Rabu, Juni 27, 2018

Mengatasi Laptop yang Suka Mati Sendiri Secara Mendadak

Mengatasi Laptop atau Komputer Mati Sendiri - Feri Tekno

Lagi asyik-asyiknya ngerjain tugas yang sebentar lagi deadline dan ingin dikumpulkan, tiba-tiba laptop yang Anda gunakan mati sendiri dan hanya keluar layar hitam.

Tentu hal ini membuat Anda jengkel, apalagi yang hobi banget main games online dan misi yang anggap Anda susah sudah dikalahkan tiba-tiba laptopnya mati sendiri, rasanya ingin banget banting itu laptop, ya kan? Hehe.

Teman saya juga pernah mengalami hal yang serupa, dan akhirnya saya dan teman saya berhasil untuk mengatasinya. Namun sebelumnya, saya akan ulas terlebih dahulu penyebab laptop Anda terkadang mendadak mati sendiri.

Penyebab Laptop Mati Sendiri


1. Baterai Laptop Mulai Menurun


Daya tahan baterai laptop yang mulai menurun bisa saja penyebab laptop Anda suka mati sendiri, karena baterai yang sering dan kelamaan di charger padahal sudah penuh tetapi tidak dicabut juga maka daya tahan pada baterai akan menimbulkan panas dan seluruh bodi pada laptop akan ikut panas.

Hal tersebutlah yang membuat laptop Anda mati sendiri karena tidak tahan menahan panas pada bodi laptop sehingga motherboard akan terserang dari panas casing laptop Anda.


2. Debu yang Menyumbat di Kipas Pendingin Processor



Cooling Pad atau kipas pendingin yang terdapat di processor yang terlalu banyak debu juga salah satu dampak yang sangat berbahaya, karena processor otak dari sebuah komputer maupun laptop, kalau processor rusak maka semua komponen yang berjalan akan berhenti juga.

Dan kipas pendingin yang terdapat pada processor yang berguna juga untuk mendinginkan processor tersebut, apabila processor panas maka ia akan mati sendiri, jika kipas pendingin yang terlalu banyak debu akan membuat kipas tersebut semakin lama semakin rusak.

Baca Juga : Mengatasi Laptop atau Komputer Black Screen Saat Dinyalakan
Baca Juga : Cara Merawat Laptop yang Benar Agar Tidak Cepat Rusak
Baca Juga : Cara Mengatasi Komputer yang Lemot Parah


3. RAM yang Berkapasitas Kecil


RAM atau penyimpan sementara ini juga berguna untuk sebuah software, walaupun sifatnya sementara jika RAM-nya kecil juga sangat berdampak untuk menjalankan sebuah software, terlebih lagi jika softwarenya yang cukup berat, misalnya games juga berdampak pada kecepatan laptop Anda. Cobalah lain kali untuk mengupgrade RAM pada lapto Anda.

4. Sistem Operasi yang Bermasalah


Kegagalan yang terdapat pada sistem operasi juga sangat berbahaya jika Anda mengakses laptop Anda. Banyak sekali hal yang dapat mempengaruhi sistem operasi Anda, seperti halnya driver yang bentrokan, software bawaan laptop terhapus oleh virus, file sistem yang corrupt dan masih banyak lagi.

Solusi Untuk Mengatasinya :


1. Saat Bermain Laptop Jangan Terlalu Jauh Dari Terminal atau Colokan Listrik dan Jangan Terlalu Lama Juga


Apabila baterai laptop Anda sudah penuh, segeralah dicabut dari colokan listrik untuk menghindari panas pada laptop dan bisa saja baterai Anda akan kembung apabila terlalu sering melakukan hal tersebut.

Dan juga apabila laptop Anda baterainya sudah sekarat, jangan dipaksa untuk bermain tetapi segeralah dicharger dan dalam keadaan laptop yang baterainya sudah sekarat jangan dimainkan tetapi didiamkan beberapa menit.

2. Rajin Bersihkan Debu yang Menempel Pada Laptop


Debu yang menempel pada laptop juga sangat berbahaya apabila jarang dibersihkan, cobalah rajin Anda bersihkan debu yang menempel pada laptop terutama pada kipas pendingin. Cara membersihkannya cukup pakai vacum mini, jika tidak punya setidaknya pakai kuas saja.

3. Sering Cek Pada RAM Anda


Coba sering cek juga apabila RAM yang kotor juga sangat berbahaya, oh iya tips sedikit jika ingin membersihkan RAM pada kuningannya jangan dipegang pakai tangan dan jangan juga dibersihkan pakai kuas tetapi pakai penghapus warna putih Baru (Jangan Bekas).

Apabila RAM tidak kuat untuk menjalankan laptop Anda, cobalah upgrade RAM laptop kamu ke toko.

4. Rajin-rajin Untuk Mengecek Sistem Operasinya


Rajin-rajin aja untuk mengecek apakah sistem operasi Anda bekerja atau tidak, apabila ada tulisan a/n yang berarti sistem kamu tidak terbaca dan segeralah bawa laptop kamu ke toko garansi kamu beli (Bagi kamu yang tidak mengetahui cara benerinnya).

Baca Juga : Cara Melihat Sistem Operasi dengan Mudah

Demikianlah untuk mengatasi laptop yang suka mati sendiri secara mendadak atau hanya muncul layar hitam semoga bisa bermanfaat untuk kamu.

Apabila masih bingung juga boleh komentar dibawah, oh iya kalau ada kata-kata saya yang kurang bolehlah ditambah dikomentar bawah ya gan, terimakasih.

Silahkan berkomentar apabila ada hal yang bingung atau sebagainya, dan mohon maaf apabila berkomentar disertai dengan link akan kami hapus.
Pastikan Anda berkomentar dengan bahasa yang sopan dan bertanya dengan artikel yang tengah terkait, supaya tim kami akan mudah untuk menjawabnya dari pertanyaan teman-teman.
Klik Disini Untuk Melihat EmoticonTutup Lagi