Selasa, Juni 05, 2018

Solusi Utama Mengatasi Handphone yang Masuk Ke dalam Air

Smartphone merupakan barang elektronik yang sudah terlalu jauh memasuki ruang lingkup hidup kita, tanpa kehadiran smartphone maka semua aktifitas yang sering kita lakukan seperti menelpon, sms, media sosialan dan sebagainya akan terhenti dan itu akan membuat kita resah. (Baca Juga : Solusi Mengatasi "Sayangnya Sistem UI Telah Berhenti" di HP Android)

Bahkan, sampai ke kamar mandi pun masih ada aja orang yang membawa smartphone, biasanya anak-anak muda yang mau mandi ia mendengarkan lagu dari handphone dengan membawanya kedalam kamar mandi. Namun bagaimana jika handphone kesayangan mu itu kecebur atau tak sengaja masuk ke dalam air? wah, pasti pusing 7 keliling dong. (Baca Juga : Mengatasi "Sayangnya com.android.setting Telah Berhenti" di Handphone)


Nah, disini kami ada beberapa tips nih untuk menyelamatkan handphonemu yang terlanjur sudah tercebur kedalam air. Tetapi sebelum mengatasinya, kamu simak terlebih dahulu hal-hal yang harus dihindari.

Hal yang Harus Dihindari Ketika Handphone Masuk Kedalam Air


1. Ketika handphonemu sudah tercebur kedalam air dengan kondisi masih menyala, jangan pernah untuk menekan tombol apapun, karena tombol jika tombol bereaksi maka semua sistem disuruh bekerja. Alhasil, pastinya akan terjadi korsleting.

2. Jangan pernah untuk menggoyangkan smartphone, takutnya air yang ada didalamnya akan tersebar luas.

3. Jangan mengeringkan handphonemu dengan sinar matahari, apalagi kalau mataharinya yang sangat terik, pasti akan membuat sistem didalamnya panas. Kenapa bisa seperti itu? pasalnya, sinar matahari tidak dapat mengatur cahayanya sendiri, terkadang bisa terik secara mendadak dan bisa juga sinar redup seketika. (Baca Juga : Mengatasi Supaya HP Android Tidak Cepat Panas)


Mengatasi Handphone yang Kemasukkan Air


Setelah kamu baca pada ulasan diatas mengenai hal yang harus dihindari, kita lanjut untuk tahap proses mengatasinya.

1. Kalau smartphone dalam keadaan hidup, langsung buka penutup baterai dan baterainya dicopot, SIM Card dan memory eksternal juga dilepas.

2. Jika baterainya bersifat tanam, usahakan buka casing handphonenya secara perlahan-lahan jangan sampai digoyangkan terlalu kencang, lalu copot baterainya dan baru deh lepas sim card dan memory eksternal jika ada.

3. Setelah semuanya sudah dicabut, lebih bagus lagi semua mur yang ada dihandphone kamu lepaskan dan pastinya handphonemu akan terbongkar setiap komponen, baru deh dilap dengan kain kering.

4. Andai kamu tak mau melepaskan mur yang ada di handphone, cobalah menggunakan hairdryer, tetapi ada hal yang harus diingkat saat menggunakan alat hairdryer, saat proses mengeringkan pakai volume yang paling kecil dan jangan terlalu dekat dengan handphone, beri jarak sekiranya saja supaya handphone tidak terjadinya panas. Karena tujuan kita hanya mengeringkan handphone dari air, bukan untuk memanaskan handphone.

5. Atau juga bisa menggunakan vacum untuk menyedot air yang ada didalamnya. Jika sudah mengeringkan, kamu diamkan 1 jam lalu pasang kembali komponennya seperti mur, baterai, sim card dan memory eksternal. Ingat!, jangan dinyalakan terlebih dahulu ketika sudah dipasang semua komponen.

6. Setelah proses mengeringkan handphone sudah selesai, tahap selanjutnya kamu kubur dengan beras handphonemu. Kenapa sih kok pakai beras? Pasalnya beras merupakan benda yang sangat baik dalam menyerapkan air, dan ini sudah terbukti dari semua orang yang mengalami handphone kemasukkan air. Setelah kamu kubur handphonemu dengan beras, diamkan sekitar 1 jam.

7. Coba nyalakan handphonemu dengan menekan tombol power, andai kata tidak mau menyala coba gunakan charger, biasanya baterai tidak tahan dengan air, jika terkena air maka baterai akan error. (Baca Juga : Tips Rahasia Mempercepat Pengisian Baterai HP Saat di Charger)

8. Masih tidak bisa juga dinyalakan? mau enggak mau kamu harus bawa ke service center sesuai dengan merk handphonemu.

Semoga dengan langkah-langkah diatas mampu membantu Anda dalam mengatasi handphone yang kemasukkan air, perlu diketahui juga jangan panik dan tetaplah bersabar, barang siapa yang bersabar maka akan disayang oleh Tuhan, hehehe. Selamat untuk mencobanya yaa teman-teman.

Silahkan berkomentar apabila ada hal yang bingung atau sebagainya, dan mohon maaf apabila berkomentar disertai dengan link akan kami hapus.
Pastikan Anda berkomentar dengan bahasa yang sopan dan bertanya dengan artikel yang tengah terkait, supaya tim kami akan mudah untuk menjawabnya dari pertanyaan teman-teman.
Klik Disini Untuk Melihat EmoticonTutup Lagi