Senin, April 30, 2018

Pengertian WAN (Wide Area Network) dan Fungsi-fungsinya

Bagi sobat Feri Tekno yang sudah cukup lama berkecimpung dalam dunia jaringan maka tak heran arti dan maksud apa itu WAN, namun bagi kamu yang tidak mengetahuinya jangan khawatir dan bingung, kami akan jelaskan secara rinci baik dari pengertian dan fungsi-fungsi yang terdapat didalamnya. (Baca Juga : Pengertian VPN Beserta Fungsinya)

Pengertian WAN dan Fungsinya


Pada ulasan kali ini kami akan menjelaskan mengenai salah satu jenis jaringan komputer yang terbilang cukup populer yang diterapkan oleh perusahaan-perusahaan berskala Nasional dan sampai Internasional yang dikenal dengan istilah WAN. Oke dari pada lama-lama langsung saja simak ulasannya dibawah ini ya gaess, yang mengenai topik pengertian serta fungsinya. (Baca Juga : Pengertian Kabel UTP dan Kabel STP Beserta Perbedaannya)

Pengertian WAN


pengertian wan dan fungsinya

WAN singkatan dari Wide Area Network merupakan salah satu jenis jaringan komputer yang luasnya mencakup satu Negara bahkan satu Benua. Jaringan yang satu ini merupakan gabungan dari jaringan LAN dan jaringan MAN yang dimana wilayahnya dipisahkan oleh geografis. Dan untuk membuat atau membangun jaringan WAN kita harus membutuhkan media transmisi seperti fiber optik, kabel telepon atau juga bisa memakai media satelit. (Baca Juga : Pengertian MAN "Metropolitan Area Network" dan Fungsi-fungsinya)

Biaya yang diperlukan pun juga terbilang cukup besar dan biasanya untuk membangunnya hanya perusahaan yang bekerja sama dengan perusahaan jasa operator telekomunikasi yang khusus menyediakan layanan jaringan. Dan perangkat-perangkat yang dibutuhkan untuk membuat jaringan ini antara lain seperti firewall, switch, modem dan router. (Baca Juga : Pengertian dari IP Address dan Fungsi-fungsinya)

Bagaimana masih sulit untuk memahaminya? jika masih sulit teman-teman juga bisa komentar dikolom paling bawah yaa. Jika sudah paham mengenai dari pengertian diatas, kita lanjut untuk membahas dari fungsi yang terdapat dari Wide Area Network, yuukkss langsung aja disimak lagi yaa.

Fungsi WAN (Wide Area Network)


1. Arus Komunikasi Menjadi Lebih Mudah dan Cepat Walaupun Berbeda Wilayah

Salah satu manfaat dari wan adalah arus komunikasi yang mudah untuk digunakan dan pastinya jaringan sangat cepat untuk mengaksesnya, walaupun berbeda wilayah. Misalnya kantor pusat dan kantor cabang sangat jauh lokasinya sampai dipisahkan oleh Benua, dengan menggunakan jaringan ini maka sangat cepat untuk memberitahu informasi yang terdapat pada kantor tersebut atau kantor-kantor lainnya.

2. Jaringan LAN dan MAN dapat Terintegrasi

Dengan hadirnya jaringan wan ini, yang jaringannya memiliki cakupan lebih kecil mampu dihubungkan dan terintegrasi dalam satu jaringan, dan mempermudah suatu perusahaan untuk mendapatkan informasi terkini.

3. Menghemat Biaya Operasional

Memang dilihat cukup mahal untuk melakukan instalasi, tetapi hal ini sangat murah jika digunakan oleh perusahaan yang dibatasi oleh Negara bahkan sampai Benua, jadi sangat cocok untuk melakukan instalasi bagi perusahaan yang dibatasi oleh 2 hal tersebut, karena termasuk jaringan kategori menghemat biaya operasional.

4. Data dan Informasi Instansi dapat Menerima Lebih Cepat

Walaupun perusahaan yang memiliki banyak kantor tetapi jaraknya saling berjauhan, data ataupun infromasi yang diperlukan oleh karyawan atau pegawai akan cepat masuk atau atau bahasa kerennya uptodate.

5. Terhindar dari Namanya Miskomunikasi

Andai kata perusahaan yang wilayahnya dibatasi oleh Benua, maka informasi yang didapat hanya dilakukan secara manual untuk mendapat atau menerima data dan bahkan bisa terjadinya miskomunikasi, dengan hadirnya jaringan wan ini maka miskomunikasi dapat dicegah dan pastinya miskomunikasi akan hilang perlahan-lahan. (Baca Juga : Pengertian LAN "Local Area Network" Beserta Fungsi-fungsinya)

Itulah ulasan diatas yang mengenai dari pengertian wan dan sampai fungsi dari wan, semoga dengan ulasan-ulasan diatas bisa membantu teman-teman yang sulit untuk mencari tahu apa itu wan dan apa saja sih fungsinya, semoga semua ulasan itu bermanfaat untuk kamu yaa gaess.

Silahkan berkomentar apabila ada hal yang bingung atau sebagainya, dan mohon maaf apabila berkomentar disertai dengan link akan kami hapus.
Pastikan Anda berkomentar dengan bahasa yang sopan dan bertanya dengan artikel yang tengah terkait, supaya tim kami akan mudah untuk menjawabnya dari pertanyaan teman-teman.
Klik Disini Untuk Melihat EmoticonTutup Lagi