Rabu, Februari 14, 2018

5 Cara Mengatasi "Unfortunately Gallery Has Stopped" di HP Android

Aplikasi galeri merupakan aplikasi bawaan dari sistem Android di semua tipe dan merk smartphone, yang dimana galeri ini memiliki fungsi sebagai tempat peletakkan foto dan video baik dari memori Internal maupun memori Eksternal. Jadi sudah tak dipungkiri lagi, bahwa galeri aplikasi yang memiliki peran sangat penting sekali. (Baca Juga : 4 Cara Mengatasi "Storage Space Running Out" di HP Android)

Namun nasib tak berujung manis, ternyata aplikasi galeri juga bisa mengalami kerusakan atau error sistem, sehingga sangat sulit untuk dibuka yang kurang lebih akan muncul notifikasi "Unfortunately Gallery Has Stopped" atau dalam bahasa Indonesianya "Sayangnya Galeri Telah Berhenti". Dan masalah ini bisa terjadi pada semua smartphone, baik merk Asus, Lenovo, Xiaomi, Samsung, Advan, Oppo, LG dan berbagai merk maupun tipe lainnya. (Baca Juga : Solusi Mengatasi "Sayangnya Sistem UI Telah Berhenti" di HP Android)

mengatasi gallery telah terhenti

Mengatasi "Sayangnya Galeri Telah Berhenti" di Android


Cara-cara dibawah ini mungkin bisa membantu Anda untuk memperbaikinya, yaa walaupun tidak semaksimal mungkin, sehingganya sudah mampu untuk diatasi. Untuk menangani hal tersebut, silahkan simak penjelasan dibawah ini.

1. Hapus File Cache dengan Bantuan Aplikasi di Playstore


File cache memang sangat berguna untuk menjalankan aplikasi, namun jika didiamkan terus-menerus maka file ini akan terus menumpuk dan bisa mengakibatkan smartphone Anda menjadi berat. Setiap aplikasi yang berjalan maka file ini akan terbentuk, apalagi jika buka aplikasi yang berat-berat seperti Youtube, Instagram, dan berbagai aplikasi lainnya yang jauh lebih cepat membuat file cache menumpuk. (Baca Juga : Mengatasi Google Playstore yang Tidak Bisa Terbuka atau Error)

Untuk menghapus file cache, kami sarankan menggunakan pihak ketiga saja seperti aplikasi Ccleaner, CM Security, Go Speed dan aplikasi lainnya yang sejenis di playstore. Tetapi hal ini cukup beruntung jika kamu pengguna xiaomi, karena handphone xiaomi sudah mempunyai aplikasi bawaan untuk menghapus virus, cache dan mempercepat kinerja smartphone. (Baca Juga : Mengatasi Handphone yang Terjangkit Oleh Virus)

Tetapi jika kamu mau menggunakan manual, silahkan ikuti cara berikut ini. Mungkin bisa saja agak sedikit berbeda pada smartphonemu, sebab kami menggunakan contohnya pada sistem android yang sudah Lollipop v5.1.1. Jika berbeda tipenya, tinggal kamu menyesuaikan saja ya!.
  • Buka menu Settings atau Pengaturan - Aplikasi - cari aplikasi Galeri - Hapus Cache.


2. Hapus Data dari Galeri


Melakukan penghapusan data pada file Galery bisa dibilang cara paling ampuh, dengan begitu maka data yang berjalan akan terhapus seperti basis data, cache, history dan sebagainya (Tetapi tidak termasuk seperti foto dan video). Jika ingin melakukannya, kamu ikuti cara dibawah ini.
  • Buka menu Settings atau Pengaturan - Aplikasi - cari aplikasi Galeri - kemudian pilih Paksa Berhenti dan Hapus Data.

3. Unroot Handphonemu Jika Pernah Melakukan Root


Jika gallery kamu selalu macet dan error terus saat dibuka setelah melakukan root, dipastikan sudah jelas penyebabnya adalah Rooting. Untuk itu langsung kamu lakukan unrooting, memang bagus dan membuat handphone cepat diakses kalau lakukan rooting, tetapi dibalik semua itu akibatnya sangat fatal. (Baca Juga : Cara Mengetahui HP yang Sudah di Root dan HP yang Belum di Root)


4. Factory Reset Android


Jika semua cara diatas masih tidak ampuh untuk memperbaikinya, cara keempat yang bisa kamu lakukan dengan factory reset yang berarti semua aplikasi dan data akan kembali lagi default seperti halnya beli handphone baru lagi. Cara ini cara ampuh dan juga cara yang paling menyedihkan, sebab semua data dan aplikasi yang terinstall akan terhapus dan aplikasi maupun sistem yang hilang akan kembali lagi seperti semula.

Sebelum melakukan cara ini, pastikan data penting kamu di back up di komputer maupun di handphone lainnya, berikut langkah untuk melakukan reset smartphone.

mengatasi galeri berhenti - feri tekno
  • Buka menu Settings atau Pengaturan - Buat Cadangan dan Reset - Kembalikan ke Pengaturan Pabrik - lalu kamu pilih Reset Ulang Telepon.
Pada contoh diatas kami menggunakan yang sistem androidnya Lollipop v5.1.1, jika sedikit berbeda tata letak atau kata-katanya, tinggal kamu sesuaikan saja dan teliti dalam mencarinya.

5. Flashing Android


Kalau cara diatas masih kurang juga setelah melakukan reset android, coba dibantu dengan Flashing. Cara ini memang sedikit ribet karena kamu harus membutuhkan driver yang ROM-nya sama, jika kalian ingin mencobanya silahkan baca artikel ini, pada point kedua ada cara untuk melakukan flashing. (Baca Juga : Cara Melakukan Flashing Android Pada Point Kedua)

Sekian ulasan mengenai cara mengatasi "sayangnya, galeri telah terhenti" di HP Android, semoga dengan begitu masalah Anda dapat terbantu dengan baik tanpa ada kendala lagi. Selamat untuk mencobanya ya gaess, jika berkenan bantu kami juga untuk share artikel ini ke media sosial teman-teman.

Silahkan berkomentar apabila ada hal yang bingung atau sebagainya, dan mohon maaf apabila berkomentar disertai dengan link akan kami hapus.
Pastikan Anda berkomentar dengan bahasa yang sopan dan bertanya dengan artikel yang tengah terkait, supaya tim kami akan mudah untuk menjawabnya dari pertanyaan teman-teman.
Klik Disini Untuk Melihat EmoticonTutup Lagi