Senin, Januari 15, 2018

Pengertian Perangkat Output Device Komputer Beserta Contohnya

Alat Output Device - Feri Tekno

Pada artikel sebelumnya saya sudah menjelaskan pengertian dari perangkat input device dan juga contoh-contohnya, bagi kamu yang belum mengetahui apa itu input device, silahkan klik link dibawah ini.

Baca Juga : Pengertian Perangkat Input Device Pada Komputer Beserta Contohnya

Dan kali ini saya juga akan menjelaskan dari perangkat output devicenya, supaya lebih paham saya juga akan memberikan contoh alat-alatnya. Apa sih itu Output Device? Output Device adalah suatu komponen komputer yang memiliki fungsi data atau informasi yang telah diperoleh dari hasil proses dari suatu proses device.

Perangkat output device ini akan menghasilkan suatu data atau informasi untuk manusia sehingga dapat didengar, dilihat, dibaca dan dipahami. Informasi keluaran ini atau output device akan menghasilkan berupa suara, gambar, teks maupun video.

Contoh-contoh Perangkat dari Output Device


1. Printer


Printer salah satu perangkat output device komputer yang dimana fungsinya ini untuk mencetak hasil dari proses atau perintah komputer dalam bentuk kertas. Hasil cetakan tersebut bisa berupa gambar ataupun tulisan berdasarkan media cetaknya, printer beragam macam diantaranya : Printer Laserjet, Printer Inkjet dan Printer Dotmatrik.

2. Monitor


Monitor berperan di perangkat output device sebagai alat keluaran data secara grafis pada sebuah CPU atau Central Processing Unit.

Secara umumnya, monitor menampilkan data atau informasi berupa tampilan grafis supaya si pengguna bisa melihat apa yang sedang ia operasikan kepada komputer melalui layar monitor. Adapun jenis-jenis monitor, diantaranya : Monitor LED, Monitor CRT dan Monitor LCD.

3. Speaker


Perangkat output device selanjutnya adalah speaker, fungsi speaker ini mengeluarkan informasi dari hasil pemrosesan dari CPU yang berupa audio atau suara.

4. Plotter


Plotter salah satu benda pertama yang mampu mencetak gambar dalam ukuran besar, sebesar gambar engineering dan arsitektur, plotter ini mencetak gambar dengan menggunakan dari pena-pena tinta.

Plotter memiliki fungsi yang sama dengan printer, hanya saja plotter mampu mencetak gambar dalam ukuran yang besar. Berikut jenis-jenis plottter diantaranya : Plotter Thermal, Plotter Pena dan Plotter Elektrostatis.

Mungkin cukup 4 contoh diatas bisa membuat kamu lebih paham, namun kalau memang belum paham boleh bertanya-tanya pada kolom komentar dibawah ini ya!. Sekian ulasan artikel kali ini, semoga bermanfaat dan selamat untuk beraktivitas seperti biasanya.

Silahkan berkomentar apabila ada hal yang bingung atau sebagainya, dan mohon maaf apabila berkomentar disertai dengan link akan kami hapus.
Pastikan Anda berkomentar dengan bahasa yang sopan dan bertanya dengan artikel yang tengah terkait, supaya tim kami akan mudah untuk menjawabnya dari pertanyaan teman-teman.
Klik Disini Untuk Melihat EmoticonTutup Lagi