Rabu, Juni 13, 2018

4 Rahasia Cara Mengetik Cepat dengan 10 Jari Tanpa Melihat Keyboard

Pernah enggak sih kamu selalu berkhayal ingin memiliki kemampuan untuk mengetik cepat dengan 10 jari, dan pastinya ingin juga rasanya tanpa harus melihat keyboard. Mungkin hal ini sangat dibutuhkan di masa depan dalam dunia kerja, terlebih lagi perihal ini pastinya akan menjadi salah satu syarat wajib jika kalian ingin bekerja dikantoran.

Yaa mungkin memang kamu merasa kurang yakin ingin bisa dan enggak mungkin juga jika belajar pasti akan membayar guru private yang cukup mahal juga, tetapi tenang aja yaa gaess. Kali ini Feri Tekno akan membeberkan semua rahasia-rahasia untuk metode pengetikan pada keyboard dengan 10 jari dan pastinya dijamin kalian pasti bisa!.

Cara Mengetik Cepat dengan 10 Jari


Semua khayalan yang selama ini kamu dambakan akan hilang, karena apa? karena kami akan membongkar guru-guru private pengetikan dalam melakukan metode pelajarannya. Penasaran bangetkan kalian ingin tau seperti apa sih metodenya, yukkss langsung aja nih capcuss. (Baca Juga : Cara Memperbaiki Keyboard Laptop yang Error)

1. Papan Posisi dan Fungsi Jari Pada Keyboard


rahasia metode ngetik cepat dengan 10 jari

Langkah pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan posisi letak jari pada keyboard, jadi kalau kalian ingin mengetahui peletakkan jarinya harus berada di posisi keyboard dengan posisi tengah dan akurat. Maksudnya jari-jari telunjuk kamu wajib berada di keyboard F dan keyboard J.

Fungsi tersebut supaya lebih akurat saat melakukan pengetikan dan juga sebagai pengingat wilayah antara kiri dan kanan, kurang lebih kalian bisa lihat pada gambar dibawah ini. Dan kalian lihat pada warna yang beda dan warna yang sama, jika warnanya sama dengan jari pada keyboardnya, berarti itu adalah wilayahnya.

rahasia metode ngetik cepat dengan 10 jari 2

  • Telunjuk Kiri : Mengetik huruf F, R, V, G, T, B, 4, dan 5.
  • Tengah Kiri : Mengetik huruf E, D, C, dan 3.
  • Manis Kiri : Mengetik huruf W, S, X, dan 2.
  • Kelingking Kiri : Mengetik tombol bagian kiri seperti A, Q, Z, 1, Tab, Caps Lock, Shift, Ctrl, Alt.
  • Jempol Kiri : Mengetik kunci sabuk. Gunakan bersilang dengan jempol kanan.
  • Telunjuk Kanan : Mengetik huruf J, H, Y, U, N, M, 6, dan 7.
  • Tengah Kanan : Mengetik huruf I, K, Koma (,) atau tanda lebih kecil (<), dan 8.
  • Manis Kanan :  Mengetik huruf L, O, 9, dan titik (.) Atau tanda lebih besar (>).
  • Kelingking Kanan : Mengetik tombol pada bagian kanan seperti P, titik koma (;), petik ("), Enter, dan tombol selain yang yang sebelumnya.
  • Jempol Kanan : Mengetik kunci sabuk. Gunakan bersilang dengan jempol kiri.

2. Atur Posisi Duduk yang Nyaman


rahasia metode ngetik cepat dengan 10 jari 3

Posisi duduk juga paling diutamakan yaa gaeess, yaa kalian tau sendirilah kalau rasa tak nyaman akan mengganggu konsentrasi juga. Dan ada satu hal yang perlu kamu garis bawahi, badan kamu harus tegak dan jangan terlalu punggung dan menghadap lurus pada layar monitor dan jangan terlalu dekat dengan layar, karena itu merupakan salah satu tips kesehatan dalam bermain komputer.

3. Latihan dengan Bantuan Situs yang Tersedia


rahasia metode ngetik cepat dengan 10 jari 4

Andai kata teman-teman sudah memenuhi 2 kriteria diatas, cobalah asah kemampuan kalian situs yang sudah tersedia untuk melatih pengetikan dengan cepat. Ada beberapa situs yang bisa kalian gunakan, namun hanya 2 situs yang cukup populer untuk pelatihan. (Baca Juga : Mengatasi Keyboard Handphone yang Hilang)

1. Typeracer

Situs pertama ini merupakan situs yang sangat populer dari semua situs lainnya, dengan menggunakan bantuan yang sudah tersedia pada fiturnya akan membuat kamu menjadi lihai dalam strategi pengetikan. Jika teman-teman ingin mengasah kemampuannya, silahkan kunjungi situsnya langsung atau salin link ini untuk menuju ke situsnya http://play.typeracer.com/

2. Typing.com

Situs populer kedua adalan typing, situs ini juga tak kalah dengan situs typeracer, karena ia sama-sama kuat dalam fitur yang sudah disediakan dan mayoritas fungsinya juga sama. Jika kalian penasaran silahkan langsung menuju situsnya langsung atau salin link ini untuk menuju ke situsnya https://www.typing.com/student/test

Silakan kalian coba dari 2 situs populer diatas, andai kata kalian nyaman dengan situs yang pertama yaa silahkan dalami situs yang pertama, jika situs yang kedua yang paling enak yaa tinggal didalami juga kemampuanmu.

4. Belajar Melalui Video


Jika teman-teman masih tidak paham atau ingin lebih jauh lagi dalam mengasah ilmu. Silahkan teman-teman juga bisa melihat video-video di youtube dan lihat para profesional dalam pengetikannya bagaimana. Dan kalian perhatikan setiap ia ngetik, disitulah kamu ambil ilmunya mereka melalui videonya. (Baca Juga : Cara Mematikan Keyboard yang Bergetar Saat Diketik di Android)

Mungkin itu saja cara melakukan ngetik cepat dengan 10 jari, jika teman-teman ada masukkan atau kritik lainnya silahkan tinggal komentar saja dibawah dan nanti tim kami juga akan menjawab semua pertanyaan teman-teman, selamat untuk mencobanya yaa gaess.

Silahkan berkomentar apabila ada hal yang bingung atau sebagainya, dan mohon maaf apabila berkomentar disertai dengan link akan kami hapus.
Pastikan Anda berkomentar dengan bahasa yang sopan dan bertanya dengan artikel yang tengah terkait, supaya tim kami akan mudah untuk menjawabnya dari pertanyaan teman-teman.
Klik Disini Untuk Melihat EmoticonTutup Lagi