Selasa, Februari 13, 2018

Solusi Mengatasi "Sayangnya Sistem UI Telah Berhenti" di HP Android

Mengatasi Sistem UI yang Bermasalah di Android - Sistem UI merupakan kepanjangan dari User Interface atau tatap muka yang dimana berguna untuk mengatur segala hal yang berhubungan dengan tampilan. Sistem interface ini memiliki hubungan yang sangat kental mulai dari walpapaer, tema menu, font, icon, status bar dan sebagainya. Jika sistem interface ini mengalami masalah, maka smartphone kamu akan mengalami blank atau mati total.

mengatasi sistem ui telah berhenti

Hal yang menyebabkan sistem ui bermasalah biasanya akibat dari mengotak-atik tema dan bisa juga tema tersebut atau tampilan lainnya tidak mendukung pada smartphone kamu, atau juga terlalu berat untuk menerapkannya di hp kamu. Jika tidak support, maka hp akan muncul "Unfortunately, System UI Has Stopped" atau dalam bahasa indonesianya "Sayangnya, Sistem UI Telah Berhenti", jika sudah muncul pesan seperti itu pasti membuat kita risih dan bingung untuk mengatasi dan ingin sekali rasanya mencari solusi untuk memperbaikinya.

Baca Juga : Mengatasi "Unfortunately, The Process com.android.phone Has Stopped" di Handphone
Baca Juga : Cara Ampuh Mengatasi Sayangnya Proses android.process.acore Has Stopped
Baca Juga : Mengatasi "Sayangnya com.android.setting Telah Berhenti" di Handphone

Cara Mengatasi Sistem User Interface yang Bermasalah di Smartphone


Ya!, artikel ini sangat cocok untuk Anda dalam memperbaiki masalah tersebut, pasalnya dalam bahasan artikel ini akan mengkupas semua permasalahan tersebut sampai ke akarnya. Untuk itu perhatikan baik-baik dalam setiap kata, supaya smartphone kesayangan kamu bisa diatasi dengan ok lagi.

1. Factory Reset


Cara yang ini jalan satu-satunya yang bisa kamu ikuti, karena tidak bisa lagi dengan cara lain melalui pengaturan atau fitur lainnya. Dengan melakukan factory reset maka smartphone kesayangan kamu akan tampil seperti baru beli lagi, sebab semua aplikasi terinstall dan data penting Anda akan terhapus dan sistem bawaan yang hilang akan muncul kembali. Namun sebelum melakukan hal ekstrim ini, kami sarankan untuk memback-up data penting Anda ke komputer atau bisa juga ke handphone lainnya untuk sementara saja.

Namun sebagai contohnya, disini kami menggunakan versi Lollipop v5.1.1. Jika versi sistem operasinya beda smartphone kamu dengan kami, tinggal kamu menyesuaikan saja kata-katanya ya!. Jika takut untuk melakukannya, bisa dibantu dengan teman kamu yang sudah pernah melakukan factory reset. Tetapi kami harap Anda pasti orang cerdas, jadi tak usahlah dibantu dengan teman hehe.

mengatasi sistem ui yang error di android
  • Buka menu Pengaturan atau Settings - Setelan Tambahan - Buat Cadangan dan Reset - lalu kamu pilih Hapus Data Aplikasi dan Aplikasi Yang Dapat di Bongkar".


2. Melakukannya dengan Cara Flashing


Cara yang terakhir pasti ampuh!, jika kamu benar-benar sudah melakukan cara pertama tetapi tidak bisa, silahkan ikuti cara ini. Karena sudah melakukan factory reset masih belum oke, silahkan kamu bantu dengan flashing android. Tetapi dengan cara ini agak sedikit susah, sebab kamu harus membutuhkan firmware atau ROM yang harus sama tipenya dengan mendownloadnya. Tetapi kami sarankan downloadnya di situs resmi sesuai merk smartphone kamu ya!, sebagai contohnya kami menggunakan hp merk Oppo.
  1. Download terlebih dahulu stock ROM tipe androidmu, khusus merk Oppo bisa melalui link ini http://www.oppo.com/id/downloads
  2. Copy stock ROM yang barusan di download ke Memori Eksternal (SD Card).
  3. Masuk ke menu recovery mode dengan cara tekan tombol Power + Volume Down secara bersamaan dan diamkan beberapa detik lalu lepas, nanti akan muncul Recovery Mode. Nah kamu tap recovery modenya.
  4. Pilih bahasa yang kamu kuasai.
  5. Tap atau pilih pada Wipe Data and Cache, lalu pilih Yes.
  6. Pilih Install From SD.
  7. Pilih lagi From SD.
  8. Kamu cari stock ROM yang barusan kamu download yang sudah dipindahkan ke SD Card, lalu pilih Yes.
  9. Nanti akan muncul updating, disitu kamu tunggu saja sampai prosesnya selesai 100%.
  10. Jika updating procces sudah selesai, nanti hp akan nyala dengan sendirinya.
  11. Ketika sudah nyala, diamkan 3 menit lalu restart hp kamu supaya sistem yang baru diupdating lebih optimal.
  12. Selesai.

Itulah cara mengatasi sistem ui yang error di android, intinya hanya bisa dilakukan dengan dua cara, yakni dengan factory reset dan flashing android. Jika masih bermasalah juga, ini bukannya menakut-nakuti, handphone kamu harus dibawa ke service center dan jika pihak sana suruh membeli handphone baru, yaaa mau gimana lagi? salah satunya beli handphone baru saja hehe. (Baca Juga : Cara Beli HP Hasil COD yang Benar Supaya Tidak Dibohongi)

Klik Disini Untuk Buka Komentar
Tutup Kolom Komentar

Silahkan berkomentar apabila ada hal yang bingung atau sebagainya, dan mohon maaf apabila berkomentar disertai dengan link akan kami hapus.
Pastikan Anda berkomentar dengan bahasa yang sopan dan bertanya dengan artikel yang tengah terkait, supaya tim kami akan mudah untuk menjawabnya dari pertanyaan teman-teman.
Klik Disini Untuk Melihat EmoticonTutup Lagi