Kamis, Mei 24, 2018

Pengertian Komputer Server dan Fungsi-fungsinya

Dalam jaringan komputer pastinya teman-teman sudah mengetahui dong apa itu komputer server, jika bagi kamu yang belum mengetahuinya, kami akan mengulas mengenai server serta fungsi-fungsinya. Tetapi sebelum kami bahas semuanya, jika berkenan silahkan kamu baca pengertian dan fungsi dari komputer client, karena keduanya ini ada keterkaitan yang sangat kental dalam dunia jaringan. (Baca Juga : Pengertian Komputer Client dan Fungsi-fungsinya)

pengertian komputer server dan fungsinya

Pengertian Komputer Server Beserta Fungsi-fungsinya


Setelah kalian membaca pada link diatas mengenai client, berikut pengertian dari komputer server terlebih dahulu, baru membahas fungsi-fungsi yang terdapat didalam server. (Baca Juga : Pengertian Desain Grafis dan Jenis-jenisnya)

Pengertian Komputer Server


Komputer server merupakan sebuah komputer khusus yang digunakan untuk memberikan layanan pada komputer-komputer lain (Komputer client) pada sebuah jaringan komputer. Beberapa contoh layanan yang biasa dilakukan oleh komputer server antara lain Web, FTP, DNS, DHCP, Proxy dan lain sebagainya. (Baca Juga : 5 Aplikasi Untuk Editing Foto di HP Android)

Dan server harus non stop 24 jam untuk melayani komputer lainnya sehingga ia memiliki server yang sangat berat, terlebih lagi juga membutuhkan spesifikasi komputer yang cukup tinggi karena server bersifat sebagai pusat semua jaringan yang saling berhubungan dengan komputer lainnya.

Keberadaan server ini sangat dibutuhkan dalam jaringan, mengapa begitu? karena dengan adanya server mampu menghemat arus listrik pada komputer lainnya. Contoh teman-teman memiliki sebuah printer, nah kamu bisa deh menggunakannya secara bersamaan dengan pengguna lain tanpa harus memindah-mindahkan perangkat tersebut. (Baca Juga : 5 Aplikasi Untuk Belajar Coding atau Pemrograman di HP Android)

Mungkin dari pengertian diatas teman-teman sudah mengetahuinya yaa, untuk itu lanjut untuk membahas fungsi yang terdapat didalamnya, apa aja sih? yuks langsung aja simak ulasannya berikut ini.

Fungsi Komputer Server


1. Sebagai Pusat Data dalam Sebuah Jaringan

Namanya juga server, yaa pastinya ketua dari semua komputer yang saling terhubung dalam satu jaringan (Client). Dengan begitu komputer lain dengan mudahnya bisa saling menukar informasi atau data-data ke komputer lainnya.

2. Sebagai Pelindung dari Serangan Virus atau Malware

Fungsi kedua adalah sebagai pelindung serangan virus terhadap komputer lainnya yang saling berhubung, karena server sebagai pusat hanya serverlah yang mampu bekerja untuk membrantas semua virus yang terdeteksi dijaringan.

3. Pengatur Hak Akses dalam Jaringan

Beberapa layanan mungkin hanya bisa digunakan oleh pengguna tertentu, dengan adanya komputer server kita bisa diatur sesuai dengan pembagian - pembagian yang sudah ditentukan. Misalnya komputer karyawan hanya bisa menggunakan data dan aplikasi tertentu yang tersimpan dalam server, sementara untuk pimpinan bebas aksesnya. (Baca Juga : Pengertian Output Device Komputer Beserta Contohnya)

4. Mengatur Lalu Lintas Jaringan

Fungsi selanjutnya adalah mengatur jaringan yang ada, dengan begitu komputer yang terhubung bisa mengakses internet secara bebas namun harus tetap dalam aturan server yang sudah diterapkan dari servernya.

5. Melayani Permintaan Komputer Server

Salah satu fungsi komputer server adalah melayani permintaan komputer client, sebagai contoh pada saat komputer client terhubung ke jaringan komputer, komputer tersebut akan langsung mendapatkan IP Address tanpa perlu melakukan setting manual, layanan ini disediakan oleh server DHCP. Contoh lainnya ketika pengguna membutuhkan data atau file, komputer server akan langsung memberikan data atau file yang diminta untuk diproses lebih lanjut. (Baca Juga : Pengertian HTTP dan HTTPS Beserta Perbedaannya)

Mungkin itu saja pengertian dari server beserta fungsinya, jika kamu masih ada yang bingung tinggal tanya saja dengan cara berkomentar pada kolom dibawah yang sudah disediakan yaa gaess. Semoga dengan ulasan ini bisa bermanfaat untuk Anda, dan selalu tunggu pada situs ini mengenai ulasan jaringan lainnya.

Buka Komentar Disini