Selasa, Juni 12, 2018

Pengertian Kabel UTP Lengkap Beserta Fungsi dan Kelebihannya

Bagi kamu yang berkecimpung dalam dunia teknologi khususnya jaringan komputer maka tak asing dong mendengar dari istilah kabel utp, kable ini memang berguna untuk menghubungkan komputer satu dengan komputer lainnya melalui sebuah perangkat jaringan yang terhubung. Dan dalam ulasan kali ini akan kami bahas secara menyeluruh dari kabel utp, mulai dari pengertian kabel utp, fungsi dari kabel utp, jenis dari kabel utp serta kelebihan dan kekurangan dari kabel utp.

Pengertian Kabel UTP


UTP ini kepanjangan dari Unshield Twisted Pair, dari istilah Unshield yang berarti kabel ini tidak dilengkapi dengan pelindung alumunium dan pastinya tidak tahan lama dengan interferensi elektromagnetik. Berbeda halnya dengan STP (Shield Twisted Pair), pastinya kalau STP iya kuat dengan interferensi elektromagnetik. Sedangkan istilah dari Twisted Pair berarti kabel yang saling berlilitan dengan kabel lainnya.

kabel utp - feri tekno

Kabel UTP  dilengkapi dengan 8 buah kabel dengan 5 warna yang berbeda-beda dan setiap warnanya pada kabel tersebut dililit dengan kabel berwarna putih, dan setiap kabel tersebut dililit sehingga tiap pasang warna menjadi 4 buah kabel. Nah fungsi dari lilitan kabel tersebut sangat berguna untuk mengurangi induksi serta kebocoran yang terjadi pada kabel.

Dan perlu kamu ketahui juga, setiap warna yang berbeda-beda pada kabel utp tersebut memiliki fungsinya masing-masing. Berikut fungsinya yang terdapat pada setiap warna di kabel utp :
  • Jingga = Warna jingga atau biasa sering disebut warna oren ini berfungsi sebagai penghantar paket data.
  • Putih - Jingga = Fungsinya sebagai penghantar paket data.
  • Hijau = Kabel yang berwarna hijau ini berguna untuk penghantar paket data.
  • Putih - Hijau = Warna putih hijau ini sama juga fungsinya untuk penghantar paket data.
  • Biru = Nah untuk warna biru ini ia berguna sebagai penghantar paket suara.
  • Putih - Biru = Fungsinya juga sama yakni sebagai penghantar paket suara.
  • Cokelat = Kalau warna cokelat ini berfungsi sebagai penghantar tegangan DC.
  • Putih - Cokelat = Fungsinya sama juga untuk penghantar tegangan DC.

Fungsi dari Kabel UTP


Fungsi dari kabel utp ini digunakan pada jaringan LAN untuk menghubungkan komputer ke komputer atau komputer ke perangkat ataupun dalam jaringan itu sendiri.


Jenis Kabel UTP


Untuk jenis-jenis kabel utp ada yang namanya kabel straight-through, cross-over maupun roll-over. Untuk itu kalian bisa pahami dari penjelasan dari kabel utp yang barusan disebut tersebut.

kabel straigh - feri tekno

Untuk tipe kabel straight through ia ujung warna dari konektor 1 dan konektor 2 sama, contohnya seperti gambar diatas tersebut, warnanya tetap sama tidak ada bedanya. Kabel straight through ini berguna sebagai penghubung dua perangkat yang berbeda, contohnya seperti router ke hub/switch, komputer ke hub dan komputer ke switch.


kabel cross over - feri tekno

Kalau straight through ujungnya sama, beda dengan kabel cross over yang setiap ujung konektor 1 dan konektor 2 berbeda,untuk lebih jelasnya kamu lihat gambar diatas tersebut. Dan kabel cross over berfungsi sebagai penghubung dengan dua perangkat yang sama, contohnya seperti router ke router, hub ke hub, komputer ke komputer dan switch ke switch.


kabel roll over - feri tekno

Dan yang terakhir adalah tipe dari kabel roll over, kalau khusus tipe kabel roll over ini tinggal dibalik saja urutannya antara konektor 1 dengan konektor 2. Kabel ini sama dengan staright through yang berfungsi sebagai penghubung dengan perangkat yang sama, tetapi kalau tipe roll over ini lebih menghubungkan perangkat yang memiliki konsol, contohnya switch dengan proyektor, switch dengan printer.


Kelebihan Kabel UTP

  1. Harga lebih terjangkau dan alat-alatnya mudah untuk didapatkan.
  2. Memiliki ukuran yang kecil.
  3. Sangat mudah dalam proses instalasi, sesuai dengan urutannya yang barusan kami jelaskan pada ulasan diatas.

Kekurangan Kabel UTP

  1. Sangat sensitif terhadap interferensi gelombang elektromagnetik.
  2. Jaraknya hanya mencapai 100m, jika mau menghubungkan perangkat lebih jauh lagi harus menambahkan repeater lagi.

Itulah penjelasan mulai dari pengertian kabel utp, fungsi kabel utp, jenis kabel utp, kelebihan kabel utp serta kekurangan dari kabel utp. Semoga dengan ulasan diatas bisa menjadikan bahan referensi belajar Anda.

Silahkan berkomentar apabila ada hal yang bingung atau sebagainya, dan mohon maaf apabila berkomentar disertai dengan link akan kami hapus.
Pastikan Anda berkomentar dengan bahasa yang sopan dan bertanya dengan artikel yang tengah terkait, supaya tim kami akan mudah untuk menjawabnya dari pertanyaan teman-teman.
Klik Disini Untuk Melihat EmoticonTutup Lagi