Jumat, Juni 08, 2018

5 Cara Mengatasi WhatsApp yang Tidak Bisa Dibuka di HP Android

Mengatasi WhatsApp yang Error Tidak Bisa Dibuka - WhatsApp merupakan aplikasi kekinian dengan fitur yang canggih dari pada aplikasi chatting lainnya, hal tersebut sudah terbukti dari pengguna yang mengunduh aplikasi yang satu ini lebih banyak, bahkan baru dirilis whatsapp saja sudah banyak yang unduh, tidak seperti aplikasi lainnya yang memakan waktu baru pada mengunduhnya.

Baca Juga : Cara Mengatasi Tidak Bisa Membuat Status Baru di WhatsApp
Baca Juga : Mengatasi "Sayangnya WhatsApp Telah Berhenti" di Handphone
Baca Juga : Mengatasi Foto, Audio, Video dan Dokumen yang Download Sendiri di WhatsApp

Namun ada sedikit yang sering dialami pengguna whatsapp, terutama bagi pengguna handphone android yang mengeluh aplikasi ini tidak dapat dibuka alias tidak ada responnya sama sekali walaupun sudah kita sentuh dengan jari-jari kita. Jadi kalian tidak perlu khawatir atas perihal ini, kalian tidak sendirian yang mengalami hal seperti ini.

Ada juga ketika baru dibuka tiba-tiba langsung muncul pesan seperti ini Sayangnya WhatsApp Telah Berhenti atau dalam bahasa Inggrisnya Unfortunately WhatsApp Has Stopped.

Cara Mengatasi Aplikasi WhatsApp yang Tidak Bisa Dibuka


Penyebabnya sih banyak, namun yang paling umum adalah RAM dari handphone kitalah yang terlalu kecil sehingga whatsapp tidak dapat meresponnya dengan baik, jadi kalau benar-benar hp kamu yang memiliki ram minim,

yaa mau enggak mau bisa nambah ram nya atau membeli handphone baru saja. Namun kalau ram kamu besar atau masih memiliki kapasitas lagi, mungkin 5 cara dibawah ini dapat membantu Anda yang tengah mengalaminya, yaudah yukss langsung capcuss aja.

Baca Juga : Cara Ampuh Mengatasi Memori Internal Penuh di HP
Baca Juga : Cara Mengatasi Memory Eksternal yang Tidak Mau Terbaca di HP
Baca Juga : Cara Mengatasi Touchscreen HP Android yang Selalu Error Atau Macet

1. Hapus File Cache


Pada metode yang satu ini adalah kita harus menghapus file cache atau file sampah pada aplikasi whatsapp-nya, sebenarnya file cache ini sangat berguna untuk proses berjalannya suatu aplikasi, namun kalau kita biarkan begitu saja maka file ini akan menumpuk bahkan akan memperlambat kinerja smartphone kita nantinya.

Jadi untuk itu silahkan kalian hapus file cachenya dengan beberapa langkah dibawah ini, oh iya kalau agak sedikit berbeda dari cara bukanya tinggal kalian sesuaikan sendiri saja yaa pada tips dibawah ini. (Baca Juga : 2 Cara Membersihkan Cache yang Terdapat di HP Android)

mengatasi whatsapp tidak bisa dibuka aplikasinya
  • Buka menu Pengaturan atau Settings - Setelan Tambahan - Manajemen Aplikasi - lalu kamu cari aplikasi WhatsAppnya - lalu pilih tombol Hapus Cache.

2. Paksa Berhenti dan Hapus Data


Kalau metode yang kedua ini jika kalian sudah menyelesaikan pada metode pertama tadi masih tidak bisa juga, cobalah dengan cara memberhentikannya lalu menghapus data, namun disini kamu harus mengingat akun kamu lagi,

karena dengan menghapus data maka semua basis data seperti data login, akun dan sebagainya akan terhapus, intinya kamu kayak seperti install aplikasi baru saja yang membutuhkan login akun. Jika ingin menerapkannya silahkan ikuti langkahnya dibawah ini, andai kata ada sedikit perbedaan pada tata letak atau kata-katanya tinggal kalian sesuaikan sendiri saja yaa.

mengatasi whatsapp tidak bisa dibuka aplikasinya 2
  • Buka menu Pengaturan atau Settings - Setelan Tambahan - Manajemen Aplikasi - lalu kamu cari aplikasi WhatsAppnya - kemudian pilih tombol Paksa Berhenti lalu pilih lagi tombol Hapus Data.

3. Update Aplikasinya


Jika teman-teman sudah mencobanya namun masih belum bisa, kemungkinan besar memang kalian harus memperbarui sistemnya kembali, dengan cara pergi ke playstore lalu pilih aplikasi whatsapp dan kemudian kalian lakukan pembaruan aplikasi atau update aplikasi.

Dengan begitu, aplikasi kamu yang terdapat bug atau sebagainya akan ditimpah dengan sistem yang lebih baru lagi.


4. Hapus Aplikasinya Lalu Install Lagi


Jika sudah mengupdate aplikasi tetapi tidak dapat dibuka juga, cobalah kamu hapus aplikasi whatsappnya lalu menginstallnya kembali di playstore. Karena hal seperti itu bisa saja terjadi ketika melakukan pembaruan sistem, sistemnya tidak diterima 100% berhasil ditindih atau ditimpah,

supaya sistemnya dapat diperbarui lebih maksimal, yaa kamu hapus aplikasinya lalu install lagi di playstore, semoga dengan hal seperti itu dapat membantu Anda yang tengah mengalami musibah seperti ini.

5. Bongkar Semua Perangkat yang Terhubung


Cara ini memang agak sedikit aneh sih tetapi alangkah baiknya kalian coba saja terlebih dahulu, yakni melakukan bongkar atau copot semua perangkat yang terhubung ke smartphone kamu. Caranya kamu matikan terlebih dahulu daya ponselnya lalu copot semua baterai, sim card dan memori eksternalnya, lalu kamu diamkan selama 10 menit.

Jika sudah berselang 10 menit, coba kamu pasangkan kembali dan nyalakan daya ponsel, semoga dengan cara ini dapat membantunya. Andai kata smartphone kamu baterainya bersifat tanam, yaa kamu cukup matikan daya ponsel lalu cabutlah sim card dan memori eksternalnya lalu diamkan 10 menit.

Mungkin itu saja mengenai whatsapp yang tidak dapat dibuka di handphone, semoga dengan 5 cara diatas dapat membantu Anda yang tengah mengalaminya. Jika teman-teman ada pertanyaan atau masukkan lainnya,

silahkan tinggal komentar saja dikolom bawah dan nanti tim kami akan menjawab semua pertanyaa teman-teman dengan cepat, jika berkenan boleh dong bantu kami juga untuk melakukan share artikel ini ke media sosial kalian hehe, smangapp yaa gaess.

Silahkan berkomentar apabila ada hal yang bingung atau sebagainya, dan mohon maaf apabila berkomentar disertai dengan link akan kami hapus.
Pastikan Anda berkomentar dengan bahasa yang sopan dan bertanya dengan artikel yang tengah terkait, supaya tim kami akan mudah untuk menjawabnya dari pertanyaan teman-teman.
Klik Disini Untuk Melihat EmoticonTutup Lagi