Kamis, Juni 28, 2018

Pengertian dari IP Address dan Fungsi-fungsinya

Bagi teman-teman yang sudah terlalu jauh berkecimpung dalam dunia jaringan komputer tentu sudah mengetahui atau pernah mendengar dari kata IP Address, tetapi bagi sobat lainnya yang masih awal memasuki dunia jaringan pasti akan mencari-cari terkait apa itu IP,

dan bagaimana cara kerja dan fungsinya, serta apa sih arti dari IP itu sendiri? yaa mungkin itu semua yang sedang kamu pertanyakan dalam dirimu. (Baca Juga : Pengertian VPN Beserta Fungsinya)

Nah terkait hal ini, feri tekno ingin sekali berbagi informasi yang tengah kamu cari tersebut, dan disini kami akan mengulasnya mulai dari pengertian dan fungsi-fungsi yang terdapat didalamnya.

Untuk itu silahkan kamu pahami terlebih dahulu mulai dari pengertian baru fungsinya, berikut ulasannya. (Baca Juga : 5 Perbedaan Notebook dan Netbook yang Wajib Kamu Ketahui)

pengertian ip address dan fungsinya

Pengertian IP Address


IP Address ini singkatan dari Internet Protocol Address, yang artinya adalah nomor unik yang berbentuk deretan bilangan binner yang dimana digunakan sebagai mengidentifikasi setiap host dalam sebuah jaringan berbasis TCP/IP.

Karena ip address ini merupakan berisfat bilangan unik, maka tidak ada yang bisa menduplikat atau memiliki dua host yang sama dalam sebuah jaringan. Dan ia terbagi menjadi dua versi, yang pertama yaitu IP Address versi 4 (IPv4) dan memiliki panjang 32 bit, dan yang kedua versi 6 (IPv6) dan memiliki panjang 64 bit. (Baca Juga : Arti Bunyi Beep Pada Komputer Sesuai Merk BIOS-nya)

Kalau untuk ip address versi 4 ia dibagi beragam kelas yakni kelas A, B, C, D dan E yang dimana fungsinya masing-masing berbeda. Pada kelas A, B dan C merupakan alamat unicast yang memiliki karakter pengiriman data satu persatu.

Sementara untuk kelas D, ia memiliki alamat multicast dengan karakter pengirimannya satu untuk beberapa, dan untuk kelas E digunakan sebagai alat eksperimen atau percobaan. (Baca Juga : Cara Membagi Partisi Harddisk Local Disk C, D, E dan Sebagainya)

Di lain tempat, ipv4 ini memiliki kemampuan untuk 4 miliar host saja, dan dalam jumlah yang segitu tentu tidak dapat menampung beberapa host diseluruh Dunia. Nah disitulah ipv6 dibangun untuk menjaga-jaga jika ipv4 sudah tidak kuat untuk menampungnya, karena ipv6 ini tidak memiliki kelas seperti ipv4 yang memiliki kelas-kelas tertentu. (Baca Juga : Pengertian Wireless dan Fungsinya)

Nah dari ulasan diatas merupakan pengertiannya, jika kamu sudah memahaminya silahkan kita lanjut untuk membahas dari fungsi-fungsi yang terdapat didalamnya, berikut ulasannya.

Fungsi IP Address


1. Sebagai Identitas Host dalam Jaringan


Fungsi utamanya adalah sebagai identitas atau alat untuk pengenalan, contoh sederhananya sebagai alamat rumah dalam wilayah kampung atau desa, dengan begitu maka orang akan mudah untuk mengirim sesuatu data supaya cepat prosesnya sampai tujuan tanpa hambatan sama sekali.

2. Mengidentifikasi Skala Jaringan yang Dipakai


Menggunakan alamat ip bukanlah hal yang sepele atau sembarangan, hal tersebut digunakan sebagai memaksimalkan performa jaringan. Dengan begitu teman-teman dengan mudahnya  mengetahui skala jaringan yang tergolong kecil atau tergolong besar.


3. Mengetahui Host yang Terhubung di Jaringan


Fungsi ketiga dari ip adalah mengetahui keberadaan suatu perangkat atau melacak komputer yang sudah terhubung dalam jaringan, jadi teman-teman bisa memantau jumlah host yang terhubung dalam jaringan yang kamu kelola.

4. Sebagai Jejak Pengguna Internet


Banyak sekali cyber crime atau penjahat dalam dunia internet menjadi perhatian khusus bagi pengelola jaringan, dengan begitu kita bisa mengetahui lokasi mereka berada dimana walaupun mereka menggunakan ip luar negeri tetap akan terdeteksi oleh tim ahli dari Indonesia,

jadi jangan coba-coba untuk melakukan tindakan yang kurang baik. Karena orang pintar pasti ada lagi lebih pintar darinya, dan adalagi lebih cerdas darinya. (Baca Juga : 5 Aplikasi Untuk Belajar Coding atau Pemrograman di HP Android)

Mungkin itu saja pengertian dari ip address dan fungsinya, semoga dengan ulasan diatas bisa bermanfaat untuk teman-teman. Jika suka dengan situs ini, teman-teman juga boleh bantu kami share ke media sosial kalian, supaya situs ini kedepannya akan lebih baik berkat bantuan teman-teman yang baik hati terhadap situs Feri Tekno.

Buka Komentar Disini