Sabtu, Januari 27, 2018

Mengatasi Google Chrome yang Sering Keluar Sendiri

solusi chrome keluar sendiri - feri tekno

Google Chrome memang paling banyak diminati dari semua kalangan pengguna teknologi, sebenarnya banyak sekali search-search engine selain chrome, bisa juga menggunakan mozilla, internet explorer, baidu browser dan sebagainya. Namun jika dibandingkan dengan browser lain tetap chrome-lah search yang paling tinggi statistiknya yang menggunakannya.

Tapi sayangnya, chrome terbilang cukup berat untuk diakses apalagi bagi kamu yang memiliki spesifikasi yang kurang mumpuni/kecil. Terlebih lagi chrome suka keluar sendiri ketika kita lagi menggunakannya, untuk itu kami ada 6 solusi yang bisa kamu ikuti untuk mengatasi chrome yang sering keluar sendiri tanpa sebab.

6 Cara Mengatasi Chrome yang Suka Keluar Sendiri


1. Hapus File "Local State"

Langkah pertama yang bisa kamu lakukan adalah menghapus file yang namanya Local State, file ini ia hanya bersifat sementara dan dimana file ini dibuat secara otomatis oleh windows. Namun jika kamu membiarkannya begitu saja ia akan terus bertambah dan pastinya ruang harddisk kamu akan menjadi sempit.

"Bahaya enggak nih menghapus file local state? kan file tersebut dibuat sama windows, kok malah dihapus!", justru lebih baik dihapus walaupun file tersebut dibuat sama windows secara otomatis, padahal windows juga menghapus secara otomatis juga jika file tersebut sudah terlalu banyak memakan file didalamnya. Untuk itu kamu juga perlu bantu windows untuk menghapusnya, untuk itu kamu bisa ikut caranya dibawah ini.

Pertama, kamu buka Run, caranya kamu bisa ketik Win + R secara bersamaan pada keyboard.

Kedua, kamu ketik perintah ini pada Run-nya "AppData\Local\Google\Chrome\User Data" habis itu klik OK.

solusi chrome keluar sendiri - feri tekno

Ketiga, cari file yang namanya Local State, jika sudah ketemu kamu Delete/hapus file tersebut.

solusi chrome keluar sendiri - feri tekno

Keempat, kamu restart google chromenya, atau juga bisa silang browser chrome dan masuk lagi ke chrome.

2. Ubah folder 'Default' menjadi 'Default.bat'

Langkah selanjutnya adalah merubah folder default menjadi default.bat , karena google chrome jika difilenya ada yang keubah atau terhapus, ia tidak akan mau berjalan dengan baik dan ujung-ujungnya pasti akan keluar dengan sendirinya chrome tersebut.

Untuk itu kamu bisa ikuti caranya dibawah ini, langkah pertamanya pun juga sama dengan langkah-langkah pada point ke-1.

Pertama, buka Run, caranya bisa kamu ketik Win + R secara bersamaan pada keyboard.

Kedua, kamu ketik perintah ini "AppData\Local\Google\Chrome\User Data" pada Run, habis itu klik OK.

solusi chrome keluar sendiri - feri tekno

Ketiga, kamu cari folder Default dan ubah namanya menjadi Default.bat .

solusi chrome keluar sendiri - feri tekno

Keempat, kamu restart google chromenya, atau juga bisa silang browser chrome dan masuk lagi ke chrome.

3. Hapus Tab yang Sudah Tidak Diperlukan

solusi chrome keluar sendiri - feri tekno

Jika suatu situs yang sudah tidak diperlukan lagi, langsung kamu tutup tab'nya, hal tersebut bertujuan untuk membuat chrome menjadi ringan. Karena, kalau Anda terlalu banyak membuka tab browser, chrome juga akan mengakses loading pagenya secara satu-satu, dan hal tersebut tentu membuat chrome menjadi lemot bahkan bisa membuat browser chrome mendadak keluar sendiri, untuk itu hapuslah tab yang sudah tidak diperlukan lagi.

4. Perbarui Google Chrome

Langkah selanjutnya kamu update software google chromenya, karena dari update tersebut ada fitur-fitur baru. Jika tidak diupdate sistem google chromenya, maka Anda akan tertinggalan jaman dari browser tersebut. Untuk masalah updatenya kami sarankan ke situs resminya langsung, jangan dari situs orang lain karena bisa saja ketika kamu mau download dari situs orang lain didalam software tersebut sudah diisi virus (Untuk jaga-jaga saja, lebih baik kamu downloadnya di situs resminya).

5. Pasang Ulang Google Chrome

Jika diupdate masih sama seperti itu, kamu uninstall aja google chromenya dan install kembali softwarenya. Karena bisa saja terjadi ketika diupdate sistem pembaruannya masih belum menempel pada perangkat Anda.

6. Restart Komputer

Langkah terakhir dibilang bisa cara jitu juga bisa tidak, karena dengan merestart komputer maka semua sistem yang berjalan akan berhenti sejenak dan memperbaruinya lagi dari awal. Untuk itu kami sarankan kamu restart komputer dan setelah masuk ke dekstop kamu diamkan 3 atau 5 menit, selepas itu baru deh akses lagi software google chromenya.

Baca Juga : Mengatasi Google Playstore yang Tidak Bisa Terbuka atau Error
Baca Juga : Cara Ampuh Menghapus atau Menghilangkan Virus yang Ada di Google Chrome

Itulah cara mengatasi google chrome yang sering keluar sendiri, semoga dengan cara-cara diatas yang kami tuangkan bisa menjadi referensi bagi Anda, selamat untuk mencobanya.

Klik Disini Untuk Buka Komentar
Tutup Kolom Komentar

2 komentar

Terimakasih kembali kak

terima kasih 😊

Silahkan berkomentar apabila ada hal yang bingung atau sebagainya, dan mohon maaf apabila berkomentar disertai dengan link akan kami hapus.
Pastikan Anda berkomentar dengan bahasa yang sopan dan bertanya dengan artikel yang tengah terkait, supaya tim kami akan mudah untuk menjawabnya dari pertanyaan teman-teman.
Klik Disini Untuk Melihat EmoticonTutup Lagi