Minggu, Mei 20, 2018

Pengertian HTTP dan HTTPS Beserta Perbedaannya

perbedaan http dan htttps - Feri Tekno

Ketika kita ingin browsing dan masuk ke salah satu situs pasti awal linknya berupa https atau http, contohnya seperti http://www.feritekno.com yang merupakan awal linknya berupa http. "Namun apa  sih dari perbedaan itu berdua?" Sebelum kita jelaskan dari perbedaannya alangkah baiknya kamu pahami dulu pengertian dari http atau https.

Pengertian dari HTTP

Apa sih itu http? HTTP itu sebuah singkatan dari Hypertext Transfer Protocol yang merupakan sebuah jaringan komputer yang digunakan untuk mengirim paket data kedalam WWW atau World Wide Web. Menurut pengertian yang lain dari http adalah sebuah jaringan protocol yang digunakan untuk komunikasi berupa data ke dalam dunia internet yang berfungsi untuk sistem informasi kolaboratif, terdistribusi dan menggunakan hypermedia.

Baca Juga : Pengertian WWW, Sejarah dan Fungsinya

Pengertian dari HTTPS

Https sebuah singkatan dari Hypertext Transfer Protocol Secure yang merupakan protocol komunikasi yang aman dalam jaringan internet yang semua datanya dilindungi oleh enskripsi data melalui berbagai format sehingga para cyber crime atau hacker akan sulit untuk membobol suatu situs atau website yang bertujuan untuk mencuri informasi penting dalam situs tersebut.

Apabila kamu sudah mengerti dari pengertian diatas, langkah selanjutnya yakni kamu pahami perbedaan dari http dan https dalam jaringan komputer.

Perbedaan dari HTTP dan HTTPS

1. Port yang Digunakannya
Perbedaan yang paling utama yaitu dalam portnya, kalau untuk protocol http ia memakai port 80 sedangkan untuk https portnya 443.

2. Cara Kerjanya
Walaupun http dan https sama-sama memiliki fungsi untuk mengirim paket data, tetapi https ia adalah protokol yang sangat aman dalam komunikasi antara komputer server dan komputer client. Jadi para pengguna pun juga tidak usah khawatir karena https sudah menggunakan sistem enkripsi yang dapat berkomunikasi dengan aman dan terpercaya, biasanya bisa kita jumpai dalam situs jual beli online.

Namun kalau untuk http, semua sistemnya masih kurang aman dan pastinya sulit juga untuk dipercayai. Apabila kamu ingin jual beli online atau sebagainya hal yang utama dilihat dari protokol jaringan yang ia pakai, karena faktor tersebut juga sangat berpengaruh dalam sistem pembayarannya.

3. Akan Terhindari dari Hacker Apabila Menggunakan HTTPS
Pasti di dunia ini ada saja yang iri pada situs kita, sehingga ia akan merusak semua data-data pribadi yang terdapat di situs kamu, apabila kamu sudah merubahnya ke https maka kamu tak perlu khawatir dari serangan hacker karena semua data pribadi sudah dijamin terjaga.

Semoga dari ulasan diatas bisa bermanfaat bagi Anda, dan sampai berjumpa lagi di artikel selanjutnya.

Silahkan berkomentar apabila ada hal yang bingung atau sebagainya, dan mohon maaf apabila berkomentar disertai dengan link akan kami hapus.
Pastikan Anda berkomentar dengan bahasa yang sopan dan bertanya dengan artikel yang tengah terkait, supaya tim kami akan mudah untuk menjawabnya dari pertanyaan teman-teman.
Klik Disini Untuk Melihat EmoticonTutup Lagi