Jumat, Februari 02, 2018

Tips Membersihkan Lensa Kamera di Handphone dengan Benar

Kamera pada era sekarang ini memang sudah dahsyat sekali resolusinya, tak seperti zaman dulu yang hanya menghasilkan jepretan berwarna hitam putih terlebih lagi kalau di zoom menjadi blur. Seiring berjalannya waktu, pada android pun sekarang sudah dilengkapi dengan fitur kamera dalam 2 tipe, yakni kamera depan dan kamera belakang.

Seperti halnya di Instagram, facebook, twitter, whatsapp atau media sosial lainnya sudah banyak kita jumpai foto-foto dengan hasil yang memuaskan, tetapi lebih banyak dengan bergaya swafoto. Namun ada beberapa pengguna smartphone yang baru beli hp beberapa bulan yang lalu, hasil foto yang mereka hasilkan tidak memuaskan. Hal itu bisa saja terjadi akibat lensa kamera yang tidak pernah dirawat dengan baik sebagaimana mestinya yang sudah dijelaskan pada buku panduan smartphone ketika kamu baru beli hp di dalam kardusnya pasti terdapat kartu garansi dan buku panduan.

Kotoran atau debu yang menumpuk dan goresan pada lensa itu merupakan penyebab utama yang membuat hasil kamera kamu menjadi jelek saat menjepret suatu objek. Nah bagi kamu nih yang memang sudah putus asa sampai-sampai mau beli hp baru lagi, kami sarankan utamakan ikuti tips-tips yang akan kami utarakan dibawah. Biasanya hal ini terjadi pada wanita, karena wanita sangat suka sekali berswafoto atau eksis di depan kamera, jika kameranya sudah jelek pasti ia akan berinisiatif ingin membeli hp baru lagi, untuk itu bagi kamu yang mau membeli hp baru akibat lensa yang jelek, silahkan terapkan artikel ini. Cara ini bisa kamu ikuti yang mengalami lensa kameranya akibat tergores, banyak debu dan lensa yang berembun.

Cara Membersihkan Lensa Kamera Handphone


1. Menggunakan Minyak Kayu Putih Untuk Lensa Kamera yang Banyak Debunya

mengatasi lensa kamera yang tergores dan kotor - Feri Tekno

Biasanya kalau lensa kamera handphone yang terlalu banyak debu, disebabkan faktor kecerobohan dalam menaruh hp. Untuk lain kali, sebaiknya posisikan handphone jangan ditempat yang banyak debunya apalagi seperti ditempat tidur yang berkapuk. Nah kalau untuk membersihkan lensa kamera yang banyak debunya, kamu cukup menggunakan minyak kayu putih dan tisu saja.

Karena minyak kayu putih memang sudah jelas mampu membersihkan lensa kamera dari kotoran-kotoran yang menempel. Untuk membersihkannya kamu cukup sediakan tisu dan minyak kayu putih, selanjutnya minyak kayu putih kamu teteskan sedikit ke tisu (Jangan terlalu banyak sampai basah lepek). Dan tinggal bersihkan secara perlahan-lahan pada lensa kameranya, jangan sampai terlalu kasar, nanti dikhawatirkan bukannya membersihkan justru merusak lensanya deh hehe.

2. Membersihkan Lensa Kamera Akibat Tergores dengan Pasta Gigi

mengatasi lensa kamera yang tergores dan kotor - Feri Tekno

Lensa kamera yang tergores bisa disebabkan akibat gesekan pada suatu benda ataupun hal lainnya, kalau untuk masalah goresan pada lensa kamu bisa menggunakan pasta gigi yang berwarna putih, karena pasta gigi mampu mengatasi lensa kamera yang tergores. Bahan yang digunakan kamu hanya cukup menyediakan cutton bud, pasta gigi putih dan tisu basah.

Oleskan pasta gigi sedikit ke cutton bud, lalu secara perlahan cutton bud yang sudah diisi pasta gigi tadi kamu oleskan ke lensa kamera, diamkan 5 menitan. Jika sudah 5 menit, kamu lap dengan tisu basah yang pastinya manfaat menggunakan tisu basah supaya dapat membersihkan secara maksimal.

3. Membersihkan Lensa Kamera yang Berembun

mengatasi lensa kamera yang tergores dan kotor - Feri Tekno

Jika handphone kamu sering menempatkannya di tempat yang lembab, maka akan menyebabkan layar dan lensa handphone akan berembun bahkan kedalam komponennya juga. Untuk mengatasi lensa yang berembun, kamu bisa menggunakan hair dryer untuk mengatasinya. Namun sebelum melakukan pembersihan dengan hair dryer, pastikan handphone kamu shutdown atau matikan dan copot baterai yang ada di dalamnya (Jika baterai kamu tanam, jangan ikuti tips ini, lanjut lagi aja dengan tips-tips lainnya yang diulas pada artikel ini).

Cara membersihkannya, kamu nyalakan hair dryer dengan kecepatan yang paling kecil, dan kamu agak jauhkan hair dryer pada handphone, supaya hair dryer tersebut tidak merusak komponen yang ada di dalam handphone kamu. Ingat ya!, bersihkannya dengan jarak yang jauh (Jangan terlalu dekat).

Baca Juga : Mengatasi Supaya HP Android Tidak Cepat Panas
Baca Juga : Aplikasi Kamera HP Terbaik dan Bagus Untuk Selfie

4. Mengganti Tutup Lensa Kamera

Kalau cara yang satu ini khusus yang mengalami goresan pada lensa kameranya, jika cara pertama tadi menggunakan pasta gigi warna putih masih kurang joosss, mau enggak mau kamu harus modal yakni mengganti tutup lensa kameranya. Kamu congkel lensa kameranya dengan silet perlahan-lahan, setelah berhasil dicopot langsung kamu tutup dengan tutup lensa yang baru. "Jika saya tidak punya tutup lensa kamera bagaimana dong?", jika kamu masih belum mempunyai tutup lensa kameranya akibat biaya yang kurang atau sebagainya, untuk alternatifnya kamu bisa menggunakan solatip yang berwarna bening.

Nah, dari 4 tips diatas tersebut semoga dapat membantu permasalah yang Anda alami yakni membersihkan lensa kamera di handphone. Jika artikel ini sangat membantu Anda, boleh bantu kami untuk bagikan artikel ini ke media sosial yang kamu miliki ya gaess, dan kalau masih ada yang kurang paham juga boleh komentar di kolom bawah ini ya!.

Tips Sedikit dari Kami

Kalau lensa kamera hp kamu masih normal atau masih belum buram, alangkah baiknya kamu cegah dengan cepat supaya tidak terjadi hal-hal yang tak diinginkan. Untuk mencegahnya, kamu bisa ikuti point-point dibawah ini.
  1. Jaga Lensa Kamera dari Benturan Objek
  2. Hati-hati saat memasukan hp ke dalam saku celana, sebab kalau kamu terlalu kasar saat memasukannya bisa menyebabkan lensa kamera tergores.
  3. Jangan menempatkan hp pada daerah-daerah yang kasar, seperti meletakkannya dijalanan. Walaupun diletakkannya cuma sejenak, tetap saja itu bahaya untuk lensa.
  4. Hindari meletakkan hp pada tempat yang lembab, karena bisa menyebabkan handphone berembun bahkan embunnya itu bisa masuk ke dalam komponen hp kamu.
  5. Gunakan silicon atau motomo untuk melindungi lensa kamera hp kamu.

Dengan point-point diatas tersebut, semoga dapat mencegah terjadinya kerusakan pada lensa kamera, silahkan kamu ikuti point diatas tersebut ya gaess.

Silahkan berkomentar apabila ada hal yang bingung atau sebagainya, dan mohon maaf apabila berkomentar disertai dengan link akan kami hapus.
Pastikan Anda berkomentar dengan bahasa yang sopan dan bertanya dengan artikel yang tengah terkait, supaya tim kami akan mudah untuk menjawabnya dari pertanyaan teman-teman.
Klik Disini Untuk Melihat EmoticonTutup Lagi