Kamis, Januari 04, 2018

Mengatasi PC / Laptop Black Screen Ketika Dinyalakan atau Saat Booting

Mengatasi Blackscreen - Feri Tekno

Seringkali kondisi layar hitam atau dikenal dengan sebutan Black Screen, selalu menerpa komputer yang enggak tahu dimana sebab terjadinya. Saya sendiri juga pernah mengalami ketika laptop saya yang dipakai ini tiba-tiba hanya layar hitam yang muncul dan hanya cursor saja yang tampil.

Sebenarnya black screen ini terjadi akibat file explorer hilang, oleh karena itu dekstop tidak akan tampil saat dinyalakan melainkan si warna hitam yang muncul.

Bahkan, saya juga pernah menunggu sampai 1 jam'an lebih lah, dan setelah 1 jam tersebut layar dekstop juga tak muncul-muncul dilayar monitor. Sampai keesokannya saya coba lagi untuk menyalakannya, dan masih saja si layar hitam ini muncul di laptop saya saat dinyalakan.

Betapa paniknya saya yang dimana ketika itu saya ingin mengumpulkan tugas yang deadline'nya besok hari. Untunglah ada 1 temen saya yang datang kerumah dan membetulkan monitor laptop saya tersebut.

Mengatasi Komputer yang Blackscreen Terus Ketika Booting


Setelah saya lihat juga sangat mudah untuk mengatasinya yakni dengan cara memunculkan file explorer dan secara tiba-tiba gambar dekstop pun muncul juga. Berikut cara untuk mengatasi dan memunculkan file explorer:
  • Pertama-tama, nyalakan monitor laptop atau komputer Anda
  • Tunggu sampai 5 menit, setelah itu tekan Windows + R pada keyboard


Mengatasi Black Screen Pada Komputer - Feri Tekno
  • Selepas itu akan muncul Run dan ketik explorer.exe pada keyboard.
  • Taarraa, dekstop Anda sudah muncul dan bisa beraktifitas seperti biasanya lagi deh hehe.
Bagaimana, mudah bukan? Namun sayangnya cara ini akan terulang lagi ketika Anda menyalakan laptop atau komputer kembali. Untuk caranya mengatasinya sejauh ini saya juga belum dapat.

Baca Juga : Cara Mengaktifkan Mode Bluetooth di PC / Laptop
Baca Juga : Cara Menghapus atau Uninstall Software Pada PC / Laptop
Baca Juga : Cara Membersihkan Cache Pada Windows 7, 8 dan 10
Baca Juga : Cara Memunculkan Virtual Keyboard di PC atau Laptop
Baca Juga : Cara Membuat Hotspot di Komputer Tanpa Software Tambahan

Namun kalau kamu masih mau untuk menghilangkan caranya, salah satunya yakni dengan cara Recovery atau ke pengaturan pabrik lagi. Mungkin itu saja pada ulasan artikel kali ini mengenai Cara Mengatasi PC atau Laptop Suka Black Screen Saat Booting, semoga bermanfaat yaa gaess.

Silahkan berkomentar apabila ada hal yang bingung atau sebagainya, dan mohon maaf apabila berkomentar disertai dengan link akan kami hapus.
Pastikan Anda berkomentar dengan bahasa yang sopan dan bertanya dengan artikel yang tengah terkait, supaya tim kami akan mudah untuk menjawabnya dari pertanyaan teman-teman.
Klik Disini Untuk Melihat EmoticonTutup Lagi