Selasa, Juli 31, 2018

Mengatasi "Sayangnya com.android.setting Telah Berhenti" di Handphone

Solusi Mengatasi Sayangnya com.android.setting Telah Berhenti di Handphone Android - Masalah error yang terjadi pada sistem dengan isi pesan tidak jelas, baik pada smartphone atau tablet android memang membuat para penggunanya bingung bagaimana cara solusi untuk merombak masalah tersebut.

Mungkin salah satu bahasa yang bingung seperti "com.android.setting telah berhenti", tentu dengan begitu membuat risih dengan kehadiran pesan tersebut, bahkan sampai tidak bisa menyentuh pada tap layar android.

mengatasi com android setting telah berhenti

Mengatasi com.android.settings Telah Berhenti


Hal yang mengenai error yang terdapat pada setelan android bisa beragam penyebabnya, bisa akibat file sampah yang menumpuk atau cache, RAM Android yang sudah terlalu penuh, serangan virus, kerusakan yang terdapat pada sistem android dan berbagai penyebab lainnya.

Untuk itu, kami telah sediakan beberapa artikel pada link dibawah ini yang bisa kamu terapkan sebelum melanjutkan untuk mengatasi pada permasalahan com.android.settings telah berhenti.

Baca Juga : Mengatasi Handphone yang Terjangkit Oleh Virus
Baca Juga : Cara Ampuh Mengatasi Memori Internal Penuh di HP
Baca Juga : Cara Menghapus atau Menghilangkan Aplikasi Bawaan dari HP

Langsung saja kita kupas untuk mengatasi permasalahan yang sedang terjadi pada smartphone kamu, mungkin sebagai penjelasan dibawah kami menggunakan metode dengan tipe yang bisa saja berbeda dengan handphonemu, jadi kamu tinggal menyesuaikan saja kata-katanya ya gaess.

1. Shutdown Handphonenya

Langkah yang pertama, teman-teman bisa melakukan shutdown atau mematikan daya ponsel. Setelah handphone teman-teman sudah mati, coba lepaskan Baterai, SIM Card, Memory Eksternal.

Setelah dicopot semuanya, kamu diamkan 3 menit supaya sumber daya yang mengalir akan berhenti, dan kamu nyalakan handphonenya, semoga bisa diatasi. Jika masih ada hal yang sama setelah dinyalakan, terakhir kamu restart atau matikan sejenak daya ponselnya.

2. Hard Reset (Recovery Mode)

Kalau sudah melakukan pada langkah pertama tidak bisa diatasi, kamu bisa ikuti langkah kedua ini yakni melakukan Wipe Data atau Hard Reset melalui menu recovery mode. Cara ini membuat smartphone kamu akan kembali lagi seperti baru beli, maksudnya semua aplikasi akan terhapus dan data-data bawaan dari handphone yang awalnya hilang akan kembali lagi muncul kalau kamu melakukan hard reset.

Memang sih agak terlalu mainstream banget, tetapi jika kamu ingin mencobanya silahkan ikuti langkah-langkah dibawah ini, mungkin pada penjelasan dibawah bisa berbeda dengan tipe smartphone kamu karena sebagai contohnya kami menggunakan hp merk Oppo, jadi tinggal kamu sesuaikan saja kata-katanya ya gaes.
  1. Pastikan baterai hp dalam keadaan diatas 80%, atau lebih bagusnya sediakan charger supaya tidak terjadi fatal dalam keadaan proses hard reset sistemnya.
  2. Kalau untuk Oppo, kamu masuk kedalam menu recovery modenya dengan cara menekan tombol Power + Volume Up secara bersamaan, jika tidak bisa merk hp lain terkadang dengan menekan tombol Power + Volume Down.
  3. Nanti disitu ada pilihan bahasa, kamu pilih bahasa yang menurut kamu bisa untuk dikuasai walaupun tidak terlalu lancar, tetapi lebih baik pakai bahasa Inggris saja.
  4. Dan untuk merk hp Oppo, kamu bisa pilih Wipe Data atau Factory Reset, lalu pilih Yes untuk melanjutkan prosesnya.
  5. Kamu tunggu proses loadingnya sampai benar-benar hp nyala kembali, dan nanti biasanya kamu diminta untuk memasuki akun gmail atau akun lainnya seperti halnya saja ketika kamu membeli hp baru saat register akun.
  6. Selesai.

3. Dengan Cara Flashing

Cara terakhir kamu bisa melakukan instalasi ulang sistem androidnya, cara ini memang sedikit ribet juga, karena kamu disuruh untuk download sistem operasi yang sesuai dengan tipe android kamu.

Untuk melakukan flashing handphone, caranya ada di artikel yang satu ini pada point ke-2. (Baca Juga : Mengatasi "Sayangnya Setelan Telah Berhenti" di Handphone)

Demikianlah cara mengatasi "sayangnya com.android.setting Telah Berhenti" di Android, semoga dengan begitu bisa membantu permasalahan handphone kamu yang sedang bermasalah, jadi tidak usah pergi ke service center ataupun ke counter hp deh, jadi uangnya bisa beli keperluan yang lain hehe.

Jika ini bermanfaat, boleh dong teman-teman bantu share artikel ini ke media sosial kamu, selamat untuk menerapkannya yaaa.

Buka Komentar Disini