Selasa, Mei 22, 2018

2 Cara Membersihkan Cache yang Terdapat di HP Android

Cara Mudah Menghapus File Cache di Handphone Android - File cache yang terlalu banyak menumpuk merupakan faktor yang sangat berbahaya bagi kelangsungan kinerja ponsel android terutama, dan cara yang tepat untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan menghapus file cachenya.

Dan banyak juga pengguna smartphone tidak terlalu memperhatikan cache pada aplikasi mereka, dan banyak yang beranggapan jika terjadi lemot pada ponselnya ia malah melakukan reboot atau restart hp android supaya menjadi lancar kembali.

Padahal cara tersebut salah besar, memang sih awalnya akan lancar namun berselang kemudian akan kembali lagi lemotnya akibat file cache yang terlalu banyak menumpuk pada setiap aplikasi. File cache juga terdapat di komputer, namun pada ulasan ini kami hanya membagi tips sederhana untuk menghapus file cache pada smartphone saja. (Baca Juga : Cara Memunculkan Aplikasi yang Tersembunyi di Handphone)

Cara Menghapus Cache yang Menumpuk di Handphone


Disini kami akan membeberkannya menjadi dua bagian yang dimana bisa menggunakan cara manual atau juga bisa menggunakan cara otomatis menggunakan aplikasi, dan kalian bebas mau pilih yang mana untuk membersihkannya, yaa namun saran kami lebih baik menggunakan bantuan aplikasi dari playstore saja. Dah dari pada bingung jelasin sana jelasin sini, mending langsung aja cappcuss ke kasusnya saja.

1. Menghapusnya dengan Cara Manual


Menghapus dengan cara yang satu ini cukup ribet juga karena kalian harus satu-persatu menghapusnya pada setiap aplikasi baik yang terinstall ataupun yang bawaan dari androidnya itu sendiri. Sebagai contohnya disini kami menggunakan hp merk Oppo dan versi OS nya v5.1.1, jika ada sedikit perbedaan baik itu tata letak ataupun kata-katanya, tinggal kalian sesuaikan saja sendiri yaa.

1. Langkah awal kamu buka Menu Setelan atau Settings - kemudian kamu pilih pada opsi Setelan Tambahan - lalu pilih lagi opsi Manajemen Aplikasi.

cara menghapus file cache di aplikasi smartphone

2. Selepas itu pilih satu aplikasi yang ingin dihapus file cachenya, sebagai contohnya saya pilih aplikasi facebook. Selepas itu kalian bisa langsung pilih Hapus Cache, dan tunggu kurang lebih 10 detik akan selesai deh proses penghapusannya.

cara menghapus file cache di aplikasi smartphone 2

3. Dan lakukanlah pada setiap aplikasi yang ada pada smartphone kamu satu persatu, selesai deh.

2. Membersihkannya dengan Bantuan Aplikasi


Cara inilah yang kami sarankan untuk kamu karena sangat akurat untuk menghapusnya, apalagi jika handphonemu sudah memiliki aplikasi bawaannya, seperti halnya hp xiaomi yang sudah ada aplikasi pembersih cache bawaan sistemnya. Namun jika hp mu tidak memiliki aplikasi seperti itu, kamu bisa langsung download saja di google playstore dan disana sangat tersedia banyak sekali. (Baca Juga : Mengatasi Handphone yang Terjangkit Oleh Virus)

1. Pertama kamu harus download aplikasi pembersih cache, sebagai contohnya saya ingin pakai aplikasi Clean Master, jika kalian ingin menggunakannya juga silahkan langsung download aja di playstore atau juga bisa dari link ini untuk menuju ke playstorenya langsung https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cleanmaster.mguard&hl=in

cara menghapus file cache di aplikasi smartphone 3

2. Apabila kamu sudah mengunduhnya, kamu bisa langsung buka aplikasinya dan pilih Berkas Sampah supaya semua file cachenya akan diseleksi dan disitu kamu tunggu saja sampai prosesnya selesai. Jika prosesnya sudah selesai kamu bisa langsung pilih tombol Bersihkan Sampah, selesai deh.

cara menghapus file cache di aplikasi smartphone 4

3. Selain itu kamu juga bisa memindai virus, menghemat daya dan mempercepat kinerja ponsel. Jika kalian tertarik ingin mencobanya bisa langsung capcuss install aja aplikasinya ke playstore yaa gaess, dan selamat deh kalian coba-coba. (Baca Juga : Mengatasi Google Playstore yang Tidak Bisa Terbuka atau Error)

Tips Sedikit :

Selain aplikasi Clean Master, masih ada beberapa aplikasi yang kami rekomendasikan jika kalian ingin mencobanya silahkan, jika hanya nyaman dengan aplikasi diatas yaa ndak papa. (Baca Juga : Cara Mengatasi Download yang Sering Tertunda atau Gagal di Playstore)
  1. The Cleaner Speed Up Clean.
  2. AVG Cleaner.
  3. DU Speed Booster.
  4. Cleaner Master Optimizer Free.
  5. Ccleaner.
  6. Dan masih banyak lagi.

Mungkin itu saja mengenai cara membersihkan file cache di smartphone kesayangan kamu, jika artikel ini bermanfaat untuk kalian bolehlah bantu kami juga untuk membagikannya ke media sosial.

Dan jika teman-teman ada pertanyaan atau ada kritik lainnya, teman-teman bisa langsung komentar saja dikolom bawah ini, nanti tim kami akan menjawabnya dengan cepat asalkan teman-teman bertanya dengan artikel yang tengah terkait serta menggunakan bahasa yang sopan, selamat untuk mencobanya yaa.

Silahkan berkomentar apabila ada hal yang bingung atau sebagainya, dan mohon maaf apabila berkomentar disertai dengan link akan kami hapus.
Pastikan Anda berkomentar dengan bahasa yang sopan dan bertanya dengan artikel yang tengah terkait, supaya tim kami akan mudah untuk menjawabnya dari pertanyaan teman-teman.
Klik Disini Untuk Melihat EmoticonTutup Lagi