Sabtu, Januari 13, 2018

Pengertian Topologi Hybrid Beserta Kelebihan dan Kekurangannya

Topologi Hybrid - Feri Tekno

Apa sih itu Topologi Hybrid? Topologi Hybrid adalah penggabungan dari beberapa (Bisa dua atau lebih) topologi jaringan yang berbeda-beda. Misalkan suatu jaringan yang memakai topologi Ring, lalu digabungkan dengan jaringan lain yang menggunakan topologi Star, maka topologi baru tersebut disebut dengan Topologi Hybrid.

Namun, jika jaringan yang digabungkan dengan jenis yang sama maka hal tersebut tidak termasuk ke topologi hybrid. Contohnya lagi kalau topologi bus lalu digabungkan ke topologi bus lagi maka hal tersebut tetap disebut dengan topologi bus (Bukan tergolong topologi hybrid).

Skema Topologi Hybrid - Feri Tekno
Skema Untuk Topologi Hybrid
Jadi bagaimana, apakah sudah paham dari pengertian topologi hybrid dari penjelasan diatas? kalau masih bingung coba kamu lihat gambar diatas ini adalah skema dari topologi hybrid.

Pengertian, Kelebihan dan Kekurangan Topologi Hybrid


Kelebihan Topologi Hybrid

  • Dapat menggabungkan dari beberapa topologi jaringan yang berbeda-beda.
  • Fleksibel dan efisien, maksudnya dapat diterapkan pada lingkungan jaringan yang berbeda-beda.
  • Kustomisasi.
  • Aliran data yang terdapat mampu berjalan sempurna
  • Lebih mudah untuk menambahkan koneksi peripheral yang baru, walaupun topologi jaringannya berbeda.
  • Jika ada salah satu link yang terdapat gangguan jaringan, maka bagian jaringan lainnya tidak akan mengalami gangguan juga.

Kekurangan Topologi Hybrid

  • Dalam pengelolaan jaringan cenderung sulit, karena penggabungan dari beberapa topologi bisa menyebabkan struktur jaringan akan menjadi rumit dan sulit juga untuk dipahami.
  • Biayanya juga cukup mahal, karena kita harus membutuhkan beberapa topologi untuk digabungkan.
  • Dalam instalasi dan konfigurasi jaringan susah, karena ketika kita menghubungkan beberapa topologi yang berbeda dan di waktu yang sama kita juga memastikan bahwa node harus berjalan dengan baik.

Bagaimana nih, sudah paham apa itu Topologi Hybrid serta kelebihan dan kekurangannya juga? Apabila artikel ini sangat bermanfaat, saya sangat berterimakasih karena sudah mempermudah tugas-tugas kamu dalam materi topologi hybrid.

Baca Juga : Pengertian dan Macam-macam Topologi Jaringan .

Silahkan berkomentar apabila ada hal yang bingung atau sebagainya, dan mohon maaf apabila berkomentar disertai dengan link akan kami hapus.
Pastikan Anda berkomentar dengan bahasa yang sopan dan bertanya dengan artikel yang tengah terkait, supaya tim kami akan mudah untuk menjawabnya dari pertanyaan teman-teman.
Klik Disini Untuk Melihat EmoticonTutup Lagi