Senin, Juni 11, 2018

5 Cara Mengatasi Handphone yang Terjangkit Oleh Virus

Virus memang salah satu hal yang paling mengerikan, baik virus di dunia nyata maupun virus di dunia teknologi. Virus bisa saja muncul ketika kita lalai dalam merawat smartphone karena tidak selalu mengecek apakah ada salah satu aplikasi yang menyelundup atau tidak, jika hp yang sudah terjangkit oleh virus pasti rasanya kesal sekali ingin download aplikasi antivirus.

Namun bukannya menghilangkan virus justru malah menambah dengan banyak secara otomatis, untuk itu disini kami akan mengatasi persoalan smartphone yang sudah terjangkit oleh virus dengan cara tanpa aplikasi tambahan yang pastinya. Sebelumnya, kita pahami dulu ciri-ciri handphone yang terkena oleh virus.

cara ampuh menghilangkan virus di hp android - feri tekno


Ciri-ciri Handphone yang Terkena Virus

1. Handphone mati dengan sendirinya saat menerima telepon.
2. Handphone terasa lambat atau berat.
3. Batre mudah drop.
4. Paket data atau internet cepat habis tanpa sebab.
5. Ketika searching melalui browser google, selalu ada peringatan tentang virus.
6. Search browser sering kebuka dengan sendirinya.

Penyebab Virus Muncul di Smartphone

1. Mengunduh atau mendownload aplikasi sembarangan dari suatu situs (Lebih baik downloadnya dari google playstore saja).
2. Memakai aplikasi bajakan, bukan dari situs resminya.
3. Perangkat selular yang jarang update, jika jarang update maka virus dengan mudahnya membobol sistem keamanan hp Anda.
4. Sering mendownload aplikasi tanpa mengetahui apakah aplikasi tersebut aman atau tidak.

Nah itu dia ciri-ciri dari handphone yang terkena oleh virus dan penyebab munculnya virus pada hp Anda. Untuk mengatasi handphone yang sudah terjangkit oleh virus, Anda bisa ikuti beberapa langkah dibawah ini.

Cara Menghilangkan Virus di HP Android Tanpa Aplikasi Tambahan


1. Masuk ke Safe Mode

cara ampuh menghilangkan virus di hp android - feri tekno

Langkah pertama untuk menghilangkan hp yang sudah terjangkit oleh virus yakni masuk ke dalam safe mode, dengan masuk ke dalam safe mode, disitu kamu hanya bisa mengendalikan aplikasi bawaan sistem saja.

Ketika di safe mode, kamu bisa menghapus file-file sampah atau biasa dikenal dengan sebutan cache, karena bisa jadi virus berkumpul di cache aplikasi hp kamu. Untuk masuk ke dalam safe mode setiap hp berbeda-beda tergantung versi android yang kamu punya, berikut akan kami jelaskan juga cara membuka safe mode dalam beberapa versi android.

Khusus Untuk Versi Android 4.0 Kebawah :
  • Matikan perangkat Android kamu dengan menshutdown'nya atau matikan daya.
  • Tahan tombol powernya.
  • Ketika muncul logo boot pada layar, disitu kamu buru-buru tahan tombol volume up dan volume down secara bersamaan sampai bootingnya selesai. Dan kalian sudah masuk deh kedalam safe mode, tinggal ikuti saja caranya dibawah ini untuk langkah selanjutnya.

Untuk Versi Android 4.1 Keatas :
  • Tekan tombol power yang lama sampai muncul pop up.
  • Setelah Menu tampil, tahan menu pilihan power off'nya sampai muncul pop up tersebut.
  • Terus pilih OK untuk masuk reboot ke safe mode.

Untuk Versi Android 5.0 :
  • Terlebih dahulu kamu aktifkan opsi pengembangan, caranya kamu ke pengaturan dan tap terus built numbernya sampai beberapa kali di about phone.
  • Tekan yang lama tombol powernya sampai muncul pop up.
  • Kemudian kamu pilih reboot dan pencet Ok.

2. Cek Aplikasi Android

cara ampuh menghilangkan virus di hp android - feri tekno

Setelah kamu ikuti langkah-langkah diatas untuk membuka safe mode, dan sekarang kamu sudah ada di safe modenya, hal selanjutnya ialah kamu cek aplikasi yang sudah diinstall pada hp kamu. Untuk ceknya kamu bisa ikuti langkah-langkah berikut ini, Settings - Apps - pilih Download.

Pada saat di dalam safe mode, aplikasi pihak ketiga tidak terbaca. Namun jika hp sudah terjangkit virus, maka virus tersebut akan terbaca pada aplikasi pihak ketiga.

3. Hapus Virus Pada Aplikasi yang Mencurigakan

cara ampuh menghilangkan virus di hp android - feri tekno

Jika ada salah satu aplikasi yang muncul secara mendadak padahal kamu tidak menginstallnya, hapus aplikasi tersebut pada perangkat smartphone kamu. Dan kalau ada aplikasi yang menurut kamu mencurigakan, hapus juga aplikasi tersebut sebab itu adalah virus.

4. Hapus Akses Administrator Aplikasi Mencurigakan

cara ampuh menghilangkan virus di hp android - feri tekno

Selanjutnya, kamu buka juga menu keamanan untuk melihat apakah ada salah satu aplikasi atau beberapa aplikasi yang diberikan hak izin sepenuhnya oleh kamu. Cara membuka atau mengeceknya kamu bisa ikuti langkah berikut ini, Settings - Security - Device Administrator. Jika ada aplikasi yang mencurigakan, kamu langsung berhentikan hak akses pada perangkat smartphone kamu.

5. Reboot Android

cara ampuh menghilangkan virus di hp android - feri tekno

Kalau kamu sudah melakukan langkah-langkah diatas, coba ikuti cara terakhir yang satu ini yakni melakukan reboot pada Android kamu dan masuk ke normal mode.

Mungkin bagi kalian yang ingin membantu kami dengan menambahkan tipsnya, bisa dong komentar dibawah hehe. Semoga dengan poin-poin diatas mampu membantu Anda yang sedang terjangkit oleh virus smartphonenya, selamat mencobanya ya Mas/Mba.

Klik Disini Untuk Buka Komentar
Tutup Kolom Komentar

2 komentar

Sama-sama Mas Abira :)

Nice info, tq gan :) bermanfaat !

Silahkan berkomentar apabila ada hal yang bingung atau sebagainya, dan mohon maaf apabila berkomentar disertai dengan link akan kami hapus.
Pastikan Anda berkomentar dengan bahasa yang sopan dan bertanya dengan artikel yang tengah terkait, supaya tim kami akan mudah untuk menjawabnya dari pertanyaan teman-teman.
Klik Disini Untuk Melihat EmoticonTutup Lagi