Jumat, Juli 13, 2018

7 Cara Mengatasi Wifi yang Tidak Bisa Koneksi di HP Android

Cara Mengatasi Wifi Tidak Bisa Nyala di HP Android - Wifi merupakan salah satu fitur yang terdapat di semua perangkat teknologi yang dimana berguna sebagai jalur praktis untuk menghubungkan internet secara terpisah dari perangkatnya. Dengan begitu, pengguna smartphone akan mudah untuk mendapatkan jaringan internet secara gratis seperti di tempat restoran yang free wifi ataupun hotel atau sebagainya,

dan yang pastinya lagi dengan menggunakan fitur wifi smartphone kita juga akan tahan lama baterainya dibanding menggunakan kuota data selularnya. (Baca Juga : Cara Mengatasi HP Android yang Tidak Bisa Terkoneksi Ke Internet)

Cara Mengatasi WiFi Android Tidak Bisa Nyala dan Terkoneksi

Namun ada beberapa pengguna smartphone yang sering mengeluh karena fitur wifi yang sudah mereka aktifkan selalu tidak dapat terhubung ke koneksi padahal wifinya pun masih memiliki kuota yang banyak, tentu ini menjadi kesedihan mendalam bagi yang sering menggunakan internet melalui sambungan jaringan wifi.

Cara Mengatasi WiFi Android Tidak Bisa Nyala dan Terkoneksi


Pada kesempatan kali ini kami akan membantu Anda dalam permasalahan yang terdapat pada fitur wifi smartphone android khususnya. Kenapa HP Android saya tidak dapat konek ke wifi? Yaa mungkin itulah pertanyaan yang sering dilontarkan oleh mereka yang sering mengalami permasalahan ini, mungkin ada beberapa faktor yang menyebabkannya seperti cache yang terlalu banyak menumpuk,

lokasi yang sangat jauh dari jangkauan wifi ataupun sinyal yang lemah, terdapat serangan dari sistemnya dan masih banyak lagi. Untuk itu kami akan membantu Anda dalam permasalahan ini, dan pastinya kami akan membeberkan menjadi 6 bagian untuk langkah memperbaikinya yang dimana bisa kalian terapkan satu-persatu pada tips dibawah ini. (Baca Juga : 7 Jenis Anti Gores Untuk Handphone Serta Keunggulannya)

1. Pastikan Wifi Telah Menyala


Langkah pertama ini yaaa pastinya fitur wifinya harus nyala terlebih dahulu, mungkin Anda lupa untuk menyalakannya itu bisa saja terjadi. Karena sampai 5000 tahun kedepan yang pastinya tidak akan dapat tersambung kalau kamu belum mengaktifkannya, untuk itu silahkan aktifkan fitur wifinya jika benar-benar kamu lupa untuk menyalakannya.

Cara Mengatasi WiFi Android Tidak Bisa Nyala dan Terkoneksi 2
  • Buka menu Pengaturan atau Settings - Wifi - lalu aktifkan Wifi-nya.

2. Restart Handphone Anda


Langkah kedua ini biasanya bisa kita gunakan untuk mengatasi, karena dengan melakukan restart maka semua sistem yang berjalan akan kembali seperti awal lagi. Jika perlu Anda hapus file-file cache pada setiap aplikasi atau kami sarankan bisa Anda install aplikasi Ccleaner di playstore yang berguna untuk menghapus file cache secara otomatis. Namun khusus hp xiaomi tidak usah pakai ccleaner, karena ia sudah ada aplikasi bawaannya yang bisa langsung kamu gunakan.

3. Lakukan Off/On Pada Ikon Wifi


Langkah yang ketiga ini cobalah kamu lakukan on-off sampai berulang kali, sampai ia benar-benar tersambung dan pastikan juga kamu jangan terlalu jauh perangkat smartphonennya dengan router wifi atau jaringan wifi-nya. Karena sampai kapanpun kalau kalian terlalu jauh dengan wifi tidak dapat terkoneksi, karena setiap wifi berbeda-beda jaraknya ada yang bisa hanya dekat saja dan ada yang bisa jauh juga.

4. Factory Reset


Cara yang satu ini sekitar 90% pastinya berhasil, karena semua sistem bawaan yang hilang akan kembali lagi serta aplikasi yang sudah terinstall juga akan terhapus. Dan cara ini juga dibilang sangat beresiko besar yang dimana semua data Anda akan hilang seperti halnya beli hp baru saja, untuk itu kamu back-up saja terlebih dahulu semua data-data yang ada.

Jika kamu ingin melakukannya silahkan lihat saja tutorial pada langkah berikut ini, oh iya jika ada tata letak atau kata-kata yang beda tinggal kamu sesuaikan saja yaa, karena versi Android saya menggunakan Lollipop v5.1.1.

Cara Mengatasi WiFi Android Tidak Bisa Nyala dan Terkoneksi 3
  • Buka menu Pengaturan atau Settings - Setelan Tambahan - Buat Cadangan dan Reset - kemudian kamu pilih pada Hapus Data Aplikasi dan Aplikasi Yang Dapat di Bongkar.

5. Flash Ulang Sistem


Jika cara pertama masih tidak bisa juga, cobalah kamu bantu denga melakukan flash ulang pada sistem Androidnya, dan cara ini susah-susah gampang karena kamu harus membutuhkan firmware yang sama, tetapi supaya lebih mudah nyarinya kamu cari di situs resminya seperi xiaomi contohnya, maka cari di situs xiaomi saja.

Dan cara melakukan flash ulang kami sudah buatkan tutorialnya pada point kedua dari link yang satu ini, silahkan langsung kamu baca cara-caranya pada point keduanya yaaa. (Baca Juga : Cara Flash Ulang Terdapat Pada Point Kedua)

6. Bawa Ke Service Center Terdekat Sesuai dengan Merk HP Anda


Jika masih tidak bisa juga silahkan kamu langsung bawakan saja ke tim ahlinya, yakni ke service center yang sesuai dengan merk hp kamu. Jika masa garansi hp kamu masih ada itu sangat berharga karena Anda tidak akan dimintai biaya karena masih ada masa garansinya yang belum expired, dan biasanya kalau dibawa ke service center paling maksimal 7 hari lamanya hp kamu akan ditaruh disana.

7. Greget


Jika service centernya nyerah, waaahh itu memang sudah keterlaluan banget yaa gaess. Mau enggak mau berarti kamu harus beli HP Baru lagi deh hehehehe, hanya inilah jalan satu-satunya yang sangaaaat ampuh yang bisa kalian lakukan.

Mungkin itu saja mengenai Cara Mengatasi Wifi Android Tidak Bisa Menyala Dan Terhubung, jika teman-teman ada pertanyaan atau kritik lainnya, silahkan langsung saja komentar pada kolom dibawah dan pastinya tim kami akan membantu Anda dalam menjawab semua pertanyaan dari teman-teman.

Selamat mencobanya dan semoga berhasil dengan cara-cara diatas, jika berkenan bantu kami untuk melakukan share artikel ini yaa gaess jika bermanfaat.

Silahkan berkomentar apabila ada hal yang bingung atau sebagainya, dan mohon maaf apabila berkomentar disertai dengan link akan kami hapus.
Pastikan Anda berkomentar dengan bahasa yang sopan dan bertanya dengan artikel yang tengah terkait, supaya tim kami akan mudah untuk menjawabnya dari pertanyaan teman-teman.
Klik Disini Untuk Melihat EmoticonTutup Lagi