Selasa, Juni 12, 2018

10 Cara Membedakan HP Xiaomi yang Asli Dengan yang Palsu

Ketika ada salah satu produk yang lagi booming-boomingnya di Dunia, pasti ada saja yang namanya memalsukan barang atau biasa disebut dengan KW, hal ini juga terjadi pada hp xiaomi, karena hp xiaomi belakangan ini salah satu hp yang super murah namun spesifikasinya sangat dahsyat.

Di Indonesia hp xiaomi lokasi service centernya memang masih terbatas tidak seperti merk hp lainnya, namun bukan berarti hal tesebut tidak laku, justru dengan kehadiran brand xiaomi membuat para pecinta gadget saling berburu untuk mendapatkan hp xiaomi apalagi kalau ada keluaran yang terbaru.

Baca Juga : Cara Beli HP Hasil COD yang Benar Supaya Tidak Dibohongi
Baca Juga : Mengatasi Tidak Muncul "USB Debugging" di HP Xiaomi

Saking populernya di kalangan masyarakat, sayangnya ada salah satu oknum yang membuat hp xiaomi tetapi bukan dari pihak xiaomi asli melainkan ia buat sendiri hp tersebut. Tentu dengan kehadiran para oknum-oknum inilah yang membuat resah para penggila gadget takut untuk membeli produk xiaomi.

tips membedakan hp xiaomi yang asli dengan yang palsu - feri tekno

Dan lebih nahasnya lagi, dari kedua bentuk tersebut memiliki ciri-ciri yang sama dari tekstur bentuk, sehingga bagi orang awam sangat sulit untuk membedakan mana yang produk asli dan mana yang produk palsu. Untuk itu di artikel ini akan kami kupas permasalahan tersebut, sehingga bagi Anda yang masih awam tentang hp xiaomi jangan takut untuk beli lagi karena akan kami ulas disini perbedaannya antara asli dengan yang palsu.


Perbedaan HP Xiaomi yang Asli dan Xiaomi yang Palsu


1. Silahkan di Cek Fisik HP Xiaominya

tips membedakan hp xiaomi yang asli dengan yang palsu - feri tekno

Langkah pertama yang bisa kamu lakukan adalah mengecek dari kondisi fisik hp tersebut, secara umumnya semua hp sangat mudah untuk mengecek produk tersebut palsu atau tidak dari tampilan belakang casingnya, terutama pada hp xiaomi. Kalau untuk hp xiaomi yang asli, ia akan terlihat garansi, sertifikasi replacement dan kode keamanan. Sedangkan xiaomi yang palsu, pada bagian belakangnya akan terlihat blur.

Selain dari blur pada casing belakang, xiaomi palsu juga pada ujung kotaknya tidak terlalu tajam dan jika dilihat dari garansinya terlihat seperti murahan. Jika sudah melihat tanda-tanda xiaomi palsu tersebut, segeralah Anda cari toko lain yang benar-benar menjual xiaomi asli.

2. Coba Kamu Cek Secara Online

tips membedakan hp xiaomi yang asli dengan yang palsu - feri tekno

Cara selanjutnya yakni kamu bisa melihat xiaomi itu palsu atau asli secara online, maksudnya kamu bisa melihatnya hanya dengan MI Verification, klik Disini untuk ke situs mi verifications. Kamu bisa mengakses link yang barusan kami kasih melalui browser komputer ataupun browser pada hp lain (Bukan hp xiaomi yang ingin kamu cek).

Setelah kamu buka link tersebut terdapat qr code, nah kamu pindai atau scan qr code tersebut pada hp kamu. Nanti kamu akan diminta untuk mendownload aplikasinya, kamu install saja aplikasi tersebut dan pastinya nanti ada notifikasi kamu setujui saja untuk memberi hak akses sepenuhnya. Dan setelah diinstal nanti kamu akan mengetahui bahwa itu xiaomi asli atau palsu.
Untuk xiaomi generasi-generasi awal, seperti xiaomi redmi 1s dan redmi 2, ia tidak mendukung pada QR Code tersebut.

3. Mengeceknya dengan Cara Factory Reset

tips membedakan hp xiaomi yang asli dengan yang palsu - feri tekno

Jika kamu membeli hp xiaomi tipe-tipe tertentu dan dihargai dengan harga sangat murah oleh si pelapak atau penjual, kamu harus teliti apakah benar ia menawarkan dengan spesifikasi yang benar atau palsu. Contohnya, xiaomi redmi 4a rata-rata harganya hanya 1,3 juta keatas, nah kalau si pelapak jatuhin harga dibawah 900 ribu itu harus waspada, takutnya kamu dikasih hp yang spesifikasinya abal-abal.

Cara ini bisa kamu lakukan tetapi sedikit ngeri sih, yakni dengan cara factory reset atau menghapus semua data-data yang ada untuk mengembalikan ke data-data awalnya. Maka setelah kamu melakukan factory reset, secara otomatis semua sistem dan aplikasi akan terhapus dan kembali laig seperti semula.

4. Lihat Sistem Operasi Pada HP Tersebut

tips membedakan hp xiaomi yang asli dengan yang palsu - feri tekno

Setiap tipe xiaomi pasti memiliki aplikasi MIUI, kalau untuk xiaomi yang asli pasti ketika kamu buka aplikasi tersebut mendapatkan versi yang stabil. Namun jika kamu cek aplikasi tersebut dan mendapatkan versi beta, sudah jelas itu merupakan xiaomi yang palsu dan menggunakan ROM MIUI abal-abal. Untuk kamu yang tidak mengetahui versi miui pada setiap tipe xiaomi, kamu bisa cek di websitenya juga, apakah benar miui tersebut sesuai dengan versi yang kamu dapat atau tidak.

5. Cek Kondisi Baterai

tips membedakan hp xiaomi yang asli dengan yang palsu - feri tekno

Cara ini juga bisa kamu terapkan, coba kamu lihat pada baterai xiaomi tersebut, jika baterai xiaominya berwarna oren, berarti beanr xiaomi tersebut merupakan yang asli. Karena secara umumnya baterai xiaomi memang berwarna oren walaupun tipenya beda-beda. Jika baterainya berwarna lain kamu patut untuk mencurigai, takutnya xiaomi tersebut merupakan yang palsu.

Dan juga lebih akuratnya lagi, kamu cek kapasitas baterainya sesuai dengan yang dikardus atau tidak, jika tidak sesuai walaupun berbeda hanya beberapa kapasitas, mending enggak usah kamu beli xiaomi tersebut, cari toko yang lain saja.

6. Cek IMEI dan Serial Number

tips membedakan hp xiaomi yang asli dengan yang palsu - feri tekno

Apapun tipenya, pasti setiap hp memiliki imei dan serial number, seperti hp xiaomi juga. Coba kamu cek apakah sama imei dan serial number pada body hp tersebut dengan sistemnya atau tidak. Dibagian pengaturan xiaomi juga ada informasi soal imei pada perangkat tersebut, caranya kamu pergi ke Settings - Tentang Ponsel - IMEI. Dan kamu juga bisa loh!, mengecek imei di website resmi xiaomi, klik Disini. jika nomor Imei hp tersebut berbeda dengan imei yang ada dibodi hp atau disitus xiaomi, sudah pasti banget itu xiaomi palsu.

7. Cek Kondisi Layar HPnya

tips membedakan hp xiaomi yang asli dengan yang palsu - feri tekno

HP Xiaomi yang asli dan palsu sudah pasti sangat berbeda pada tampilan layarnya, kalau untuk xiaomi yang asli ia layarnya tampak cerah dan jernih, sedangkan yang palsu layarnya pasti berwarna kekuning-kuningan. Untuk mengeceknya coba kamu tonton video pada hp tersebut dengan contrast yang tinggi, dan bedakan dengan xiaomi yang benar-benar asli dengan hp yang kamu uji tersebut.

8. Hasil Foto Berbeda

tips membedakan hp xiaomi yang asli dengan yang palsu - feri tekno

Jika hasil foto yang kamu jepret memiliki resolusi yang berbeda dengan xiaomi asli (Tetapi spesifikasinya harus sama ya! kalau mau diuji, karena setiap tipe memiliki resolusi yang berbeda-beda), kalau sangat jauh hasil jepretannya sama xiaomi yang jelas-jelas asli, itu bisa saja xiaomi yang palsu. Tetapi perlu kamu ingat!, jepretan fotonya harus sama ya saat diuji.

9. Cek dengan Akses MI Recovery

tips membedakan hp xiaomi yang asli dengan yang palsu - feri tekno

Cara yang kesembilan ini yaitu silahkan kamu cek dari mi recovery, cara memunculkan mi recovery kamu tekan Volume Up dan Power secara bersamaan, nah pasti setelah loading akan muncul untuk menampilkan bahasa antara bahasa china dan english. Kalau untuk xiaomi palsu ketika kamu melakukan hal itu, ia tidak akan muncul pemilihan bahasa dan langsung ke prosesnya, itu bisa jadi xiaomi abal-abal.

10. Beli di Toko Xiaomi Resmi

tips membedakan hp xiaomi yang asli dengan yang palsu - feri tekno

Langkah terakhir yang paling josss banget, lebih baik beli di toko xiaomi yang asli. Untuk menentukan toko xiaomi yang asli, biasanya di toko tersebut banyak spanduk xiaomi dan tidak ada spanduk merk hp lainnya. Namun kamu juga harus waspada untuk belinya di toko tersebut karena bisa saja ada salah satu karyawan yang kacau, untuk menentukan itu barang palsu atau asli silahkan kamu terapkan lagi pada 9 cara diatas tersebut.

Mungkin dari penjelasan yang telah kami kupas satu persatu diatas, bisa menjadi bahan referensi bagi Anda, jika ada hal yang kurang berkenan atau ada masukan lainnya, bantu kami dengan cara berkomentar dibawah ya gaess.

Klik Disini Untuk Buka Komentar
Tutup Kolom Komentar

Silahkan berkomentar apabila ada hal yang bingung atau sebagainya, dan mohon maaf apabila berkomentar disertai dengan link akan kami hapus.
Pastikan Anda berkomentar dengan bahasa yang sopan dan bertanya dengan artikel yang tengah terkait, supaya tim kami akan mudah untuk menjawabnya dari pertanyaan teman-teman.
Klik Disini Untuk Melihat EmoticonTutup Lagi