Rabu, Mei 30, 2018

5 Perbedaan Notebook dan Netbook yang Harus Kamu Ketahui

Seiring berjalannya waktu, kini komputer sudah bisa dibawa kemana saja dan bisa dioperasikan diberbagai tempat yang kita mau. Tentunya yang dimaksud bukan komputer yang memiliki ukuran berat dan tidak praktis, melainkan sebuah perangkat komputer yang bisa dibawa kemana saja, alias komputer jinjing, atau banyak orang yang menyebutnya notebook atau laptop.

Laptop di era sekarang ini memang lebih banyak yang menggunakannya dibanding komputer dekstop atau pc, karena laptop lebih praktis, hemat biaya dan pastinya hemat listrik dan tidak harus mencoloknya ke daya arus listrik berjam-jam. (Baca Juga : Mengatasi Layar Komputer yang Terbalik)

Tetapi tahukan kamu bahwa laptop atau notebook memiliki dua device yang sama namun berbeda, yang perangkatnya lebih kecil dan biasa disebut dengan istilah netbook. Mungkin itulah yang sedang kamu cari-cari dari antara perbedaan notebook dan netbook, dari pada kalian pusing-pusing menyari perbedaan, Feri Tekno akan menjawab semua pertanyaan-pertanyaan Anda terkait istilah notebook dan netbook.


Perbedaan Notebook dan Netbook


Istilah Netbook ini mengacu pada kata "Internet" dan "Book", mungkin kata laptop sering mengacu ke kalimat notebook, dan sedangkan kalimat netbook sering mengacu pada kalimat notebook, dan sebaliknya juga seperti itu. Untuk itu akan kami kupas semua istilah-istilah tersebut yang selalu kalian pikirkan perbedaannya, kami akan uraikan menjadi 5 bagian untuk menjelaskan perbedaan dari kedua perangkat tersebut, supaya kalian dengan mudah untuk memahaminya satu-persatu.

1. Dimensi Layar



Jika dilihat dari dimensi layar antara notebook dan netbook sangatlah mudah dan salah satu cara paling jitu untuk membandingkannya. Jika dimensi layarnya 12-17 inch itu umumnya adalah Notebook, sedangkan komputer jinjing yang dimensinya 7-10 inch adalah Netbook.

Namun sayangnya, seiring berjalannya masa keluarlah yang namanya smartphone atau tablet, sehingga popularitas netbook menjadi turun. Jadi sangat sulit jika kita ingin menemukan netbook yang berukuran dimensi 7-10 inch, dan sudah tergantikan netbook ini dengan gadget-gadget masa kini yang harganya juga jauh lebih terjangkau.

2. Berat


perbedaan notebook dan netbook 2

Netbook memiliki dimensi lebih kecil, maka bobot beratnya pun pastinya lebih ringan dibandingkan notebook yang agak beratan dikit. Tetapi banyak juga notebook yang keluaran baru didesain yang 12 inch sudah memiliki bobot yang ringan, namun masih tetap menangan netbook jika dibandingkan masalah ringan.

3. Munculnya DVD


perbedaan notebook dan netbook 3

Dengan adanya DVD, itu salah satu faktor yang bisa kita bedakan antara netbook dan notebook. Kalau untuk netbook, ia tidak ada perangkat DVD-nya karena ia memiliki dimensi yang kecil dan tipis, sedangkan untuk notebook ia ada. Tetapi harus kamu ketahui, walaupun dijaman sekarang ini desain-desain notebook rata-rata tipis, ia tetap ada fitur DVD-nya.

4. Processor


perbedaan notebook dan netbook 4

Pada umumnya, netbook hanya berfungsi sebagai alat pengetikan dan berinternetan saja. Maka sudah jelas netbook memiliki processor yang masih kelas bawah, sedangkan untuk notebook ia sudah bisa untuk bermain games-games berat sesuai dengan processor yang tertanam. (Baca Juga : Pengertian Processor, Fungsi dan Jenisnya)

Jadi mulai dari segi ini kalian sudah paham, dan jika belum tau bagaimana mau melihat spesifikasinya, kalian bisa baca pada artikel yang satu ini. (Baca Juga : Cara Melihat Sistem Operasi dan IP di Komputer dengan Mudah)


5. RAM


perbedaan notebook dan netbook 5

Netbook pada awalnya muncul sekitar tahun 2007 atau 2008 dengan RAM yang masih 512MB sampai dengan 1GB. Dan netbook memproduksi RAM yang tertanam hanya sampai 2GB saja, tetapi karena sekarang sudah maju pesat dalam windows, maka menggunakan windows 10 masih kurang dengan RAM segitu. Dan ada salah satu produk yang maju pesat dalam mengolah netbook, yakni Asus. (Baca Juga : Arti Bunyi Beep Pada Komputer Sesuai Merk BIOS-nya)

Dan itu hanya sampai 4GB saja, selebihnya sudah tidak ada lagi selain Asus. Sedangkan untuk notebook ia sudah beragam RAMnya, mulai dari 2GB, 4GB, 8GB, 16Gb sampai 32GB.

Jadi istilah Laptop ini masih bisa dibilang Notebook dan juga bisa dibilang Netbook, mungkin dengan 5 perbedaan diatas mampu membantu Anda dalam menentukan antara netbook dan notebook. Mungkin itu saja cara membedakan notebook dan netbook, jika ada kritikan dari teman-teman atau masukan lainnya, bantu kami dengan cara komentar pada kolom dibawah yaa.

Klik Disini Untuk Buka Komentar
Tutup Kolom Komentar

Silahkan berkomentar apabila ada hal yang bingung atau sebagainya, dan mohon maaf apabila berkomentar disertai dengan link akan kami hapus.
Pastikan Anda berkomentar dengan bahasa yang sopan dan bertanya dengan artikel yang tengah terkait, supaya tim kami akan mudah untuk menjawabnya dari pertanyaan teman-teman.
Klik Disini Untuk Melihat EmoticonTutup Lagi