahkan Restart Komputer Anda dan lihat hasilnya.

2. Cara Mempercepat Jaringan Komputer dengan Mengubah DNS-nya


Apabila cara diatas masih agak kurang-kurang pas menurut Anda, Anda juga bisa ikuti tahap kedua ini, supaya lebih dahsyat lagi. Disini akan saya ubah DNS nya menjadi Open DNS atau Anda juga bisa menggunakan DNS Google.

1). Menggunakan Open DNS

==> Silahkan Anda klik pada bagian networknya atau ikon wifi yang ada di task bar komputer kamu. Lalu klik Open Network and Sharing Center.

==> Selanjutnya, Anda klik link Menu Connection yang berada di bagian kanan.

Mempercepat Koneksi Internet - Feri Tekno

==> Nanti akan terbuka Wireless Network Connection Status, selanjutnya klik tombol Properties yang ada dibawah kiri.

Mempercepat Koneksi Internet - Feri Tekno

==> Langkah yang ditunggu-tunggu akhirnya sudah terbuka, selanjutnya klik sekali saja pada bagian Internet Protocol Version 4 (TCP/IPv4), lalu klik properties.

Mempercepat Koneksi Internet - Feri Tekno

==> Pada bagian Tab General, pastikan Anda mencetang Use The Following DNS Server Adresses, ubah DNS nya menjadi seperti ini :
- Preferred DNS : 208.67.222.222
- Alternate DNS : 208.67.220.220

Mempercepat Koneksi Internet - Feri Tekno

==> Lalu klik OK, dan restart komputer Anda.

1). Apabila Ingin Menggunakan DNS Google, berikut caranya

Anda bisa langsung ganti yang tadi sudah saya jelaskan untuk mengisi Preferred DNS Server dan Alternate DNS Server, menjadi :
- Preferred DNS Server : 8.8.8.8
- Alternate DNS Server : 8.8.4.4


Sekian 2 cara sederhana untuk mempercepat koneksi internet kalian, semoga bermanfaat dan apabila ada keluhan silahkan berkomentar dengan gaya bahasa yang sopan. Jika ingin berkomentar dengan gambar, kalian bisa langsung kirim pesan melalui Fanspage Facebook Feri Tekno.

Silahkan berkomentar apabila ada hal yang bingung atau sebagainya, dan mohon maaf apabila berkomentar disertai dengan link akan kami hapus.
Pastikan Anda berkomentar dengan bahasa yang sopan dan bertanya dengan artikel yang tengah terkait, supaya tim kami akan mudah untuk menjawabnya dari pertanyaan teman-teman.
Klik Disini Untuk Melihat EmoticonTutup Lagi