Kamis, Maret 22, 2018

Cara Membuat Partisi Memori Eksternal di HP Android Tanpa PC

Cara Partisi SD Card Handphone Tanpa Laptop atau PC - Memori eksternal atau biasa dikenal sd card di handphone memang sangat berguna sekali untuk proses berjalannya sistem android, dengan begitu pastinya handphone kita ram nya akan berjalan optimal karena dibantu dengan memori eksternalnya. Namun bagi kalian yang ingin menambahkan ram memori tetapi tidak harus upgradenya melainkan dengan bantuan dari memori eksternal ternyata bisa loh, yakni dengan cara mempartisi atau membagi memori eksternalnya ke memori internal.

Baca Juga : Cara Mengatasi Aplikasi yang Tidak Dapat Diperbarui HP Android
Baca Juga : Cara Ampuh Mengatasi Memori Internal Penuh di HP
Baca Juga : Cara Mengatasi Memory Eksternal yang Tidak Mau Terbaca di HP

Karena manfaat partisi ini adalah untuk memisahkan penyimpanan satu dengan penyimpanan lainnya, selain itu yang sudah saya jelaskan sebelumnya yakni berguna untuk membantu upgrade memori internalnya. Mungkin banyak di situs lain untuk mempartisinya harus menggunakan komputer, bagi kamu yang tidak mempunyai pc ataupun laptop jangan khawatir, tanpa perangkat komputer kita juga bisa mempartisinya loh!.

Cara Membagi Atau Partisi Memory Card di Handphone Dengan Mudah


Jadi pada kesempatan ulasan yang satu ini, kami akan membagikan sebuah tips sederhana membagi memori card, namun sebelum melakukannya alangkah baiknya di back up aja terlebih dahulu data-data yang penting, bisa numpang ke handphone teman kalian atau juga bisa ke warnet sebentar untuk numpang taruh file sementara saja sampai partisi selesai baru deh dipindahkan lagi data-datanya, hal ini hanya untuk berjaga-jaga saja. Yuuukss langsung aja simak ulasannya berikut ini, serta akan kami jelaskan dengan bantuan gambar supaya kamu lebih mudah untuk memahaminya.

Baca Juga : Mengatasi Penyimpanan InternalTidak Mencukupi di HP OPPO
Baca Juga : Mengatasi Penyimpanan Eksternal Tidak Cukup di HP OPPO
Baca Juga : Mengatasi Playstore yang Tidak Dapat Dibuka di HP OPPO

1. Langkah awal kalian pergi ke google playstore lalu cari aplikasi Aparted (SD Card Partition), kemudian kamu install, atau juga bisa salin link biru ini untuk menuju aplikasi tersebut yang ada di playstore https://play.google.com/store/apps/details?id=com.sylkat.AParted&hl=in

membagi partisi memori android

2. Jika kalian sudah menginstallnya, cobalah membuka menu Pengaturan atau Settings - pilih Penyimpanan - lalu pilih lagi Lepaskan Kartu SD (Jika sedikit berbeda cara membukanya, silahkan kalian sesuaikan sendiri intinya dilepaskan kartu memori eksternalnya dari perangkat hp kamu).

membagi partisi memori android 2

3. Kemudian kalian buka aplikasinya dan pilih menu Create yang terdapat dibagian atas, dan pilih lagi tombol ADD.

membagi partisi memori android 3

4. Karena gambar dibawah ini sudah saya atur settingannya, jadi tinggal kalian ikuti saja seperti Part 1 menjadi [fat 32] , Part 2 menjadi [ext2] dan Part 3 menjadi [swap].

membagi partisi memori android 5

5. Pada kapasitasnya atur saja sesuka kamu, kalau saya pribadi settingannya seperti gambar dibawah ini aja.

membagi partisi memori android 6

6. Jika sudah menyettingnya, kalian bisa langsung klik tombol Apply yang terdapat dibagian atas.

membagi partisi memori android 7

7. Selepas mengklik tombol apply, nanti ada notifikasi dan disitu kalian pilih OK saja dan lakukanlah Restart pada smartphone kamu.

membagi partisi memori android 8

8. Selesai deh cara partisinya atau membaginya.

Yaa mungkin itu saja mengenai cara partisi memori card handphone, semoga dengan langkah-langkah yang barusan kami jelaskan bermanfaat untuk kamu. Jika berkenan juga boleh dong bantu kami untuk melakukan share artikel ini ke media sosial kalian hehehe, selamat untuk mencobanya dan semoga berhasil.

Baca Juga : Cara Mengatasi Aplikasi Android yang Terkunci atau Lock
Baca Juga : 7 Jenis Anti Gores Untuk Handphone Serta Keunggulannya
Baca Juga : Cara Mengatasi Download yang Sering Tertunda atau Gagal di Playstore

Silahkan berkomentar apabila ada hal yang bingung atau sebagainya, dan mohon maaf apabila berkomentar disertai dengan link akan kami hapus.
Pastikan Anda berkomentar dengan bahasa yang sopan dan bertanya dengan artikel yang tengah terkait, supaya tim kami akan mudah untuk menjawabnya dari pertanyaan teman-teman.
Klik Disini Untuk Melihat EmoticonTutup Lagi