Minggu, Mei 20, 2018

Pengertian Perangkat Peripheral, Fungsi dan Contohnya

pengertian peripheral, fungsi serta contoh-contohnya - Feri Tekno

Dalam dunia komputer tentu kalian sudah tau dong apa sih itu perangkat keras komputer, yang dimana perangkat keras komputer ini dibagi menjadi beberapa jenis, nah salah satu jenis perangkat keras komputer yakni perangkat peripheral, lalu apa sih itu peripheral? Pada ulasan kali ini kami akan kupas pengertian dari peripheral, fungsi serta contoh-contohnya.

Pengertian Perangkat Peripheral


Perangkat Peripheral merupakan perangkat tambahan komputer yang berguna untuk memasukan (Input), memproses serta mengeluarkan (Output). Perangkat peripheral memang biasanya terhubung ke komputer, namun bukan berarti perangkat ini inti dari sebuah komputer, jadi ketika perangkat peripheral komputer tidak disambungkan maka komputer masih bisa digunakan fungsi-fungsinya.

Sampai kapanpun perangkat peripheral tidak akan bisa menjalankan fungsi-fungsinya jika perangkat tersebut tidak disambungkan atau dihubungkan ke komputer, biasanya letak perangkat ini ia berada di dalam dan diluar case komputer. Jadi jika kalian menemukan seperti penjelasan diatas, tentu itu lah yang dimaksud sebagai perangkat peripheral.


Fungsi Perangkat Peripheral


Fungsi perangkat peripheral ini hanya sebagai perangkat tambahan saja yang bertujuan untuk memperluas fungsi lain pada komputer. Misalkan saja sebagai contohnya Printer, dengan adanya alat printer maka komputer dapat mengeluarkan hasil proses berupa cetakan text atau gambar.

Contoh-contoh Perangkat Peripheral


1. Perangkat Peripheral Internal

Perangkat peripheral internal adalah perangkat yang berada didalam case komputer, contoh beberapa perangkat peripheral internal yang sering kita jumpai diantaranya VGA Card, Sound Card, LAN Card dan masih banyak lagi perangkat lainnya, perangkat ini biasanya ia terpasang pada slot ekspansi.

2. Perangkat Peripheral Eksternal

Perangkat peripheral eksternal adalah perangkat komputer yang berada pada bagian luar case komputer, sebagai contohnya perangkat peripheral eksternal diantaranya Scanner, Printer, Web Cam, Speaker dan masih banyak lagi. Untuk menghubungkan perangkat ini ke dalam komputer biasanya menggunakan alat bantu seperti kabel serial, PS2 atau juga bisa menggunakan kabel USB untuk menyambungkannya.

Itulah beberapa penjelasan singkat perangkat peripheral komputer tetapi kami rangkum menjadi seperti ulasan diatas (jelas dan singkat), semoga dengan ulasan diatas bisa menjadi salah satu referensi bagi kamu yang ingin menambah wawasan ilmu.

Klik Disini Untuk Buka Komentar
Tutup Kolom Komentar

Silahkan berkomentar apabila ada hal yang bingung atau sebagainya, dan mohon maaf apabila berkomentar disertai dengan link akan kami hapus.
Pastikan Anda berkomentar dengan bahasa yang sopan dan bertanya dengan artikel yang tengah terkait, supaya tim kami akan mudah untuk menjawabnya dari pertanyaan teman-teman.
Klik Disini Untuk Melihat EmoticonTutup Lagi