Sabtu, Januari 13, 2018

4 Cara Ampuh Mengatasi Memori Internal Penuh di HP Android

mengatasi memori internal penuh - Feri Tekno

Lagi seru-serunya main games atau chattingan sama pacar (Uppss keceplosan,, hehe) tiba-tiba ada notifikasi bahwa memori internal HP kamu memiliki daya simpan yang sudah hampir penuh. Padahal aplikasi yang kamu install tidak banyak, dan itu juga aplikasi yang ringan tetapi kenapa memori internal bisa penuh begitu?

Sehingga hp yang kamu miliki sekarang ini sangat lemot, untuk itu kami ada beberapa tips untuk mengatasi memori hp internal Anda yang sudah memakan kapasitas yang sangat banyak, langsung aja simak ulasannya dibawah ini ya gaes.

Mengatasi Memori Internal HP Android yang Penuh


1. Rajin-rajin Bersihkan Cache


mengatasi memori internal penuh - Feri Tekno

Cara yang pertama, hapus cache pada aplikasi yang ingin Anda bersihkan. Apa itu cache? Cache adalah file memori yang bersifat sementara dari sebuah aplikasi setiap kamu gunakan, dan ia akan menyimpan pada memori internal Anda.

Cache juga berfungsi sebagai mempercepat loading maupun animasi yang ada di hp kamu ketika ingin membuka suatu aplikasi. Namun jika memori cache yang terlalu banyak menumpuk, juga salah satu faktor yang membuat memori internal Anda akan terkuras habis.

2. Hapus Aplikasi Bawaan HP yang Tidak Digunakan



mengatasi memori internal penuh - Feri Tekno

Sebelumnya saya juga sudah membuat artikel cara menghapus aplikasi bawaan hp, karena aplikasi yang tidak berguna juga akan memakan memori Anda.

Walaupun jarang digunakan atau sama sekali belum dipakai tetapi tetap saja aplikasi tersebut akan memakan kapasitas penyimpanan, oleh karena itu hapuslah beberapa aplikasi bawaan hp yang kamu anggap tidak penting.

Baca Juga : Cara Menghapus Aplikasi Bawaan dari HP

3. Matikan Fitur Update Otomatis


mengatasi memori internal penuh - Feri Tekno

Google Playstore adalah salah satu fitur bawaan dari hp android, karena aplikasi tersebut sangat bermanfaat bagi kamu yang ingin menginstall aplikasi tertentu maupun update pada aplikasinya. Namun saya sarankan matikan fitur update otomatisnya pada pengaturan playstore,

karena setiap aplikasi pasti ada pembaruan setiap bulannya bahkan ada yang mingguan juga, disitulah penyebab kapasitas penyimpanan Anda akan terkuras oleh aplikasi yang diperbarui.

4. Gunakan Memori Eksternal


mengatasi memori internal penuh - Feri Tekno

Apa sih manfaat dari memori eksternal ini? manfaatnya sangat berguna sekali, karena kapasitas penyimpanan akan bertambah selain itu performance hp Anda juga akan meningkat. Terlebih lagi setiap kamu download aplikasi, bisa kamu pindahkan aplikasi tersebut kepada penyimpanan memori eksternal (Bukan memori internal lagi).

Yaa sekian tips yang sangat sederhana ini dan juga ada beberapa orang yang tak kepikiran pada 4 cara diatas, semoga bisa bermanfaat bagi Anda. Apabila ada kata-kata yang kurang dimengerti silahkan komentar dibawah, dan selamat untuk mencobanya ya gaeesss.

Silahkan berkomentar apabila ada hal yang bingung atau sebagainya, dan mohon maaf apabila berkomentar disertai dengan link akan kami hapus.
Pastikan Anda berkomentar dengan bahasa yang sopan dan bertanya dengan artikel yang tengah terkait, supaya tim kami akan mudah untuk menjawabnya dari pertanyaan teman-teman.
Klik Disini Untuk Melihat EmoticonTutup Lagi