Jumat, Maret 09, 2018

Cara Masuk dan Keluar Mode Fastboot Pada HP Xiaomi di Semua Tipe

Cara Masuk Maupun Keluar Fastboot Pada Handphone Xiaomi Semua Tipe - Fastboot mode ini merupakan istilah smartphone yang hanya terdapat pada OS Android, mungkin istilah fastboot ini bukanlah hal yang jarang didengar bagi kalian yang sering melakukan atau membaca tutorial rooting ataupun cara install custom firmware, pastinya akan memahami apa itu fastboot mode.

Namun bagi orang yang baru menggunakan android pasti akan bingung apa sih itu fastboot mode dan makhluk jenis apa sih sebenarnya dan bagaimana juga untuk melakukannya?, yaa mungkin itulah pertanyaan yang sering ditanyakan oleh orang awam mengenai dunia gadget android. Jika kamu belum mengetahui dari pengertiannya, kami akan mengulasnya dari pengertiannya serta kelebihannya supaya kamu bisa memahami kedepannya. (Baca Juga : Cara Menyembunyikan File di HP Xiaomi Tanpa Aplikasi Tambahan)

Pengertian Fastboot Mode


Fastboot mode ini adalah protokol yang dipakai untuk melakukan flashing atau partisi ulang pada gadget android atau maksudnya untuk memperbarui sistem flash pada perangkat android. Fastboot mode ini merupakan alat yang diciptakan dalam paket Android SDK atau Software Development kit yang dimana memiliki fungsi guna untuk melakukan mempermudah penggunanya dalam recovery maupun instalasi update.

Kelebihan Fastboot Mode


Ketika kita didalam situasi fastboot mode, kita bisa melakukan pengubahan pada file image ROM yang bisa kita sambungkan ke lubang USB yang pastinya lebih cepat prosesnya dari pada melakukan update ataupun recovery. Caranya sangatlah mudah sekali, kalian cukup hubungkan handphonemu ke usb komputer dan disitu kita bisa melakukan update, flashing maupun recovery image.

Cara Melakukan Mode Fastboot di Handphone Xiaomi


cara melakukan fastboot mode di handphone xiaomi

Penasaran bagaimana cara melakukan fastboot mode? Nih kami akan menjabarkannya menjadi dua bagian dan bisa kalian coba satu-persatu, serta cara keluar dari mode fastboot-nya juga.

1. Cara Masuk Fastboot Mode Melalui Command Prompt


Sebelum melakukannya, kalian harus membutuhkan persiapan serta bahan-bahan yang dibutuhkannya, nih akan kami jelaskan juga supaya kalian ndak nanya-nanya atau tidak paham nantinya.

Persiapannya :
  • Siapkan kabel USB yang masih berfungsi, yang dimana nantinya akan kita gunakan untuk menghubungkannya ke komputer.
  • Laptop ataupun PC yang menggunakan OS Windows 7 keatas (Tetapi untuk itu sebenarnya saya kurang tau bisa atau tidak kalau pakai OS lain, namun lebih baiknya pakai OS Windows saja, kalau ndak punya yaaa kamu ke warnet saja main sebentar).
  • Sudah harus mengaktifkan USB Debugging pada hp kamu.

Alat-alat yang dibutuhkan :

Langkah-langkah Melakukan Fastboot Mode :

Pertama, sambungkan kabel USB ke komputer supaya xiaomi kamu bisa saling terhubung.

Kedua, selanjutnya kamu masuk ke folder c:\adb (Cari-cari aja sampai ketemu folder itu).

Ketiga, ketika sudah masuk ke foldernya, kamu tekan Klik Kanan + Shift secara bersamaan di bilah-bilah yang kosong dan pilih Open command window here.

cara melakukan fastboot mode di handphone xiaomi 2

Keempat, nanti akan muncul jendela cmd nya, habis itu kamu ketik perintah adb devices lalu tekan Enter. Yang dimana berfungsi untuk memastikan apakah kamu terkoneksi dengan mode ADB atau tidak, jika terkoneksi akan muncul kode-kode acak seperti gambar dibawah ini. (Misalkan tidak terkoneksi, akan muncul kalimat Unauthorized. Dan untuk mengatasinya pastikan kamu sudah mengaktifkan usb debugging serta drivernya terpasang dengan benar).

cara melakukan fastboot mode di handphone xiaomi 3

Kelima, habis itu kamu lihat smartphone kamu pasti ada notifikasinya, disitu ia meminta hak izin untuk menelusuri sistem smartphone kamu, yaa kamu tinggal pilih OK saja.

cara melakukan fastboot mode di handphone xiaomi 4

Keenam, selepas itu kamu ulangi lagi langkah keempat untuk mengetik perintah adb devices pada cmdnya, sampai muncul pesan attached.

Ketujuh, jika sudah terdeteksi, saatnya kamu masuk ke fastboot mode-nya dan ketik perintah adb reboot bootloader lalu tekan Enter pada keyboard.

Kedelapan, secara otomatis smartphone kamu sudah masuk deh ke mode fastbootnya. Supaya memastikan sudah masuk atau belum kamu bisa mengeceknya dengan mengetik perintah fastboot devices , misalkan terdeteksi akan muncul kode-kode acak kurang lebih seperti ini.

cara melakukan fastboot mode di handphone xiaomi 5

Kesembilan, selesai deh dan kamu bebas mau ngapain aja di mode fastboot itu. Jika ingin keluar kamu bisa baca pada ulasan ini dibagian paling bawah.

2. Masuk Mode Fastboot dengan Kombinasi Tombol Fisik


Pertama, cara ini sangat mudah karena tanpa memerlukan software tambahan ataupun komputer, kamu cukup melakukan shutdown atau mematikan smartphone kamu itu, selepas itu nyalakan kembali dengan menekan tombol Power + Volume Down secara bersamaan sampai beberapa saat. Misalkan ndak bisa power + volume down, berarti xiaomi kamu agak sedikit berbeda, coba dengan menekan tombol Power + Volume Up secara bersamaan.

cara melakukan fastboot mode di handphone xiaomi 6

Kedua, sampai muncul logo fastboot seperti ini, baru kamu lepaskan tombolnya. Dan kamu sudah berada deh di modenya, dan selanjutnya bebas kamu mau ngapain aja disitu.

cara melakukan fastboot mode di handphone xiaomi 7

Ketiga, seperti yang sudah saya bilangkan diatas, karena setiap versi xiaomi tak selalu sama, coba kamu tekan tombol Power + Volume Up secara bersamaan sampai muncul seperti gambar dibawah ini baru boleh kamu lepas tekanan tombolnya. Dan disitu akan muncul bahasa China, yaa kamu cari saja arti dari Fastboot atau mengandung kata-kata fastbootnya. (Baca juga : Arti Tulisan Recovery Mode Android Dalam Bahasa China)

cara melakukan fastboot mode di handphone xiaomi 8

Keempat, nanti device akan merestartnya sendiri dan kamu tinggal tunggu saja sampai masuk ke mode fastboot. Selesai deh, mudah kan? hehe.
Saya pribadi lebih suka cara yang pertama, karena cara yang kedua ini mayoritas ada yang bisa dan ada yang tidak, untuk kamu yang tidak bisa walaupun sudah menekan tombol ini itu, yaa pakai cara pertama saja.


3. Cara Keluar Mode Fastboot


Pertama, untuk cara manual kamu bisa menekan tombol Power yang lama sampai smartphone kamu mati sendiri dan masuk ke homescreen lagi.

Kedua, kalau untuk cara otomatis kamu juga bisa mengetik perintah fastboot reboot dan nanti akan merestartnya sendiri sampai ia nyala ke-homescreen lagi.

cara melakukan fastboot mode di handphone xiaomi 10


Selesai deh ulasan kali ini mengenai cara masuk atau keluar fastboot mode di hp xiaomi, dan seperti sudah yang saya bilang, cara pertama dijamin sangat ampuh hehe. Semoga bermanfaat yaa gaes, dan selamat juga untuk mencobanya. (Baca Juga : Cara Cek Kecepatan Internet di HP Xiaomi)

Klik Disini Untuk Buka Komentar
Tutup Kolom Komentar

Silahkan berkomentar apabila ada hal yang bingung atau sebagainya, dan mohon maaf apabila berkomentar disertai dengan link akan kami hapus.
Pastikan Anda berkomentar dengan bahasa yang sopan dan bertanya dengan artikel yang tengah terkait, supaya tim kami akan mudah untuk menjawabnya dari pertanyaan teman-teman.
Klik Disini Untuk Melihat EmoticonTutup Lagi