Jumat, Maret 02, 2018

5 Cara Mengatasi Memory Eksternal yang Tidak Mau Terbaca di HP

Memory card atau biasa dikenal dengan sebutan memory eksternal atau kartu memori yang terdapat pada smartphone sangat berguna sekali sebagai media penyimpanan, dengan menggunakan kartu memori eksternal kita bisa lebih banyak menyimpan file-file seperti foto, video, musik dan lain-lainnya.

Dan tak hanya itu saja, memory card juga dapat membantu kelangsungan kinerja smartphone Anda, dengan begitu maka hp kamu akan berjalan optimal karena dibantu dengan kekuatan dari memori ini. (Baca Juga : Cara Ampuh Menemukan Handphone yang Hilang atau Dicuri)

Terlebih lagi, jika memory card kamu memiliki kualitas yang baik, beberapa aplikasi yang terinstall juga akan bisa kita pindahkan yang awalnya dari penyimpanan internal menjadi penyimpanan eksternal. Dan pastinya hp kesayanganmu akan jauh lebih baik jika penyimpanan internalnya ada ruang kosong. (Baca Juga : Cara Ampuh Mengatasi Memori Internal Penuh di HP)

mengatasi kartu memori yang tidak terdeteksi di hp

Ngomong-ngomong tentang penyimpanan eksternal, kamu pernah enggak sih mengalami ketika sudah memasukkan memory eksternal tiba-tiba tidak mau terbaca, atau kartu memori tidak terdeteksi di hp? hmm pasti kesel dong yaa gaess.

Nah untuk itu kami ada sedikit nih yang bisa kamu coba untuk memperbaiki masalah yang sedang kamu alami, yaa walaupun tidak 100% berhasil tetapi akan lebih baiknya kita coba saja dulu. (Baca Juga : Mengatasi Keyboard Handphone yang Hilang)

Mengatasi Kartu Memori yang Tidak Mau Terbaca di Handphone


Namun sebelum kita lanjut ke kasus untuk memperbaiki, alangkah baiknya kita kenalkan terlebih dahulu kenapa memori eksternal bisa tidak terbaca atau rusak, penasaran yaa gaess? yuk langsung aja nih penjelasannya ada dibawah.

Penyebab Kartu Eksternal di HP Tidak Mau Terbaca

  • Sering dipindah-pindahkan, dan ini salah satu faktor yang paling sering dilakukan sehingga kita sendiri tak sadar bahwa cara ini sangat berakibat fatal. Mengapa begitu? karena kalau kita sering memindah-mindahkan memori ke perangkat lain, maka lempengan kuningnya akan tergores secara halus, jika kamu sering melakukan hal ini maka akan tergores secara halus tersebut akan menjadi besar.
  • Lempengan kuningnya terhalang oleh debu yang tebal atau kotor, dengan begitu maka data yang tersimpan didalamnya tidak akan terbaca sampai kapanpun.
  • Terkena Virus, untuk masalah ini memang sih tidak terlalu banyak yang mengalami.
  • Banyaknya file-file berat, sehingga dapat memperlambat kinerja memori eksternal kamu.
  • Kualitas memory tidak bagus alias jelek.

Setelah kita mengetahui sela-sela dari penyebabnya, pasti kalian sudah punya pemikiran dong untuk melakukan hal apa dalam mengatasinya. Jika belum ada, mungkin akan kita bantu semoga dengan cara mengatasi dibawah ini dapat memperbaiki masalah yang terjadi pada memori eksternal Anda.

Mengatasi Kartu Memori yang Tidak Mau Terdeteksi di HP


1. Gunakan 1 Perangkat HP 1 Memory Card

mengatasi kartu memori yang tidak terdeteksi di hp 2

Jadi yang bisa kamu lakukan adalah menggunakan memory cukup 1 perangkat handphone saja, jangan sering dipindah-pindahkan. Jadi begini, beli kartu memori hanya digunakan pada handphone pertama, nah handphone kedua kamu beli kartu memori baru lagi saja.

2. Bersihkan Lempengan Kuningnya

mengatasi kartu memori yang tidak terdeteksi di hp 3

Bagaimana cara membersihkannya dengan benar? kamu cukup menggunakan penghapus warna putih lalu digosokkan secara halus ke bagian kuningnya, lalu bersihkan secara perlahan-lahan menggunakan tisu yang kering (Bukan tisu basah), selesai deh. Dengan begitu semoga bisa membantu permasalahan Anda, sebab jika kuningannya kotor hp tidak akan mau mendeteksinya.

3. Bersihkan Virusnya

Cara yang ketiga ini memang sih paling jarang terjadi, tetapi jika kalian ingin mengeceknya sangat mudah. Kalian masukkan ke laptop ataupun komputer yang ada antivirusnya, kami sarankan antivirusnya menggunakan smadav saja. Karena smadav antivirus portable yang sangat baik pada pembersihan virus dari usb.

Baca Juga : Cara Aktivasi Smadav Tanpa Download Crack (Serial Number Smadav)
Baca Juga : Memperbaiki Flashdisk yang Tidak Terbaca di Komputer
Baca Juga : Cara Menyembunyikan File di HP Xiaomi Tanpa Aplikasi Tambahan

4. Gunakan Memory Eksternal dengan Kualitas yang Bagus

mengatasi kartu memori yang tidak terdeteksi di hp 4

Kualitas juga sangat berpengaruh, saat membeli jadi kamu harus perhatikan kondisinya bagus atau tidak, dan juga kalau bisa cari kelas yang tinggi (Seperti gambar diatas), gambar diatas itu memiliki kelas 10 yang berarti edisi terbaru.

5. Coba Pasangkan dengan Memory Lain

Cara ini hanya sebagai pengecek saja, maksudnya kamu gunakan memory eksternal lainnya dan hubungkan ke smartphone kamu. Jika memang terhubung berarti kartu memori kamu tersebut memang sudah rusak total.

Jika masih tidak terhubung walaupun sudah menggunakan memori lain, yaa berarti ada yang bermasalah pada smartphone kamu, cobalah kamu bawa ke service center terdekat untuk konsultasi atau juga bisa ke counter terdekat.

Itulah cara mengatasi kartu memori yang tidak terdeteksi pada handphone, semoga dengan cara-cara diatas yang barusan kami ulas bermanfaat untuk Anda. Jika kalian ada masukkan atau kritik lainnya, silahkan tinggalkan saja komentar pada kolom yang sudah disediakan dibawah.

Klik Disini Untuk Buka Komentar
Tutup Kolom Komentar

2 komentar

Hehehe, terimakasih kembali kak

Akhirnya bisa juga, ketika saya bersihkan pakai penghapus hehe. Saya kira enggak masuk akal masa pakai penghapus putih, saya coba deh pakai penghapus sekolahku, ehh beneran bisa wkwk. Makasih yaa, sangat membantu lah pokoknya hehe, sekali lagi makaaasiihh

Silahkan berkomentar apabila ada hal yang bingung atau sebagainya, dan mohon maaf apabila berkomentar disertai dengan link akan kami hapus.
Pastikan Anda berkomentar dengan bahasa yang sopan dan bertanya dengan artikel yang tengah terkait, supaya tim kami akan mudah untuk menjawabnya dari pertanyaan teman-teman.
Klik Disini Untuk Melihat EmoticonTutup Lagi