Sabtu, Maret 17, 2018

Cara Mengatasi HP Android yang Sering Restart Sendiri Secara Mendadak

Penyebab dan Mengatasi Handphone Android yang Sering Restart atau Mati Sendiri Secara Otomatis - Handphone yang sering restart secara mendadak atau mati dengan sendirinya kemudian nyala kembali, tentu hal tersebut membuat kita risih lagi asyik-asyiknya main ehh tiba-tiba hp kamu mendadak mati.

Hal ini juga pernah dialami oleh teman saya, yang dimana ketika itu teman saya lagi main media sosial instagram, ehh berselang kemudian ketika ia lagi menonton video singkat handphone kesayangannya langsung mati total dan 5 detik kemudian nyala kembali. Mungkin teman-teman disini juga pernah mengalami hal yang sama? Nah, jika iya kami akan share pengalaman untuk mengatasinya. (Baca Juga : 7 Jenis Anti Gores Untuk Handphone Serta Keunggulannya)

mengatasi hp yang sering restart sendiri

Memperbaiki Handphone Android yang Mati Sendiri atau Restart Otomatis


Pada kesempatan kali ini pastinya kami akan membeberkan cara untuk merombak semua permasalahan yang terdapat pada sistem android kesayanganmu. Dan semoga bisa diatasi dengan baik dan cepat, namun sebelum untuk melanjuti ke kasusnya, alangkah baiknya kita kenal terlebih dahulu penyebab yang terjadi. Karena kalau kita belajar dari kesalahan maka dilain waktu akan terbentuk kesalahan tersebut menjadi yang berguna, jadi akan kita bahas dari permasalahannya terlebih dahulu.

Penyebab Handphone yang Sering Restart Sendiri

  1. Terlalu Banyak File Cache yang Menumpuk - File cache ini memang sangat berguna untuk menjalankan sebua aplikasi, namun terlalu banyak file cachenya sampai menumpuk, justru akan membuat smartphone kamu bisa hang/lag, panas dan bisa-bisa dia akan restart sendiri. Jadi bagi kalian yang ingin tau bagaimana cara membersihkan file cache, nanti akan kami bahas setelah menjelaskan penyebabnya.
  2. Ada Salah Satu Kerusakan di Aplikasi - Jika kamu pernah membuka aplikasi dan keluar sendiri bahkan sampai muncul pesan errornya juga, kemungkinan besar itu adalah penyebabnya. Jadi bagi kalian yang ingin tau bagaimana cara mengatasinya, nanti akan kami bahas setelah menjelaskan penyebabnya.
  3. Sistem Android Error - Andai kata ada sistem android yang error, itu juga bisa jadi penyebabnya dan bahkan sudah jelas kalau sistem bawaan error akan menyebabkan hang, panas bahkan juga bisa ke restart sendiri. Jadi bagi kalian yang ingin tau bagaimana cara mengatasinya, nanti akan kami bahas setelah menjelaskan penyebabnya.
  4. Android yang Sudah di Root - Melakukan rooting pada sistem android memang bagus, namun perlu kamu garis bawahi, dengan melakukan root maka sangat mudahlah virus menyerang sistem android Anda dan bisa membuat hp kamu hang. Jadi bagi kalian yang ingin tau bagaimana cara mengatasinya, nanti akan kami bahas setelah menjelaskan penyebabnya. (Baca Juga : Mengatasi Handphone yang Terjangkit Oleh Virus)
  5. Terjadi Overload Pada CPU, Memory RAM dan GPU - Memaksakan kemampuan sistem yang terdapat pada hp kamu itu sangatlah tidak baik, nanti akan menyebabkan overload pada cpu, ram dan gpu. Karena setiap smartphone tidak memiliki kemampuan yang sama alias beda-beda, untuk itu jangan kamu paksakan lagi kemampuannya yang dimana kamu memaksa untuk selalu bekerja dengan tenaga yang kecil. Jadi bagi kalian yang ingin tau bagaimana cara mengatasinya, nanti akan kami bahas setelah menjelaskan penyebabnya.
  6. Panas yang Berlebihan (Overhead) - Penyebab panas bisa bermacam-macam seperti main dibawah matahari atau baterai yang sudah rusak, kalau sudah menimbulkan handphone panas berarti ram, cpu dan sebagainya sudah terserang dan mengakibatkan handphone akan restart terus-menerus. Jadi bagi kalian yang ingin tau bagaimana cara mengatasinya, nanti akan kami bahas setelah menjelaskan penyebabnya. (Baca Juga : Mengatasi Supaya HP Android Tidak Cepat Panas)
  7. Usia HP Sudah Tua - Kalau yang satu ini kalian sudah pastinya tau dong yaa gaess, karena hp jaman sekarang ini sudah canggih-canggih pada sistem androidnya, jika kamu masih memakai hp yang tua yaaa sudah jelas maka tak usah heran. Jadi bagi kalian yang ingin tau bagaimana cara mengatasinya, nanti akan kami bahas setelah menjelaskan penyebabnya.

Cara Mengatasinya


Setelah Anda sudah mengetahui penyebab-penyebabnya, silahkan kalian ikuti beberapa langkah dibawah ini untuk mengatasinya, semoga dapat membantu smartphone Anda.
  • Menghapus File Cache - Sebagai contohnya saya menggunakan handphone versi OS-nya v5.1.1, jika berbeda pada tata letak atau kata-katanya, tinggal kalian sesuaikan sendiri yaa. Pertama buka menu Pengaturan atau Settings - Setelan Tambahan - Manajemen Aplikasi - pilih salah satu aplikasinya - kemudian pilih tombol Hapus Cache dan lakukan cara ini pada setiap aplikasi yang ada. (Baca Juga : 2 Cara Membersihkan Cache yang Terdapat di HP Android)
  • Hapus Aplikasi yang Tidak Mendukung - Seperti yang sudah kami jelaskan pada bagian penyebabnya, jadi langsung saja untuk menghapus aplikasinya. Pertama kamu buka menu Pengaturan atau Settings - Setelan Tambahan - Manajemen Aplikasi - pilih satu aplikasi yang rusak - dan pilih tombol Hapus Instalan. (Baca Juga : Cara Menghapus atau Menghilangkan Aplikasi Bawaan dari HP)
  • Update Sistem Androidnya - Untuk melakukan update kalian bisa langsung ke menu pengaturan dan pilih tentang ponsel lalu pilih lagi pembaruan sistem. Namun pastikan kamu sudah terhubung ke Wifi serta baterai yang sudah full, dan sebagai contoh tadi saya menggunakan hp xiaomi, jika tata letaknya berbeda tinggal kalian sesuaikan sendiri saja.
  • Unroot Android - Untuk melakukan unroot kami sarankan lebih baik tonton videonya di youtube saja, kalau dari artikel yang kami takutkan kamu tidak berhasil bagi yang masih awam, jadi langsung saja tonton videonya di youtube karena disana sudah tersedia sangat banyak. (Baca Juga : Cara Mengetahui Handphone yang Sudah di Root Atau Belum)
  • Reboot Smartphone - Coba kamu matikan smartphonenya (Cara ini khusus pengguna yang bukan baterai tanam), setelah smartphone kamu mati lalu cabut baterai, sim card dan memori eksternal lalu diamkan 10 menit, jika sudah berselang 10 menit coba kamu pasang kembali dan nyalakan lagi semoga cara ini dapat membantu.
  • Ganti SIM Cardnya - Cara ini memang sih agak aneh didengar, tetapi ini seriusan ada yang benar-benar bisa diatasi, coba deh kamu ganti pakai sim yang lain semoga aja benar-benar dapat membantu.
  • Factory Reset Android - Cara ini paling ekstrim dan pastinya 95% berhasil, karena semua sistem yang awalnya hilang akan kembali serta data penting kamu juga akan terhapus sama aplikasi yang terinstall, jadi pastikan kalau mau melakukan cara ini kamu backup dulu saja sementrara. Bagi kamu yang tidak tau cara mengatasinya, langsung tonto video di youtube saja karena disana sudah banyak yang upload tutorialnya.

Mungkin itu saja mengenai android yang sering ke restart sendiri, semoga dengan cara ini dapat membantu Anda yang tengah mengalaminya, semoga bermanfaat yaa gaess. Jika ada pertanyaan atau sebagainya silahkan langsung komentar saja dibawah dan nanti tim kami akan menjawabnya dengan cepat yang pastinya, semoga berhasil yaa gaess.

Buka Komentar Disini