Selasa, Februari 13, 2018

Cara Mengatasi "Unfortunately, The Process com.android.phone Has Stopped" di Handphone

Tips Mengatasi "Unfortunately, the process com.android.phone Telah Berhenti" di Android - Smartphone Android dari masa ke masa semakin maju pesat, bahkan sampai anak kecil yang masih belia pun sudah memiliki gadget dengan sistem operasi yang cukup tinggi. Dan belakangan ini, semua android terus berlomba-lomba dalam meningkatkan sistem operasi yang tertanam pada perangkat gadget, seperti perusahaan Samsung, Lenovo, Sony Experia, Asus dan masih banyak lagi.

Namun nahasnya dari semua sistem operasi yang gagal memakan uang ratusan dollar, karena secangih-canggihnya sistem operasi pasti memiliki titik kelemahan. Tetapi bagaimana jika smartphone yang selalu mengeluarkan pesan Unfortunately, the process com.android.phone has stopeed? itu merupakan ada salah satu sistem operasi yang error. Oleh karena itu disini kami akan jelaskan bagaimana cara mengatasi persoalan yang menimpa pada smartphone Anda tersebut.

Mengatasi Unfortunately the process com.android.phone has stopped

Sebelum kita bahas mengenai topik ini, jika kamu mempunyai permasalahan juga dalam sistem operasi yang error pada smartphone, mungkin link dibawah ini bisa membantu permasalahan Anda yang lainnya.

Baca Juga : Cara Ampuh Mengatasi Sayangnya Proses android.process.acore Has Stopped
Baca Juga : Mengatasi "Sayangnya com.android.setting Telah Berhenti" di Handphone
Baca Juga : Mengatasi "Sayangnya Setelan Telah Berhenti" di Handphone

Mengatasi Unfortunately the process com.android.phone Has Stopped


Berikut solusi untuk mengatasinya, disini kami akan berikan 3 cara yang bisa kamu coba satu persatu dari awal sampai akhir.


1. Coba Diingat Sebelum Terjadi Masalah Ini


Langkah pertama yang bisa Anda lakukan adalah mengingat kenapa hal ini bisa terjadi pada smartphone kamu, mungkin kamu bisa saja habis memasang sesuatu lalu muncul pesan Unfortunately the process com.android.phone has stopped. Dan umum yang paling sering terjadi yakni habis memasang SIM Card atau Memory Eksternal baru ke handphone kamu, dan setelah dinyalakan handphone akan muncul seperti pesan itu, berarti benar itu penyebab masalahnya. (Baca Juga : Mengatasi Handphone yang Terjangkit Oleh Virus)


2. Hapus Data Aplikasi Telepon


Dengan cara ini bisa mengembalikan aplikasi telepon dalam keadaan default lagi, maksudnya semua basis data yang ada, cache dan file temporary akan hilang, untuk melakukannya kamu bisa ikuti cara dibawah ini, jika ada kata-kata yang beda tinggal kamu seusaikan saja ya gaess.
  • Buka Menu Pengaturan atau Settings - Setelan Tambahan - Manajemen Aplikasi - lalu cari Telepon - disitu kamu pilih Paksa Berhenti dan Hapus Data.

3. Factory Reset


Cara yang terakhir cukup dibilang greget banget, karena semua data-data yang penting akan terhapus serta aplikasi bawaan smartphone yang awalnya tidak ada akan tampil lagi, intinya seperti kamu beli handphone baru saja tampilannya. Jika kamu mau melakukan hal ini, terlebih dahulu back-up semua data penting kamu ke komputer atau transfer ke hp lainnya. Berikut cara melakukan reset smartphone, kalau ada hal yang berbeda langkah-langkahnya, tinggal kamu menyesuaikannya, karena disini sebagai contohnya kami menggunakan smartphone yang operasi androidnya Lollipop v5.1.1.

Mengatasi Unfortunately the process com.android.phone has stopped 2
  • Tekan Power + Volume Up + Home secara bersamaan (Setiap hp berbeda-beda versinya, ada yang tekan dari Power + Volume Up secara bersamaan atau ada yang Power + Volume Down).
  • Setelah itu kamu pilih Wipe Data lalu pilih lagi Yes.
  • Lalu Wipe Cache dan Yes.
  • Terakhir kamu pilih Reboot System Now.

Semoga dengan 3 metode diatas, bisa membantu permasalahan yang Anda alami. Kalau masih tidak bisa juga, langkah terakhir menggunakan Flashing, cara flashing ini memang cukup ribet karena harus unduh OS yang sesuai, jika kamu mau melakukan flashing silahkan lihat artikel yang satu ini pada point ke-2, disitu ada cara-caranya. (Baca Juga : Cara Flashing Android Pada Langkah Nomor 2)

Demikianlah ulasan singkat yang semoga bisa dijadikan bahan referensi Anda yang ingin menerapkannya, dengan kejadian Unfortunately The Process com.android.phone Has Stopped Pada Android berharap bisa diatasi dengan baik.

Silahkan berkomentar apabila ada hal yang bingung atau sebagainya, dan mohon maaf apabila berkomentar disertai dengan link akan kami hapus.
Pastikan Anda berkomentar dengan bahasa yang sopan dan bertanya dengan artikel yang tengah terkait, supaya tim kami akan mudah untuk menjawabnya dari pertanyaan teman-teman.
Klik Disini Untuk Melihat EmoticonTutup Lagi