Senin, Mei 14, 2018

6 Cara Mengatasi HP Android yang Tidak Bisa Terkoneksi Ke Internet

Mengatasi Handphone yang tidak Bisa Tersambung ke Internet - Internet sudah menjadi kebutuhan pokok kita sehari-hari, pasalnya internet merupakan sarana hiburan kita seperti halnya chattingan di media sosial, kayak instagram, telegram, line, facebook, bbm dan masih banyak lagi.

Tak hanya seperti bermain medsos saja, internet juga bisa membantu kita dalam menyelesaikan tugas seperti kita yang bingung ingin mencari referensi dari mana, dan yang pasti hanya melakukan browsing-lah yang bisa kita jadikan referensi bahan ajar.

Namun pernah enggak sih kalian mengalami internet atau kuota data bermasalah? seperti tidak mau tersambung atau sudah tersambung tetapi tidak bisa diakses. Tentu hal tersebut akan membuat kita bingung yaa gaess, apalagi bagi kamu yang pengguna internet aktif pastinya akan pusing 7 keliling hehe. (Baca Juga : Mengatasi Handphone yang Terjangkit Oleh Virus)

Mengatasi Internet yang Tidak Mau Tersambung di HP Android


Yaa mungkin itulah pertanyaan yang sering dilontarkan oleh pengguna smartphone, terutama bagi yang memegang handphonenya android, mungkin ada beberapa faktor yang menyebabkan handphonemu itu tidak dapat terkoneksi ke jaringan internet, seperti halnya paket data yang sudah masa habisnya, file cache yang menumpuk, tanggal atau waktu yang belum diatur dengan benar dan beberapa penyebab lainnya.

Untuk itu disini kami akan membantu Anda dalam mengatasi permasalahan tersebut, dan pastinya kami akan membeberkannya menjadi 6 bagian yang dimana kalian bisa cobanya satu-persatu.

Oh iya, sebelum itu dipastikan cara-cara dibawah ini belum tentu 100% berhasil yaa gaess, tetapi ini hanya sebuah pengalaman saja yang dimana terkadang berhasil dan terkadang juga enggak sih, tetapi paling banyaknya yaaa berhasilnya. (Baca juga : 10 Aplikasi yang Cocok Untuk Para Jomblo Biar Enggak Kesepian)

1. Setting Tanggal dan Waktunya yang Benar


Dalam mengatur waktu dan tanggal yang salah memang salah satu penyebab yang sangat jelas, tak hanya handphone saja, laptop ataupun pc yang mengatur tanggal yang salah ia juga tidak dapat menyambungkan atau koneksi kejaringan internet.

Nah untuk masalah ini kalian bisa coba karena ini dampak yang sangat mudah yang bisa kalian lakukan, oh iya sebagai contohnya gambar dibawah ini saya menggunakan handphone versi v5.1.1, jika ada tata letak yang sedikit berbeda tinggal kalian sesuaikan saja sendiri yaa.

mengatasi handphone yang tidak bisa tersambung ke internet
  • Buka menu Pengaturan atau Settings - Setelan Tambahan - Tanggal dan Waktu - dan disitu tinggal kalian atur saja sesuai waktu yang sekarang ini, namun lebih baiknya pakai cara otomatis saja supaya nantinya waktunya sesuai dengan operator yang kalian pakai.

2. Pancing Sinyal Operator


Cara ini memang sedikit unik yang dimana kamu pancing sinyal operatornya, dan lebih hebatnya lagi sinyal kamu juga akan menjadi cepat. Penasaran banget yaa gimana caranya? yaudah nih langsung aja disimak, dan seperti yang sudah kami jelaskan diatas, jika cara ini agak sedikit berbeda dalam tahap pembukaannya yaaa tinggal kalian sesuaikan saja tata letak ataupun kata-katanya.

mengatasi handphone yang tidak bisa tersambung ke internet 2
  • Buka menu Pengaturan - Settings - Matikan Mode Pesawat selama 3 menit - habis itu kamu Nyalakan Lagi Mode Pesawatnya - semoga berhasil.

3. Menambah atau Mengganti APN


APN ini sudah ada secara otomatis ketika kamu memasang operator pada smartphone kamu dan ia akan menyesuaikannya sendiri, tetapi tidak ada salahnya jika kalian menambah ataupun mengganti apn-nya, untuk itu silahkan ikuti beberapa langkah dibawah ini.

mengatasi handphone yang tidak bisa tersambung ke internet 3
  • Buka menu Pengaturan atau Settings - SIM Ganda dan Jaringan Seluler - SIM 1 - Nama Titik Akses (APN) - kemudian pilih pada ikon + - tambahkan APN, dan disitu kalian akan melihat beberapa pilihan apn yang dimana sesuai dengan provider sim Anda, dan kalian pilih salah satu atau juga bisa membuatnya sendiri.

4. Bersihkan Cache Memori


Jika file cache yang menumpuk akan membuat berat smartphone kamu dan juga bisa menyebabkan koneksi akan terhambat, kamu bisa lakukan pembersihan secara manual atau secara otomatis, kalau cara otomatis kamu bisa gunakan aplikasi bantuan seperti Ccleaner. Namun jika kalian ingin cara manualnya, kalian bisa ikuti beberapa langkah dibawah ini dan pastinya setiap aplikasi kamu lakukan dengan cara yang sama pada tahap dibawah ini.

mengatasi handphone yang tidak bisa tersambung ke internet 4
  • Buka menu Pengaturan atau Settings - Setelan Tambahan - Manajemen Aplikasi - cari aplikasi salah satu - kemudian pilih Hapus Cache - dan lakukan di setiap aplikasi lainnya untuk menghapus cachenya.

5. Matikan lalu Nyalakan Lagi


Cobalah matikan handphone kesayanganmu itu, dan lakukanlah untuk mencopot baterai, sim card, memori eksternal lalu diamkan selama 5 menit. Jika sudah mencapai 5 menit, cobalah kamu pasangkan lagi semua perangkatnya dan nyalakan lagi handphonenya, semoga dengan cara ini bisa diatasi dengan mudah dan praktis. (Baca juga : Cara Pasang Wifi di Rumah Tanpa Telepon Rumah)

6. Sudah Terhubung ke Wifi Tetapi Tidak Bisa Akses Internet?


Jika kalian mengalami tidak dapat mengakses internet walaupun sinyal wifi-nya kencang dan sudah terhubung dan yang pastinya kuota wifi masih ada tetapi tetap tidak bisa diakses, cobalah menggunakan aplikasi WiFix.

Aplikasi tersebut bisa membantu Anda dalam mengatasi wifi yang tidak bisa diakses walaupun kuota internet masih ada, untuk kamu yang ingin menggunakannya bisa langsung install di playstore ataupun bisa dari link biru ini sebagai cara praktisnya untuk menujunya di playstore https://play.google.com/store/apps/details?id=co.uk.syslynx.fixmywifi  (Baca Juga : 7 Cara Mengatasi Wifi yang Tidak Bisa Koneksi di HP Android)

Mungkin itu saja yang bisa kalian lakukan dan semoga bisa teratasi dengan mudah, jika kalian ingin menyampaikan pesan atau kritik lainnya bisa langsung komentar saja. Namun kalau masih tidak bisa juga atau sebagainya, supaya lebih ampuhnya kamu bawakan saja ke tempat operator kamu atau cukup untuk menghubungi customer servicenya saja. (Baca Juga : Mengatasi Google Playstore yang Tidak Bisa Terbuka atau Error)

Dengan cara mengatasi hp android yang tidak bisa koneksi ke internet, semoga berhasil dan selamat untuk mencobanya yaa gaess.

Buka Komentar Disini