Selasa, Maret 27, 2018

Pengertian Kabel USB OTG, Fungsi, Kelebihan dan Kekurangannya Lengkap

Pengertian, Fungsi, Kelebihan dan Kekurangan Kabel USB OTG - Di era sekarang ini zaman semakin maju khususnya di bidang komunikasi contohnya seperti smartphone, selain inovasi yang selalu bermunculan di perangkat handphone itu sendiri, ada juga beberapa aksesoris lainnya yang juga tengah majunya sebagai alat bantu dalam fungsi tambahan di dunia teknologi.

Salah satu aksesoris yang inovasi dan keluaran baru serta belum ada di dunia ini adalah dengan kehadirannya kabel usb otg untuk perangkat handphone tertentu. Mungkin masih banyak yang beranggapan kabel usb otg ini hanya sebagai media transfer data antara handphone dengan flashdisk jika dilihat dari lubangnya,

namun dari itu semua ternyata masih banyak lagi fungsinya bahkan cukup dibilang kompleks juga walaupun alat ini berbentuk sangat mungil.

Pengertian USB OTG, Fungsi dan Kelebihan Serta Kekurangannya


Jadi pada kesempatan kali ini kami akan mengulas dari beberapa kategori mengenai pengertian kabel usb otg, fungsi dari kabel usb otg, kelebihan yang terdapat di kabel usb otg serta kekurangan yang ada di kabel usb otg.

Dengan ulasan dibawah ini, kami harap pada kalian semoga dapat ditelaah dengan baik dan cepat, dan jangan khawatir juga karena kami akan mengulasnya dengan pelan-pelan supaya kalian lebih cepat untuk memahaminya.

Pengertian Kabel USB OTG


Dari singkatan USB OTG ini memiliki kepanjangan Universal Serial Bus On The Go. Kabel jenis ini pada awalnya memang memiliki fungsi utamanya sebagai media penghubung saja, namun semakin majunya era sekarang ini, maka kabel ini pun semakin maju fungsinya seperti melakukan transfer data dari media penyimpanan flashdisk ke handphone atau sebaliknya dari handphone ke flashdisk.

pengertian usb otg

Pada awalnya atau pada umumnya lubang usb hanya berguna sebagai penghubung flashdisk atau sejenisnya yang bisa kita temui pada perangkat laptop maupun pc, namun para pengguna handphone semakin meningkat dari pada pengguna komputer sehingga muncullah inovasi yang cukup menarik yakni keluarnya kabel usb otg yang bisa kita gunakan untuk melakukan transfer data ataupun lainnya menggunakan perangkat handphone.

Namun sangat disayangkan sekali tidak semua perangkat smartphone maupun yang memiliki OS Android tidak selalu support atau mendukung dalam menggunakan kabel usb otg ini. Selain tidak pas atau tidak cocoknya slot yang terdapat di hp, ada lagi yakni tidak kecocokannya kernel pada handphone dan ini yang paling sering ditemui.

Namun supaya support pada smartphonenya, perangkat handphone kita harus melakukan rooting atau aplikasi tambahan lainnya supaya dapat diakses menggunakan kabel usb otg ini, ingat yaa tidak semuanya namun hanya beberapa perangkat smartphone saja yang mendukung usb otg ini harus melakukan rooting atau aplikasi tambahan lainnya.

Fungsi Kabel USB OTG


Fungsi utama yang paling sering diketahui orang banyak dari usb otg ini memang sebagai media transfer data dari flashdisk ke handphone atau sebaliknya dari handphone ke flashdisk, seperti yang sudah kami sindir pada ulasan pembukaan tadi yakni tidak hanya sebagai media transfer data dari penyimpanan flashdisk saja,

melainkan masih banyak lagi fungsi-fungsi lainnya yang masih juga melibatkan smartphone terhadap kabel usb otg, penasaran apa saja sih fungsi kabel jenis ini terhadap perangkat smartphone? yukkss langsung aja nih simak lagi penjelasannya dibawah ini.

pengertian usb otg 2
  • Memberikan hak akses penambahan memori baik itu penyimpanan internal maupun penyimpanan eksternal pada handphone kita. Hal tersebut dapat dibuktikan ketika smartphone kita terhubung dengan flashdisk maka secara otomatis ruang yang kosong juga menjadi hak milik handphone kita.
  • Tidak selalu flashdisk saja, ada beberapa komponen lainnya yang biasa dihubungkan ke komputer seperti mouse, joystick, keyboard dan lainnya, dan perangkat tersebut bisa juga dihubungkan pada smartphone kita dengan bantuan usb otg tersebut.
  • Membaca data pada memori Kamera DSLR ataupun yang jenis lainnya kini juga bisa dilakukan pada handphone anda ketika kondisi mungkin lupa tidak membawa laptop.
  • Fungsi lainnya juga bisa kita gunakan untuk daya lampu darurat yang dimana biasa digunakan dalam usb laptop, dengan kabel usb otg kita bisa hubungkan lampu darurat tersebut ke handphone kita deh dengan bantuan kabel tersebut.
  • Dan masih banyak fungsi lainnya, intinya lubangnya harus sesuai dengan lubang perangkat yang ingin kita hubungkan ke kabel usb otg.

Kelebihan dan Kekurangan Kabel USB OTG


pengertian usb otg 3

Dari sekian banyak fungsi-fungsi yang terdapat pada kabel jenis yang satu ini, muncul juga kelebihan atau keuntungan yang didapat yang dilontarkan oleh para penggunanya langsung dan pastinya mereka sudah pernah merasakan dalam menggunakan kabel ini.

Selain dari kelebihan ada juga kekurangannya, jadi kelebihan dan kekurangan ini didapat dari ulasan para penggunanya langsung yang sudah pernah merasakannya, jadi bukan asal nulis saja tetapi sesuai dengan yang diucapkan oleh penggunanya langsung, berikut kelebihan serta kekurangannya.

Kelebihan Kabel USB OTG


Untuk kelebihan dari kabel jenis ini sudah kita sindir dari pengertian dan fungsi-fungsinya pada ulasan diatas, intinya yang awalnya hanya bisa dihubungkan ke usb komputer sekarang bisa juga dihubungkan keperangkat gadget dengan bantuan kabel usb otg ini.

Dan kelebihan lainnya yang paling menarik adalah paling ringan dan bisa kita bawa kemana saja, bisa bawa ketempat sekolah, tempat kerja, tempat seminar dan tempat-tempat lainnya. Bahkan kita juga bisa menaruhnya ke kantung saku baju maupun celana, jadi dibilang kabel ini multifungsi dan bisa kita bawa kemana saja.

Kekurangan Kabel USB OTG


Walaupun kelebihan kabel usb otg ini banyak kelebihannya, muncul jugalah kekurangan yang didapat dan ini juga dari para penggunanya langsung yang mengungkapnya ketika ia pernah menggunakan kabel jenis ini.

Yakni tidak cocok atau tidak support pada beberapa perangkat gadget ketika dihubungkan, ada yang mengungkapnya saat melakukan rooting pada smartphonenya barulah bisa ia hubungkan dan ada juga yang menjelaskan dengan bantuan aplikasi tambahan baru bisa dihubungkan.

Jadi resikonya adalah saat kita beli dan tidak support pada perangkat gadget kita, yaa kita hanya buang-buang uang saja karena tidak berguna bagi perangkat ponsel kita dan hanya mendukung pada beberapa perangkat smartphone saja.


Mungkin itu saja mengenai dari pengertian kabel usb otg, fungsi kabel usb otg, kelebihan kabel usb otg serta kekurangan kabel usb otg. Jika teman-teman ada pertanyaan atau sebagainya silahkan ditanyakan saja semoga tim kami juga dapat menjawab semua pertanyaan teman-teman. Jika berkenan boleh dong bantu kami juga dengan melakukan share artikel ini ke media sosial kalian hehehe.

Oh iya, jika artikel ini ingin dijadikan bahan skripsi atau sebagainya tolong komentar dibawah supaya kami mengetahuinya, dan pastinya akan kami ijinkan tetapi syaratnya harus berkomentar dibawah yaa, karena semangat tim kami adalah menjawab semua pertanyaan teman-teman yang masih kurang paham.

Silahkan berkomentar apabila ada hal yang bingung atau sebagainya, dan mohon maaf apabila berkomentar disertai dengan link akan kami hapus.
Pastikan Anda berkomentar dengan bahasa yang sopan dan bertanya dengan artikel yang tengah terkait, supaya tim kami akan mudah untuk menjawabnya dari pertanyaan teman-teman.
Klik Disini Untuk Melihat EmoticonTutup Lagi