Jumat, Februari 23, 2018

5 Cara Mengatasi Download yang Sering Tertunda atau Gagal di Playstore

Playstore salah satu aplikasi bawaan smartphone Android yang sebagai jantungnya, tanpa aplikasi tersebut maka android tidak ada gunanya untuk dipakai, karena semua aplikasi apa saja sekarang sudah bisa diinstall baik yang gratis maupun berbayar. Memang sih bisa install selain dari playstore, misalnya dari aplikasi yang downloadnya melalui browser, tetapi perlu kamu ingat kalau download dari browser, sangat sensitif jika Android sudah terjangkit oleh virus. Untuk itulah playstore dihadirkan dalam smartphone khusus android. (Baca Juga : Mengatasi Handphone yang Terjangkit Oleh Virus)

Tetapi pernah enggak sih kamu ketika ingin menginstall salah satu aplikasi sangat lama dan hanya muncul Downlaod Pending atau Download Tertunda, pastinya hal tersebut membuat kita jengkel dong ya!. Dan paling keselnya lagi jika lagi mengakses playstore tiba-tiba playstorenya error atau sering keluar sendiri, nah kalau masalah yang seperti itu kami sudah membuatnya, untuk itu silahkan kamu baca. (Baca Juga : Mengatasi Google Playstore yang Tidak Bisa Terbuka atau Error)

mengatasi masalah playstore downlaod pending

Mengatasi Download Pending di Playstore


Jika kamu ingin menginstall sesuatu aplikasi tetapi download tertunda, disini kami akan mencari solusi untuk memperbaiki masalah tersebut yang sedang Anda alami. Untuk itu silahkan Anda simak ulasan dibawah ini baik-baik, serta akan kami jelaskan juga penyebab playstore download pending.

1. Koneksi Internet Lemah


mengatasi masalah playstore downlaod pending 2

Penyabab : Penyebab utama yang jelas adalah karena koneksi yang terdapat pada smartphone kamu sangat lemah, untuk handphone xiaomi sudah kami jelaskan cara menampilkan kecepatan internet di handphone xiaomi. (Baca Juga : Cara Cek Kecepatan Internet di HP Xiaomi)

Solusi : Pastikan downloadnya ketika diluar ruangan, jika kamu didalam ruangan yang tertutup, maka sinyal akan sulit untuk mendeteksi pada sistem smartphone kamu, atau kamu juga bisa baca pada artikel yang satu ini. (Baca Juga : Tips Memperkuat Sinyal WIFI yang Lemot)

2. Memori Penyimpanan Penuh


mengatasi masalah playstore downlaod pending 2

Penyebab : Penyebab selanjutnya akibat memory sudah tidak dapat menerima aplikasi lagi, maksudnya yaa memory smartphone kamu sudah penuh. Karena ketika ingin diinstall, maka aplikasi tersebut mencari celah pada penyimpanan yang kosong, jika tidak ada maka ia akan berhenti disitu terus (Download pending atau tertunda).

Solusi : Jika memory penyimpanan penuh, cobalah untuk menghapus aplikasi yang tidak berguna lagi, atau bisa baca artikel ini (Baca Juga : Cara Ampuh Mengatasi Memori Internal Penuh di HP) atau juga bisa kamu baca pada ulasan yang satu ini, karena ini sangat berguna sekali untuk smartphone kamu yang aplikasi bawaannya tidak digunakan lagi. (Baca Juga : Cara Menghapus atau Menghilangkan Aplikasi Bawaan dari HP)

3. Terlalu Banyak Cache yang Menumpuk


mengatasi masalah playstore downlaod pending 4

Penyebab : File cache yang sudah menumpuk penyebab ketiga dari hambatannya downloading aplikasi di playstore, memang file cache ini sangat berguna untuk kelangsungan berjalannya aplikasi dibelakang layar, namun jika sampai menumpuk justru akan berdampak sangat buruk. Dan tak hanya palystore saja yang bisa seperti itu, aplikasi lainnya pun juga akan ikut lemot jika kamu tidak menghapus cache pada aplikasi satu persatu.

Solusi : Untuk itu seringlah menghapus file cache supaya tidak menumpuk menjadi parah, lebih disarankan untuk menghapusnya seminggu sekali. Kalau ingin menghapus file cache lebih maksimal dengan bantuan aplikasi seperti Ccleaner, atau aplikasi bawaan handphone jika di smartphone kamu sudah ada. Namun jika tidak ada silahkan dengan cara manual saja, jika kalian tidak tau bagaimana untuk menghapusnya, silahkan lihat langkah-langkah dibawah ini, andai kata ada kalimat atau tata letak yang sedikit berbeda, tinggal kalian sesuaikan sendiri ya gaess.

mengatasi masalah playstore downlaod pending 5
  • Buka menu Settings atau Pengaturan - Aplikasi - dan cari aplikasi Playstore - pilih Penyimpanan - lalu kamu pilih pada Hapus Cache.

4. Playstore Sudah Terlalu Usang


mengatasi masalah playstore downlaod pending 6

Penyebab : Nah ini nih yang paling sering tidak diperhatikan, jika playstore kamu sudah terlalu usang atau bahasa lainnya sudah ketinggalan jaman versinya, maka akan memperlambat pengunduhan suatu aplikasi yang tersedia di playstore.

Solusi : Kamu coba lakukan pengupdatetan pada aplikasi ini, "memang bisa yah playstore diupdate?" tentu saja bisa. Jika kalian ingin tahu melakukan update pada playstore, cobalah ikuti langkah-langkah dibawah ini.

mengatasi masalah playstore downlaod pending 7

  • Buka aplikasi playstore - masuk ke menu Setelan - nah pada Versi Playstore kamu klik/tap terus sampai muncul notifikasi, jika playstorenya versi lama ia akan update secara otomatis nantinya, tetapi pastikan kamu sudah terhubung ke internet terlebih dahulu.

5. Paksa Berhenti


Penyebab : Jika masih tidak bisa juga, cobalah melakukan paksa berhenti aplikasi.

Solusi : Cara ini sama seperti pada menghapus Cache (Pada point ketiga diatas), dengan melakukan paksa berhenti maka playstore semua basis data seperti akun, history dan sebagainya akan hilang (Seperti playstore pertama kali dipakai), dan pastikan juga kamu harus masih ingat akun googlenya untuk melakukan login kembali setelah melakukan paksa berhenti. Jika cara dibawah untuk membuka aplikasi playstore ada yang berbeda, tinggal kamu sesuaikan saja yaa karena setiap merk smartphone berbeda tata letaknya atau kata-katanya.

mengatasi masalah playstore downlaod pending 8

  • Buka menu Settings atau Pengaturan - Aplikasi - cari aplikasi Google Playstore - nah disitu kamu pilih Paksa Berhenti (Selepas itu langsung kamu lakukan restart pada smartphonenya).

Jika masih tidak bisa juga, kemungkinan besar spesifikasi yang terdapat pada smartphone kamu sangat minim, maksudnya spesifikasinya kecil. Dan kalau kalian ada masukkan atau kritikan lainnya, bisa langsung komentar saja dikolom bawah, nanti akan kami atasi serta jelaskan apa saja kendalanya.

Mungkin itu saja cara mengatasi download tertunda di playstore atau download sering gagal di playstore, semoga dengan cara-cara yang sudah kami ulas bisa bermanfaat untuk teman-teman, selamat untuk mencobanya.

Silahkan berkomentar apabila ada hal yang bingung atau sebagainya, dan mohon maaf apabila berkomentar disertai dengan link akan kami hapus.
Pastikan Anda berkomentar dengan bahasa yang sopan dan bertanya dengan artikel yang tengah terkait, supaya tim kami akan mudah untuk menjawabnya dari pertanyaan teman-teman.
Klik Disini Untuk Melihat EmoticonTutup Lagi