Jumat, Januari 05, 2018

Mengatasi Aplikasi Sering Keluar atau Menutup Sendiri di HP Android

Update : Mungkin pada artikel ini masih kurang maksimal, teman-teman bisa langsung kunjungi artikel yang satu ini semoga dapat membantu secara akurat. (Baca Juga : Cara Lain Mengatasi Aplikasi Android yang Sering Keluar Mendadak)

Bukan rahasia lagi jika aplikasi-aplikasi yang berbayar ataupun gratis di HP Android tentu memiliki gaya tariknya tersendiri untuk dicoba, mulai dari fiturnya, tema, loading dan sebagainya. Namun tak jarang juga jika suatu aplikasi tiba-tiba mendadak keluar sendiri atau dikenal dengan sebutan Force Close, padahal kita sama sekali tak menyentuh tombol Home atau Back.

Mengatasi aplikasi sering keluar sendiri - Feri Tekno

Ada salah satu pembaca Feri Tekno yang bertanya melalui KONTAK KAMI yang ingin sekali dibuatkan artikel tentang aplikasi yang suka keluar sendiri secara tiba-tiba, karena dia sendiri suka mengalami hal demikian. Hal ini juga pernah terjadi pada HP saya ketika itu sebelum membeli HP baru.

Mungkin karena spesifikasi HP saya yang kurang memadai, ini tentu berkaitannya dengan aplikasi yang suka keluar sendiri. Karena spesifikasi HP yang minim juga berdampak sekali pada sistem kinerja Android,

semakin berat aplikasi dan spesifikasi yang minim, semakin kerasnya suatu sistem bekerja. Bahkan, bisa menimbulkan HP suka panas dan apabila diulangi hal yang sama bisa berdampak HP Anda akan terbakar.

Mengatasi Aplikasi yang Selalu Keluar dengan Sendirinya


Dulu, sebelum saya membeli HP baru dengan spesifikasi yang dibilang cukup lumayan lah, suka mengalami hal yang sama dengan Anda. Untuk itu, saya juga ingin berbagi pengalaman sedikit untuk mengatasinya.

1. Spesifikasi yang Rendah


Seperti yang sudah saya bahas pada kata-kata diatas karena spesifikasi pada HP Anda juga sangat berkaitan pada aplikasi yang berjalan. Tetapi tenang, jika Anda tidak mempunyai uang untuk membeli HP baru, coba ikuti tips selanjutnya aja.

2. Membersihkan Cache dan Data Aplikasi


Banyaknya cache yang menumpuk, bisa jadi faktor yang menyebabkan aplikasi Anda sering Force Close atau keluar secara mendadak. Karena ruang penyimpanan internal yang sudah sangat besar akan membuat Processor dan RAM akan termakan banyak kapasitasnya dan bisa mengakibatkan HP Anda akan lemot juga.

Untuk mengatasinya, hapuslah cache yang tak berguna dengan cara masuk ke pengaturan lalu pilih opsi aplikasi. Lalu pilih aplikasi apa saja yang ingin di bersihkan, contohnya jika ingin membersihkan cache pada aplikasi Google Play Musik, maka tinggal klik aplikasinya dan ketuk layarnya pada tulisan clear cache.

Kalau memang masih belum ampuh dan masih sering menutup sendiri, silahkan bersihkan data aplikasi dengan mencari tulisan clear data, setelah itu tinggal pencet saja.

3. Copot dan Pasang Lagi


Apabila cara diatas masih kurang oke, coba deh copot aplikasinya kemudian pasang kembali dan jalankan. Saya waktu dulu juga seperti itu, copot dan pasang kembali, selepas pasang dan jalankan aplikasinya, tiba-tiba udah enggak keluar lagi.


4. Cara yang Terakhir, Beli HP Baru Lagi Aja Deh



Cara yang satu ini sih memang oke lho!. Dulu saya juga suka prustasi aplikasi sering keluar sendiri dan akhirnya memutuskan untuk beli HP baru, tetapi dengan cara COD'an (Nyari yang Murah hehe).
Kalau mau ikuti cara saya silahkan,

yakni kamu jual HP kamu itu dengan cara COD juga (Kalau bisa jual mahalan dikit, kali saja ada yang mau). Setelah laku, cari HP baru lagi dengan cara COD tetapi nyarinya yang masih fresh ya!. Karena COD lebih murahan dikit gan, hehehe.

Baca Juga : Cara Beli HP Hasil COD yang Benar Supaya Tidak Dibohongi

Oh iya pada nomor 2 dan 3, itu bagi saya sudah berhasil kok karena saya juga suka pakai cara itu. Dan jangan cari artikel lainnya di google, karena tidak ada cara lain lagi dengan cara yang sudah saya tuangkan diatas.

Kalau memang misalkan ada, saya sarankan jangan mengikutinya karena bisa saja HP kamu malah rusak. (Ini bukan ngada-ngada lho!, kenyataannya teman saya juga pernah mengalaminya).

Silahkan berkomentar apabila ada hal yang bingung atau sebagainya, dan mohon maaf apabila berkomentar disertai dengan link akan kami hapus.
Pastikan Anda berkomentar dengan bahasa yang sopan dan bertanya dengan artikel yang tengah terkait, supaya tim kami akan mudah untuk menjawabnya dari pertanyaan teman-teman.
Klik Disini Untuk Melihat EmoticonTutup Lagi