Minggu, Mei 20, 2018

Pengertian WWW, Sejarah dan Fungsinya


Ketika kita mengakses jaringan internet saat browsing, pasti tidak luput dari namanya www pada bagian depan url. Kemarin kita juga sudah bahas apa itu http dan https serta perbedaannya, hal ini sangat berkaitan antara http dan www. Untuk itu, mari kita bahas lebih dalam lagi apa itu sebenarnya www dalam suatu jaringan.

Baca Juga : Pengertian HTTP dan HTTPS Beserta Perbedaannya


WWW atau World Wide Web merupakan sebuah istilah dari suatu jaringan internet ketika kita ingin melakukan browsing pada Google Chrome, Mozilla Firefox, Intrnet Explorer, Opera dan masih banyak lagi software browsing lainnya. Salah satu keuntungan www adalah adanya hyperlink, "apa sih itu hyperlink?" Misalkan ketika kamu mengetik www.feritekno.com pada sebuah halaman web, secara otomatis link tersebut bisa langsung kamu klik dan akan muncul new tab baru yang tertuju pada link tersebut.

Supaya halaman web bisa diindex oleh google, para pemilik situs tentu akan merancangkan situs webnya dan meletakkan banyak jejak hyperlink di situs manapun supaya pengunjung bisa mengakses dan mengetahui bahwa situs tersebut berhak oleh google untuk di index.

  • Pada tahun 1989, Tim Berners mengusulkan sebuah protokol di internet sebagai fungsi sebagai sistem distribusi informasi atau sistem saling berbagi suatu info. Bahkan sekarang penampilannya sudah dalam bentuk grafik, namun pada awalnya web browser hanya dalam bentuk basis teks saja.
  • Pada tahun 1990, Tim Berners mengusulkan lagi 3 teknologi dasar dalam basis web hingga sekarang ini, diantaranya : HTML, HTTP atau HTTPS, URL.
  • Pada tahun 1991, akhirnya disini Tim Berners menemukan WWW yang berfungsi untuk menyusun arsip dari risetnya, kemudian ia mengembangkan lagi Equire dan ia pun berhasil membangun jaringan yang terkait dari arsip miliknya tersebut supaya mencari informasi pun lebih mudah untuk di akses.
  • Pada tahun 1993, Tim dari NCSA dan Mac Andersen membangun sebuah web browser yang berbasis grafik untuk sistem X-Windows, yang ia berinama Mosaic.
  • Pada tahun 1994, Mac Andersen meninggalkan tim dari NCSA bersama Jim Clark dan ia membuat Netscap sehingga menjadi populer hingga kepopuleran Mosaic pun tak ada apa-apanya. Pada tahun yang sama juga MIT dan CERN mendirikan konsorsium yang ia berinama W3C (World Wide Web Consortium).
  • Pada tahun 1995 tepatnya pada akhir tahun, telah terdapat 300.000 situs website padahal dari tahun sebelumnya hanya mencapai 50 website saja, disinilah WWW terkenal hingga menggantikan FTP sebagai jaringan yang paling besar trafficnya.
  • Pada tahun 2009, Tim Berners Lee akhirnya membangun World Wide Web Foundation, dan ia membagikan open web kepada masyarakat yang ingin mengaksesnya secara bebas.


Secara garis besar fungsi www adalah sebagai penyedia data informasi, dan secara langsung menghubungkan user yang menggunakan internet ke berbagai macam web server. Secara umum terdapat 4 layanan www, diantaranya : Search Engine, Web Mail Service, Portal dan Web Hosting.

1. Search Engine
Sekarang ini sudah cukup banyak banget situs website hingga ratusan juta yang terdaftar pada search engine, dengan adanya search engine atau mesin pencarian yang berfungsi untuk mempermudah kita dalam mencari suatu kata kunci, misalkan kalau kamu mencari kata "Harga laptop termurah pada tahun 2018", dengan kata kunci itu maka akan keluar banyak situs yang ditampilkan oleh search engine.

2. Web Mail Service
Bagi kamu yang ingin melamar kerja dengan mengirim CV secara online atau mengumpulkan tugas sekolah melalui Kirim surat secara online, maka dibutuhkannya layanan web mail service untuk mengirim surat electronic secara online dan diakses gratis. Pada saat ini pilihannya pun sudah banyak banget tersedia secara gratis, yang paling populer diantaranya Gmail dan Yahoo Mail.

3. Portal
Contoh kalau kita mengetik di search dengan kata kunci yahoo.com, di dalamnya terdapat portal pada situs tersebut, diantaranya Yahoo News (Berita), Yahoo Mail (Mengirim surat online), Yahoo Massenger (Chattingan) dan masih banyak lagi.

4. Web Hosting
Hosting merupakan sebuah rumah untuk suatu website, apabila website tidak memiliki rumah maka ia tidak dapat diakses dan tidak akan ada di pencarian google juga.

Klik Disini Untuk Buka Komentar
Tutup Kolom Komentar

Silahkan berkomentar apabila ada hal yang bingung atau sebagainya, dan mohon maaf apabila berkomentar disertai dengan link akan kami hapus.
Pastikan Anda berkomentar dengan bahasa yang sopan dan bertanya dengan artikel yang tengah terkait, supaya tim kami akan mudah untuk menjawabnya dari pertanyaan teman-teman.
Klik Disini Untuk Melihat EmoticonTutup Lagi