Minggu, Mei 20, 2018

5 Cara Mengatasi HP Android yang Lemot Parah

Siapa sih yang tidak kesal lagi asyik-asyiknya chattingan atau kegiatan lainnya tiba-tiba HP kesayangan kamu lemot alias ngeleg. Mau ganti HP baru dengan spesifik yang tinggian lagi tetapi uang tidak cukup untuk membelinya, pasti rasanya jenuh banget. Saya sendiri pun juga mengalami hal yang serupa, dan pada akhirnya saya menemukan caranya tanpa membeli HP baru lagi.

Mengatasi HP Android Lemot - Feri Tekno

Lantas bagaimana sih cara yang Admin Feri Tekno lakukan? Oke kali ini akan saya beritahu tipsnya, namun sebelum itu Anda berdo'a dulu, supaya barokah. Berikut ulasan cara mengatasi HP Android lemot yang telah belajar dari kasus.

1). Usahakan Jangan Memakai Live Wallpapers

Memasang Live Wallpapers pada HP tentu jauh lebih menarik dari wallpaper lainnya, namun bukan berarti memakai live walpapers HP kamu tidak terjadi apa-apa. Ketika saya melepaskan live wallpapers dan menggantinya dengan wallpapers seperti biasanya, HP saya menjadi ringanan sedikit, walaupun tidak semaksimal mungkin.

Ternyata memasang live wallpapers menyebabkan kinerja GPU HP Anda semakin menjadi berat sebab dia harus merender gambar agar bisa bergerak, untuk itu saya sarankan untuk menggunakan wallpaper yang biasa saja.

2). Banyaknya Aplikasi yang Berjalan Dibelakang Layar

Aplikasi yang berjalan dibelakang layar memungkinkan loading HP akan menjadi lambat, karena tugas Processor ada batas kinerjanya, apabila melebihi kinerja Processor (Memaksakannya) HP Anda akan mendadak lemot. Bahkan bisa mengakibatkan HP Anda tidak bisa dinyalakan kembali saat di Shut Down.
Untuk itu, apabila kamu telah membuka suatu aplikasi, segeralah ditutup kembali jangan dibiarkan begitu saja.

3). Gunakanlah Widget yang Seperlunya

Salah satu kegunaan widget dalam HP Android tentu memiliki peran sendiri yang memudahkan bagi para penggunanya, namun menggunakan Widget yang berlebihin justru tidak baik bagi Gadget Anda, gunakanlah Widget yang menurut Anda benar-benar penting.

4). Berilah Ruang Sedikit Pada Memory Internal

Janganlah terlalu banyak menginstall games atau aplikasi lainnya, hal ini paling paling sering saya jumpai ketika memegang ponsel wanita. Karena wanita sangat senang sekali apabila memiliki aplikasi yang banyak, salah satunya adalah aplikasi Foto.
Untuk itu install-lah aplikasi yang seperlunya saja, dan beri ruang sedikit pada Memory Internal pada ponsel Anda. Kalau bisa saya sarankan pindahkan aplikasi ke Memory Eksternal. (Baca Juga : Cara Ampuh Mengatasi Memori Internal Penuh di HP)

5). Factory Reset (Pengaturan Pabrik)

Apabila 4 cara diatas saya masih tidak ampuh untuk mengatasinya, langkah yang paling mujarab adalah Mereset ponsel Anda ke pengaturan pabrik lagi (Rasanya seperti beli HP baru lagi). Apabila ada file-file yang penting, segeralah pindahkan terlebih dahulu ke memory eksternal dan cabutlah memorinya, setelah mencabut memori eksternal Anda, barulah Anda lakukan Factory Reset pada ponsel Anda.

Sekian cara mengatasi HP Android yang lemot, semoga bisa bermanfaat bagi Anda dan semoga HP Anda kembali lancar (Berjalan dengan semestinya).

Klik Disini Untuk Buka Komentar
Tutup Kolom Komentar

Silahkan berkomentar apabila ada hal yang bingung atau sebagainya, dan mohon maaf apabila berkomentar disertai dengan link akan kami hapus.
Pastikan Anda berkomentar dengan bahasa yang sopan dan bertanya dengan artikel yang tengah terkait, supaya tim kami akan mudah untuk menjawabnya dari pertanyaan teman-teman.
Klik Disini Untuk Melihat EmoticonTutup Lagi