Minggu, Januari 07, 2018

Cara Melihat Sistem Operasi dan IP di Komputer dengan Mudah

Cara mengecek sistem operasi dan IP di Komputer - Feri Tekno

Bagi kamu yang ingin melihat sistem operasi atau spesifikasi yang terdapat pada laptop maupun komputer, kini saya ingin berbagi dengan mudah untuk melihatnya tanpa membongkar atau melihat isi motherboard yang sudah tertanam. Sebagai tambahan, saya juga akan memberi tahu untuk menampilkan IP dan Nama laptop yang kamu gunakan.

Sebelumnya saya ingin bahas sebentar tentang sistem operasi, sistem operasi ini merupakan perangkat lunak komputer yang sangat penting perannya untuk menjalankan sistem yang berfungsi juga untuk mengelola memori yang terdapat pada komputer kamu.

Dengan begitu, kamu menjalankan komputer tanpa mengetahui bahasanya. Terus bahasa komputer yang seperti apa sih, apakah bahasa inggris? Kalau di Dunia nyata mungkin iya bahasa inggris sebagai bahasa umumnya, namun kalau bahasa komputer susah dipahami yakni menggunakan bahasa pemrograman atau coding.

Cara Mengetahui Sistem Operasi dan IP Komputer Kamu


Oke segitu saja pembahasannya, kali ini kita akan langsung ke kasus yang sesuai judul diatas yakni cara melihat sistem operasi, IP dan Nama komputer yang sekarang lagi kamu mainkan.

1. Cara Melihat Sistem Operasi


Langkah yang pertama saya ulas terlebih dahulu yaitu untuk mengecek sistem operasi yang terdapat pada komputer kamu. Oh iya hampir lupa, apabila di sistem operasi kamu terdapat tulisan a/n berarti ada salah satu program yang tidak terbaca, biasanya kurang tepat untuk memasangnya.

Sebagai contohnya kamu memasang RAM, tetapi terbalik maka di sistem operasi kamu akan tulisan a/n. Atau bisa saja rusak dan kamu harus cepat untuk menggantinya sebelum hal yang tak diinginkan akan terjadi pada komputer Anda. Langsung saja untuk melihat sistem operasinya coba ikuti langkah-langkah dibawah ini.

Cara mengecek sistem operasi dan IP di Komputer - Feri Tekno
  • Pencet tombol Windows + R (Secara bersamaan).
  • Nanti akan muncul kotak dan isi tulisan dxdiag
  • Setelah itu muncul DirectX Diagnostic Tool.
  • Nah, itulah sistem operasi kamu seperti gambar diatas.
  • Dan juga ada nama komputer kamu, diatas nama komputernya LAPTOP-J53F90JG.
2. Cara Melihat IP Komputer kamu

Langkah selanjutnya yaitu untuk melihat IP, namun sebelum itu kamu harus connect terlebih dahulu ke Wifi supaya nantinya terbaca IPnya. Disini saya pakai CMD untuk melihatnya, biar mudah gan! Hehe.

Cara mengecek sistem operasi dan IP di Komputer - Feri Tekno
  • Pertama kamu harus pencet tombol Windows + R (Ssecara bersamaan).
  • Nah! Kali ini kamu ketik cmd di papan run.
  • Nanti akan muncul CMDnya,
  • Setelah itu ketik tulisan ipconfig/all
  • Setelah itu Enter dan gulir kebawah cursor kamu, cari tulisan IPv4 Adress.
  • Selesai.
Bagaimana, mudah bukan? Sekian tips sederhana kali ini semoga bisa bermanfaat dan sampai ketemu lagi di tips-tips selanjutnya.

Klik Disini Untuk Buka Komentar
Tutup Kolom Komentar

Silahkan berkomentar apabila ada hal yang bingung atau sebagainya, dan mohon maaf apabila berkomentar disertai dengan link akan kami hapus.
Pastikan Anda berkomentar dengan bahasa yang sopan dan bertanya dengan artikel yang tengah terkait, supaya tim kami akan mudah untuk menjawabnya dari pertanyaan teman-teman.
Klik Disini Untuk Melihat EmoticonTutup Lagi