Senin, Februari 12, 2018

Mengatasi "Sayangnya Setelan Telah Berhenti" di Handphone

Cara Mengatasi "Sayangnya Pengaturan Telah Berhenti" di Android - Jika menu pengaturan atau setelan mengalami masalah, maka tidak akan bisa melakukan aktifitas multitasking sama sekali. Karena menu setelan ini merupakan menu yang sangat berpengaruh sekali untuk melakukan kustomisasi pada sistem smartphone, baik itu kustomisasi SIM Card, Aplikasi, Suara dan beberapa fitur lainnya yang terdapat disana. (Baca Juga : Mengatasi Aplikasi Sering Keluar atau Menutup Sendiri di HP Android)

Jika menu setelan kamu mengalami bermasalah dan selalu muncul "setelan telah berhenti" ketika membukanya, mungkin beberapa cara dibawah ini bisa kamu terapkan untuk mengatasi masalah tersebut. Tetapi sebelum melakukannya, kamu bisa buka link yang satu ini untuk mengatasi virus yang terdapat pada smartphone kamu, karena bisa jadi virus sudah memasuki sistem pada smartphone yang kamu punya. (Baca Juga : Mengatasi Handphone yang Terjangkit Oleh Virus)

mengatasi sayangnya setelan telah berhenti di android

Mengatasi Setelan Android Telah Berhenti


Untuk itu kami akan membeberkan cara-cara untuk mengupas "setelan telah berhenti di android", pasalnya pengaturan yang muncul berisi pesan error bisa terjadi pada semua jenis tipe ataupun merk handphone. Jadi tak bisa dipermasalahkan kalau merk hp A selalu bermasalah atau tipe hp B, karena hal ini bisa terjadi pada handphone Samsung, Lenovo, Xiaomi Oppo, Asus Zenfone, Panasonic, Polytron, Motorola, LG, Sony, Advan, Axioo, Smartfren, Andromax dan merk hp lainnya.

Yuk!, langsung saja simak baik-baik ya gaess untuk mengatasi yang sedang kamu alami pada handphone kesayanganmu. (Baca Juga : Cara Ampuh Mengatasi Memori Internal Penuh di HP)

1. Hard Reset Android

Langkah pertama yang bisa kamu lakukan adalah reset pada smartphone android kamu. Dengan cara ini bukan membukanya melalui menu pengaturan, melainkan melalui Recovery Mode Android. Untuk mengakses recovery mode, setiap tipe dan merk smartphone berbeda-beda untuk membuka recovery mode, tetapi paling banyak yang sering adalah dengan cara menekan Tombol Power dan Tombol Volume Down secara bersamaan. Sebagai contohnya, kami menggunakan handphone merk Oppo dengan sistem operasi Android Lollipop v5.1.1. Jika kamu beda versi dengan yang kami contohkan dibawah, tinggal kamu sesuaikan saja dan berikut cara melakukannya.
  1. Pastikan, handphone kamu dalam keadaan shutdown atau mati total.
  2. Tekan tombol Power dan tombol Volume Down secara bersamaan sampai nantinya muncul pada opsional "Recovery Mode". Nanti ada banyak bahasa yang ditampilkan, kamu pilih bahasa sesuai kemampuanmu atau lebih bagus pakai bahasa Inggris saja.
  3. Kamu pilih pada "Wipe Data" dan diteruskan dengan "Wipe Data (Keep SMS, Contact and Photos)". Lalu kamu pilih OK untuk melanjutkan.
  4. Kamu tunggu deh prosesnya sampai 100% sukses.
  5. Selesai.

2. Flashing Android

Untuk langkah kedua ini yang bisa kamu lakukan adalah flashing ulang Smartphone kamu, tetapi untuk cara kedua ini kamu harus punya firmware atau ROM yang sesuai dengan tipe smartphone kamu. Jika kamu belum memilikinya, kamu harus download terlebih dahulu. Untuk mencari firm yang sesuai denga tipe androidmu, tinggal searching saja digoogle tetapi usahakan carinya melalui situs resmi merk hp kamu ya, sebagai contohnya kami menggunakan hp merk Oppo.
  1. Download terlebih dahulu stock ROM tipe androidmu, untuk android merk Oppo bisa melalui link ini http://www.oppo.com/id/downloads
  2. Copy stock ROM yang barusan di download ke Memori Eksternal (SD Card).
  3. Masuk ke menu recovery mode dengan cara tekan tombol Power + Volume Down secara bersamaan dan diamkan beberapa detik lalu lepas, nanti akan muncul Recovery Mode. Nah kamu tap recovery modenya.
  4. Pilih bahasa yang kamu kuasai.
  5. Tap atau pilih pada Wipe Data and Cache, lalu pilih Yes.
  6. Pilih Install From SD.
  7. Pilih lagi From SD.
  8. Kamu cari stock ROM yang barusan kamu download yang sudah dipindahkan ke SD Card, lalu pili Yes.
  9. Nanti akan muncul updating, disitu kamu tunggu saja sampai prosesnya selesai 100%.
  10. Jika updating procces sudah selesai, nanti hp akan nyala dengan sendirinya.
  11. Ketika sudah nyala, diamkan 3 menit lalu restart hp kamu supaya sistem yang baru diupdating lebih optimal.
  12. Selesai.

Itulah beberapa langkah yang bisa kamu coba untuk mengatasi setelan android yang macet atau tidak bisa dibuka, dan metode ini bisa kamu gunakan pada smartphone tipe atau merk apa saja. Jika cara diatas tidak bisa diatasi, mau enggak mau kamu bawa saja ke service center sesuai dengan merk smartphone kamu atau bisa juga taruh di counter hp terdekat.

Kalau artikel ini sangat bermanfaat, jika berkenan boleh dong bantu share supaya situs ini lebih maju lagi kedepannya dan tentunya update-update artikel lainnya akan lebih jooss lagi hehe, selamat untuk mencobanya yaa teman-teman.

Buka Komentar Disini