Rabu, Mei 09, 2018

5 Cara Mengatasi Telegram yang Tidak Bisa Dibuka di HP Android

Mengatasi Tidak Bisa Membuka Aplikasi Telegram di Handphone - Aplikasi telegram ini memang sangat baik dalam fitur chattingannya, dan juga terbilang aplikasi ini banyak yang beranggapan sangat cepat, ringan, mudah dipakai serta tingkat keamanan data-data privacy selalu terjaga ketat.

Bisa dibilang juga aplikasi ini perpaduan antara BBM dan WhatsApp, karena fitur chattingannya pun hampir sama pada tata letak atau fitur lainnya. Lebih menariknya lagi dari aplikasi ini sama dengan halnya whatsapp yang tanpa menggunakan iklan, sehingga penggunanya pun akan merasa nyaman tidak terhalang oleh iklan sana-sini alias gratis bisa diakses oleh siapa saja.

Walaupun aplikasi ini tergolong aplikasi yang direkomendasikan, namun ada beberapa pengguna yang mengeluh smartphone mereka tidak dapat membuka aplikasi telegram, bahkan lagi asyik-asyiknya chattingan tiba-tiba muncul pesan "Sayangnya Telegram telah berhenti" atau dalam bahasa Inggrisnya "Unfortunatelly telegram has stopped", tentu dengan notifikasi seperti itu membuat kita gregetan dong yaa gaess.

Biasanya sih hal yang paling adalah memang RAM atau kapasitas memori internal Anda terlalu kecil sehingga tidak dapat mengakses sebuah aplikasi yang berjalan secara bersamaan dengan aplikasi lainnya, jika ia memori internal kamu terlalu kecil cobalah melakukan upgrade pada ram nya atau juga bisa seperti membeli handphone baru jika kamu punya uang banyak hehe.

Mengatasi telegram tidak bisa dibuka

Cara Mengatasi Aplikasi Telegram Tidak Dapat Dibuka di Handphone Android


Jadi pada kesempatan kali ini kami akan membagikan sebuah tips yang sangat sederhana mengenai aplikasi telegram yang tidak dapat diproses atau tidak bisa dibuka, yaa walaupun tidak 100% akurat sehingganya kalian sudah berani untuk mencobanya, semoga saja dapat teratasi dengan baik yaa gaess.

Yaudah nih langsung aja cappcuss yang akan kami ulas menjadi 5 bagian, tentunya kalian bisa mencobanya pada langkah awal terlebih dahulu yaa, cekidot!.

Baca Juga : Cara Beli HP Hasil COD yang Benar Supaya Tidak Dibohongi
Baca Juga : Mengatasi HP Android yang Sering Restart Sendiri Secara Mendadak
Baca Juga : Pengertian ALU (Arithmetic Logic Unit) Beserta Fungsi dan Rangkaiannya

1. Hapus File Cache Aplikasi Telegramnya


File cache atau file sampah ini memang sangat berguna sekali untuk prosesnya menjalankan suatu aplikasi, namun semakin lama didiamkan file ini akan terus bertambah, apalagi sampai menumpuk dipastikan aplikasi akan lemot bahkan juga terkena dampaknya pada smartphone kamu.

Untuk menghapus file cache silahkan ikuti beberapa langkah dibawah ini, oh iya jika metode pembukaan aplikasi dibawah ini agak sedikit berbeda baik itu tata letak atau kata-katanya, tinggal kalian sesuaikan sendiri saja yaa.

(Maaf kami tidak dapat menyertakan gambar untuk simulasinya karena ini sangat tergolong mudah, jadi biar kalian ada usaha untuk menyarinya karena ini sangatlah mudah yaa gaess hehe).
  • Buka menu Pengaturan atau Settings - Setelan Tambahan - Manajemen Aplikasi - kamu cari aplikasi Telegramnya - kemudian kamu pilih tombol Hapus Cache didalam pengaturan aplikasi tersebut.

2. Paksa Berhenti dan Hapus Data


Kalau metode yang kedua ini jika kalian sudah menyelesaikan pada metode pertama tadi masih tidak bisa juga, cobalah dengan cara memberhentikannya lalu menghapus data, namun disini kamu harus mengingat akun kamu lagi,

karena dengan menghapus data maka semua basis data seperti data login, akun dan sebagainya akan terhapus, intinya kamu kayak seperti install aplikasi baru saja yang membutuhkan login akun. Jika ingin menerapkannya silahkan ikuti langkahnya dibawah ini, andai kata ada sedikit perbedaan pada tata letak atau kata-katanya tinggal kalian sesuaikan sendiri saja yaa.

(Oh iya maaf kami tidak dapat menyertakan gambar untuk simulasinya karena ini sangat tergolong mudah, jadi biar kalian ada usaha untuk menyarinya karena ini sangatlah mudah yaa gaess hehe).
  • Buka menu Pengaturan atau Settings - Setelan Tambahan - Manajemen Aplikasi - kamu cari aplikasi Telegramnya - kemudian pilih tombol Paksa Berhenti lalu pilih lagi tombol Hapus Data.

3. Update Aplikasi Telegramnya di Playstore



Jika teman-teman sudah mencobanya namun masih belum bisa, kemungkinan besar memang kalian harus memperbarui sistemnya kembali, dengan cara pergi ke playstore lalu pilih aplikasi telegram dan kemudian kalian lakukan pembaruan aplikasi atau update aplikasi.

Dengan begitu, aplikasi kamu yang terdapat bug atau sebagainya akan ditimpah dengan sistem yang lebih baru lagi.


4. Hapus Aplikasinya Lalu Install Ulang Lagi


Jika sudah mengupdate aplikasi tetapi tidak dapat dibuka juga, cobalah kamu hapus aplikasi telegramnya lalu menginstallnya kembali di playstore. Karena hal seperti itu bisa saja terjadi ketika melakukan pembaruan sistem, sistemnya tidak diterima 100% berhasil ditindih atau ditimpah,

supaya sistemnya dapat diperbarui lebih maksimal, yaa kamu hapus aplikasinya lalu install lagi di playstore, semoga dengan hal seperti itu dapat membantu Anda yang tengah mengalami musibah seperti ini.

5. Bongkar Semua Perangkat yang Tersambung


Cara ini memang agak sedikit aneh sih tetapi alangkah baiknya kalian coba saja terlebih dahulu, yakni melakukan bongkar atau copot semua perangkat yang terhubung ke smartphone kamu. Caranya kamu matikan terlebih dahulu daya ponselnya lalu copot semua baterai, sim card dan memori eksternalnya, lalu kamu diamkan selama 10 menit.

Jika sudah berselang 10 menit, coba kamu pasangkan kembali dan nyalakan daya ponsel, semoga dengan cara ini dapat membantunya. Andai kata smartphone kamu baterainya bersifat tanam, yaa kamu cukup matikan daya ponsel lalu cabutlah sim card dan memori eksternalnya lalu diamkan 10 menit.

Mungkin itu saja mengenai aplikasi telegram yang tidak dapat dibuka di handphone, semoga dengan 5 cara diatas dapat membantu Anda yang tengah mengalaminya. Jika teman-teman ada pertanyaan atau masukkan lainnya,

silahkan tinggal komentar saja dikolom bawah dan nanti tim kami akan menjawab semua pertanyaan teman-teman dengan cepat, jika berkenan boleh dong bantu kami juga untuk melakukan share artikel ini ke media sosial kalian hehe, smangapp yaa gaess.

Silahkan berkomentar apabila ada hal yang bingung atau sebagainya, dan mohon maaf apabila berkomentar disertai dengan link akan kami hapus.
Pastikan Anda berkomentar dengan bahasa yang sopan dan bertanya dengan artikel yang tengah terkait, supaya tim kami akan mudah untuk menjawabnya dari pertanyaan teman-teman.
Klik Disini Untuk Melihat EmoticonTutup Lagi