Rabu, Juni 20, 2018

Mengatasi Kartu Memori yang Tidak Terbaca di HP

Mengatasi kartu memory tidak tersambung atau tidak terbaca pada smartphone - Feri Tekno

Setiap pengguna smartphone, tentu pernah mengalami hal-hal yang tak diinginkan seperti halnya lupa polanya dan lebih parahnya lagi aplikasi sering keluar sendiri secara tiba-tiba, pasti hal tersebut membuat kita jengkel.

Dan ada juga permasalahan baru yang baru-baru ini muncul dari smartphone yakni tidak terbacanya memori eksternal ketika kita sudah memasangnya tetapi tidak terbaca programnya.

Cara Mengatasi Kartu Memori yang Tidak Mau Terbaca di Handphone


Nah! Feri Tekno ada solusi untuk mengatasi hal tersebut dan hal ini pasti akan berhasil apabila kamu mengikuti perintah yang kami tuangkan dalam artikel ini.

1. Pastikan Posisi Memory dalam Keadaan Benar


Hal yang paling utama adalah hal posisinya, kalau kamu terbalik dalam memasangnya maka tidak akan terbaca program pada memory eksternal. Dan juga pastikan kuningan yang terdapat pada memori harus berhadapan juga pada kuningan smartphonenya. Apabila langkah ini dianggap sudah mengikuti tetapi tidak berhasil juga, ikuti langkah selanjutnya dibawah ini.

2. Bersihkan Kuningan Memory dengan Penghapus Karet


Untuk cara berikutnya coba kamu bersihkan kuningan yang terdapat pada memori dengan penghapus karet (Saya sarankan menggunakan penghapus warna putih). Karena bisa saja kuningan yang terdapat pada memori ada noda-noda hitam yang menghambat proses pembacaan program, oleh karena itu coba kamu bersihkan kuningan memorinya dengan penghapus karet.

Oh iya pada tau enggak nih apa itu penghapus karet?, penghapus karet itu loh yang biasa untuk menghapus tulisan dari kertas ketika kita salah menulis menggunakan pensil, lebih tepatnya yang suka dipakai oleh anak sekolah.

3. Coba Kamu Pasang Memorynya di HP Lain


Biasanya sih kalau dicoba pasang dengan hp lain bisa, kemungkinan besar hp kamu tidak mendukung dengan memori tersebut atau juga bisa slot memori hp kamu sudah rusak.

4. Coba Kamu Format Memorynya


Apabila memori kamu terbaca di hp lain atau melalui komputer, coba kamu format karena memori sering terkena bug ataupun virus yang membuat memori kamu tidak terbaca. Ingat!, sebelumnya kamu back up dulu semua data-datanya supaya tidak terhapus isi yang ada di memori kamu itu.

5. Dengan Cara Factory Reset


Cara yang satu ini memang sangat ekstrim, karena factory reset ini juga akan menghapus semua data yang ada di smartphone kamu. Tapi dengan cara yang satu ini memang benar-benar ampuh, bahkan virus yang ada di smartphone kamu juga akan hilang. Tetapi alangkah baiknya di back up dulu deh semua data penting yang ada di smartphone kamu.

6. Bantuan dengan Aplikasi


Aplikasi SDFix untuk membaca kartu memori di hp - Feri Tekno

Cara yang terakhir mau enggak mau kamu harus download aplikasi SDFix yang bisa kamu install di Playstore, dengan aplikasi ini tentu akan membantu kamu dalam membaca kartu memori eksternal di hp. Namun sayangnya aplikasi ini hanya mendukung kalau hp kamu sudah memiliki OS KitKat saja, kalau masih memiliki OS dibawah KitKat maka percuma saja kalau install aplikasi ini.

Sekianlah ulasan artikel untuk mengatasi kartu memory yang tidak terbaca di smartphone, semoga bisa bermanfaat dan selamat untuk mencobanya ya gaessss.

2 komentar

sama-sama kak :-) (y)

Terimakasih sangat membantu

Silahkan berkomentar apabila ada hal yang bingung atau sebagainya, dan mohon maaf apabila berkomentar disertai dengan link akan kami hapus.
Pastikan Anda berkomentar dengan bahasa yang sopan dan bertanya dengan artikel yang tengah terkait, supaya tim kami akan mudah untuk menjawabnya dari pertanyaan teman-teman.
Klik Disini Untuk Melihat EmoticonTutup Lagi