Kamis, Februari 15, 2018

Cara Mengatasi Sayangnya Musik Telah Berhenti di HP Android

Solusi Mengatasi "Unfortunately music has stopped" di Android - Musik merupakan tempat sarana hiburan yang sangat mengasyikan, dalam diri yang sedang terpukul rindu, senang, sedih, patah semangat, dengan mendengarkan musik maka hati kita akan terselimuti berbagai nada-nada. Sekarang musik bukan hanya didengarkan ditempat rumah saja, diberbagai kendaraan umum sering kita jumpai orang yang memakai earphone atau headset pasti ia tengah menikmati irama musik yang ia suka.


Berbagai jenis musik, baik itu jazz, kpop, rock dan sebagainya, pasti setiap orang memiliki kriteria kesukaannya masing-masing dari jenis tersebut. Tetapi tengah asyik-asyiknya menikmati irama musik, tiba-tiba ada muncul pesan "Sayangnya musik telah berhenti" yang terjadi di smartphone, pasti kalian bingung bagaimana untuk mengatasi permasalahan atas kejadian ini.

Kejadian ini bisa terjadi diberbagai merk dan tipe smartphone yang kamu punya, biasanya hal ini akibat File cache yang terlalu penuh, RAM Internal yang kurang memadai dan juga bisa akibat Anda habis melakukan rooting pada Android. Untuk itu disini akan kami jelaskan bagaimana hal tersebut bisa diatasi dengan baik. (Baca Juga : Cara Ampuh Mengatasi Memori Internal Penuh di HP)

How To Fix Unfortunately Music Has Stopped


1. Hapus File Cache Android


Dengan menghapus file cache, maka sistem akan berkurang daya kerja yang bisa memakan daya baterai berlebihan, semakin berkurang cache yang menumpuk semakin bagus sistem bekerja. Pada dasarnya smartphone apapun pasti memiliki file cache, yang dimana file cache ini sangat berguna untuk membuat loading semakin optimal ketika kamu membuka suatu aplikasi, tetapi kalau dibiarkan sampai menumpuk justru sangat berbahaya, apalagi kalau sudah sampai ratusan MB.

Untuk itu cobalah hapus beberapa cache pada aplikasi yang memakan file cachenya banyak (Bukan hapus aplikasinya, tetapi file cache yang ada di aplikasi tersebut). Untuk menghapus file cache bisa menggunakan bantuan aplikasi bawaan seperti hp xiaomi yang sudah ada atau bisa juga dari playstore yang harus kamu download terlebih dahulu, tetapi bisa juga dengan cara manual, berikut caranya. (Baca Juga : Cara Menghapus Aplikasi Bawaan dari Handphone)
  • Buka Menu Pengaturan atau Settings - Aplikasi - pilih Unduhan - cari aplikasi apa saja - lalu pilih Hapus Cache.
Untuk sebagai contoh diatas, kami menggunakan versi sistem androidnya yang sudah Lollipop v5.1.1, jika berbeda tinggal kamu sesuaikan saja kata-kata diatas ya!.

2. Hapus Data Aplikasi Musik


Cara selanjutnya yakni dengan menghentikan secara paksa dan hapus data aplikasi musiknya, cara ini memang belum 100% ampuh memperbaiki, tetapi sehingganya dicoba terlebih dahulu, sebab cara ini semua file cache, basis data, login yang tersimpan, dan sebagainya akan terhapus secara permanen (Kembali ke posisi default lagi). Andai kamu ingin mencobanya, silahkan liat caranya dibawah ini, tetapi sebelumnya sudah kami jelaskan, kami masih menggunakan contohnya sebagai sistem android lollipop v5.1.1, jika ada hal yang beda tinggal kamu sesuaikan saja tata letak atau kata-katanya.
  • Buka menu Pengaturan - Setelan Tambahan - Manajemen Aplikasi - cari aplikasi Musik - kemudian pilih Paksa Berhenti dan Hapus Data.

3. Unroot HPnya Jika Sudah Melakukan Root Sebelumnya


Jika gallery kamu selalu macet dan error terus saat dibuka setelah melakukan root, dipastikan sudah jelas penyebabnya adalah Rooting. Untuk itu langsung kamu lakukan unrooting, memang bagus dan membuat handphone cepat diakses kalau lakukan rooting, tetapi dibalik semua itu akibatnya sangat fatal. (Baca Juga : Cara Mengetahui HP yang Sudah di Root dan HP yang Belum di Root)

4. Lakukan Factory Reset HP Android


Jika semua cara diatas masih tidak ampuh untuk memperbaikinya, cara keempat yang bisa kamu lakukan dengan factory reset yang berarti semua aplikasi dan data akan kembali lagi default seperti halnya beli handphone baru lagi. Cara ini cara ampuh dan juga cara yang paling menyedihkan, sebab semua data dan aplikasi yang terinstall akan terhapus dan aplikasi maupun sistem yang hilang akan kembali lagi seperti semula.

Sebelum melakukan cara ini, pastikan data penting kamu di back up di komputer maupun di handphone lainnya, berikut langkah untuk melakukan reset smartphone.

musik telah berhenti - feri tekno
  • Buka menu Settings atau Pengaturan - Buat Cadangan dan Reset - Kembalikan ke Pengaturan Pabrik - lalu kamu pilih Reset Ulang Telepon.
Pada contoh diatas kami menggunakan yang sistem androidnya Lollipop v5.1.1, jika sedikit berbeda tata letak atau kata-katanya, tinggal kamu sesuaikan saja dan teliti dalam mencarinya.

Mungkin itu saja cara mengatasi sayangnya aplikasi musik telah berhenti, jika ada kritik atau masukan lainya dari teman-teman, silahkan kalian komentar saja pada kolom komentar dibawah yaa.


Baca Juga : 4 Cara Mengatasi "Storage Space Running Out" di HP Android
Baca Juga : 5 Cara Mengatasi "Unfortunately Gallery Has Stopped" di HP Android .

Buka Komentar Disini