Rabu, Mei 23, 2018

Pengertian dari Framework Beserta Fungsi-fungsinya

Didalam dunia pemrograman komputer pastinya teman-teman tidak asing lagi dong mendengar istilah framework, dan pastinya teman-teman juga ada yang sudah berhasil membuat aplikasi baik berbasis dekstop maupun berbasis smartphone. Namun bagi yang masih awam nih tentang framework  pasti bertanya-tanya itu apa sih? dan juga itu mahkluk jenis apa?, yaa mungkin itulah pertanyaan yang sering dialami oleh orang awam mengenai framework. (Baca Juga : Pengertian dari IP Address dan Fungsi-fungsinya)

pengertian framework dan fungsinya

Pengertian Framework dan Fungsinya


Nah pada kesempatan kali ini Feri Tekno ingin mengulas dalam dunia pemrograman komputer, dan juga pastinya kami akan memberikan fungsi yang terdapat didalamnya untuk mempermudah teman-teman dalam memahami setiap kata. Namun sebelum membahas fungsinya, kita ulas dari pengertiannya terlebih dahulu yaa, beirkut ulasan lengkapnya. (Baca Juga : Pengertian Komputer Server dan Fungsi-fungsinya)



Framework adalah sebuah kerangka kerja yang berguna untuk membantu para developer software dalam membuat atau mengembangkan suatu aplikasi. Dan framework ini berisikan sebuah perintah dan fungsi dasar yang dimana berguna untuk membangun sebuah software aplikasi sehingga diharapkan aplikasi dapat dibuat lebih singkat, tersusun rapih dan lebih terstruktur.

Selain itu ia juga bisa diartikan sebagai komponen pemrograman yang siap jadi untuk digunakan kapan saja, sehingga untuk mengembangkan suatu aplikasi tidak diperlukan lagi dalam membuat script yang sama dan tugas-tugas yang sama. (Baca Juga : Pengertian Komputer Client dan Fungsi-fungsinya)

Dan dimana ada dua jenis framework dalam dunia pemrograman, yang pertama Dekstop Framework dan yang kedua Web Framework, kedua jenis tersebut memiliki fungsi yang berbeda, kalau untuk dekstop framework ia dipakai untuk membuat aplikasi berbasis dekstop sedangkan untuk web framework ia digunakan untuk membuat aplikasi berbasis web. (Baca Juga : Cara Ampuh Menghapus Teman di Line)

Secara umum Framework tersusun dengan struktur MVC (Model View Controller) yang memungkinkan pengembang dapat mengelompokan fungsi-fungsi seperti fungsi input, proses dan output dari sebuah aplikasi. Bagaimana nih teman-teman sudah paham kan mengenai pengertiannya? jika sudah paham mari kita lanjut untuk membahas fungsi yang terdapat didalamnya. (Baca Juga : 5 Cara Mengatasi Flashdisk yang Terjangkit Virus)

Fungsi Framework

  • Mempersingkat waktu dalam proses pembuatan aplikasi baik itu aplikasi jenis Web, Mobile dan Dekstop.
  • Membantu para Developer dalam pembuatan, perencanaan serta pemeliharaan sebuah aplikasi.
  • Aplikasi yang berhasil dibuat akan menjadi lebih baik dan stabil, hal tersebut dikarenakan framework sudah melalui proses uji, baik itu stabilitas dan juga kehandalannya.
  • Membantu para Developer dalam menemukan code yang bermasalah, membaca code pemrograman serta mudah dalam mencari bugs.
  • Memiliki tingkat keamanan yang baik.
  • Serta mempermudah para Developer dalam memdokumentasikan aplikasi-aplikasi yang tengah dibangun.

Mungkin itu saja mengenai pengertian framework serta fungsi-fungsinya, jika ada hal yang bingung atau ada masukan dari teman-teman, kalian bisa berkomentar pada kolom dibawah, nanti tim kami akan menjawab semua pertanyaan dengan waktu singkat, dengan ulasan ini semoga bermanfaat yaa gaess dalam menunjang pengetahuanmu. (Baca Juga : Cara Mudah Mengunci Folder di Data Komputer dengan Coding)

Silahkan berkomentar apabila ada hal yang bingung atau sebagainya, dan mohon maaf apabila berkomentar disertai dengan link akan kami hapus.
Pastikan Anda berkomentar dengan bahasa yang sopan dan bertanya dengan artikel yang tengah terkait, supaya tim kami akan mudah untuk menjawabnya dari pertanyaan teman-teman.
Klik Disini Untuk Melihat EmoticonTutup Lagi