Sabtu, Agustus 25, 2018

6 Cara Memperbaiki Keyboard Laptop yang Error

mengatasi keyboard laptop error - feri tekno

Keyboard merupakan hal yang paling rawan dalam mengalami kerusakan, lebih bahayanya lagi kalau terjadi pada laptop karena keyboard laptop tak seperti pc, laptop keyboardnya menyatu dengan motherboard jadi bisa dikatakan kalau keyboard laptop sudah error sudah sangat berbahaya dari pada keyboard dari pc.

Biasanya kalau untuk mengatasi solusi tersebut harus ketahui dulu apa penyebabnya, karena keyboard yang error bisa saja terjadi karena terlalu banyak debu atau terkena air, tapi kalau sampai terkena air waaahh itu sudah sangat bahaya banget.

Untuk itu kami ada sedikit solusi memperbaiki keyboard laptop yang error yang bisa kamu ikuti cara-caranya pada ulasan dibawah ini.

Mengatasi Keyboard Laptop yang Error



1. Restart Laptop


Langkah yang paling awal banget kamu restart terlebih dahulu laptop kamu, karena dengan cara restart semua sistem operasi akan segar kembali. Namun jika tidak bisa di restart juga, kamu tekan tombol powernya yang lama sampai laptop mati selepas itu nyalakan kembali. Jika masih tidak mati-mati juga, silahkan ikuti cara pada link dibawah ini.

Baca Juga : Cara Lain Melakukan Shutdown Komputer dengan Mudah

2. Driver yang Sudah Tidak Berfungsi


Driver yang sudah tidak berfungsi pastinya ia tidak akan mau menjalani sistem yang diperintah, jika melakukan cara pertama tadi tidak bisa coba kamu install drivernya kembali tetapi dari websitenya resmi ya!. Misalkan laptop kamu Asus, kamu cari driver keyboard dari situs resmi Asus (Jangan dari website lain, karena bisa saja software tersebut sudah diisi virus atau sejenisnya).

3. Bersihkan Debu Pada Keyboard


Debu yang terlalu banyak pada keyboard juga salah satu penyebabnya, hal itu sudah terbukti dari berbagai pengguna laptop yang keyboardnya error akibat dari debu yang terlalu banyak pada keyboard. Untuk membersihkannya coba kamu gunakan alat pembersih seperti kuas buat cat rumah (Pakai kuas yang kecil), atau juga bisa kuas yang buat melukis atau sapu kecil. Jika alat-alat tadi tidak ada, mau enggak mau kamu beli saja vacum pembersih untuk keyboard di online shop, seperti lazada, bukalapak atau toko lainnya (Kalau beli di online shop jatuhnya lebih murah).
Jangan membersihkan keyboard dengan cara mengembalikkan laptop Anda lalu menggoyangkannya, nanti bisa menyebabkan perangkat yang ada di dalam bisa rusak.

Baca Juga : Ciri-ciri Modus Penipuan Online Shop

4. Lepas Batre Laptop


Hal ini memang aneh sih kayak enggak ada hubungannya, namun ketika kami survey dari website lain melalui komentar yang ada, dengan melepaskan batre laptop bisa mengatasi keyboard yang error. Untuk melepas batre laptop kami sarankan untuk menshutdown laptop terlebih dahulu supaya laptop tidak cepat rusak.

"Lalu bagaimana jika laptop batre saya menggunakan batre tanam?" Jika laptop kamu masih di segel tetapi masa garansinya sudah habis, kamu robek segel tersebut lalu kamu lepaslah baut-baut laptopnya. Namun jika segelnya masih ada dan garansi juga masih ada, justru itu lebih bagus dibawa ke service center merk laptop Anda (Jangan takut ke service center, disana Anda gk akan dimintai biaya sama sekali selagi garansi masih ada).

5. Menggunakan Keyboard Alternatif dari Bawaan Laptop


Jika kamu enggak sempat ke service center atau kartu garansi sudah habis tetapi enggak ada biaya, kamu bisa menggunakan keyboard alternatif dari laptop kamu. Memang sih ini cukup merepotkan karena bisa menghalangi layar laptop kamu, tetapi jika mau mencobanya silahkan ikuti caranya dibawah ini.

1. Pertama buka Menu Settings.

2. Klik Ease of Access (Narrator, magnifier, high contrast).

mengatasi keyboard laptop error - feri tekno

3. Pada bilah Ease of Access, kamu pilih Keyboard lalu aktifkan Turns on the On-Screen Keyboard, (Untuk lebih lengkapnya bisa lihat caranya pada gambar dibawah).

mengatasi keyboard laptop error - feri tekno

4. Jeng jeng jeng, keyboard alternatif darurat sudah muncul deh pada layar laptop kamu.

6. Beli Keyboard Eksternal


mengatasi keyboard laptop error - feri tekno

Jika bagi kamu menggunakan keyboard alternatif terlalu risih karena layar laptop terhalang sebagian, kamu bisa membeli keyboard eksternal baik yang menggunakan kabel ataupun dengan keyboard bluetooth.

Mungkin itu saja cara memperbaiki keyboard laptop yang error, jika ada masukan atau tambahan lainnya silahkan bantu kami untuk memberikan komentar Anda pada kolom komentar dibawah ya gaeess.

Baca Juga : Mengatasi Keyboard Handphone yang Hilang .

Klik Disini Untuk Buka Komentar
Tutup Kolom Komentar

2 komentar

Sama-sama kak

Keyboard laptop saya ada 2 huruf yang lepas, karena digebuk pake mainan sama anak saya, hahaha. Tapi alhamdulillah masih berfungsi, walau tuts nya pada lepas dua-duanya. Oh iya, merk laptop saya Acer.

Nice sharing

Silahkan berkomentar apabila ada hal yang bingung atau sebagainya, dan mohon maaf apabila berkomentar disertai dengan link akan kami hapus.
Pastikan Anda berkomentar dengan bahasa yang sopan dan bertanya dengan artikel yang tengah terkait, supaya tim kami akan mudah untuk menjawabnya dari pertanyaan teman-teman.
Klik Disini Untuk Melihat EmoticonTutup Lagi