Minggu, Maret 25, 2018

Pengertian Input dan Output Komputer Beserta Contohnya Lengkap

Pengertian Perangkat Input dan Output Komputer - Seperti yang sudah kita ketahui, perangkat input ini memiliki arti masuk, sedangkan output memiliki arti keluar, yang berarti Input dan Output merupakan alat sebagai penghantar data atau berangkat baik sebagai alat masuk maupun keluar. Atau biasa input sama output ini disebut dengan sebutan I/O, yang berarti Input/Output.

Baca Juga : Pengertian Perangkat Input Device Komputer Beserta Contohnya
Baca Juga : Pengertian Perangkat Output Device Komputer Beserta Contohnya

pengertian input dan output device

Nah pada ulasan kali ini kami akan membagikan sebuah materi yang sangat sederhana sekali yakni dari pengertiannya output maupun input. Bagi kalian yang tidak mengetahui dari dua makna tersebut, artikel ini sangat cocok yang Anda cari dan pastinya kami akan menjabarkannya menjadi satu persatu supaya kalian lebih mudah untuk memahaminya nanti, serta kami juga akan menjelaskannya dengan pelan-pelan, yaudah yukss langsung aja berikut ulasannya.

Pengertian Perangkat Output dan Input


Supaya lebih mudah untuk memahaminya, kami akan menjelaskannya terlebih dahulu pada perangkat inputnya, serta dengan contoh-contoh perangkat kerasnya, berikut ulasan lengkapnya mengenai input device.

Pengertian Perangkat Input


Input adalah sebuah perangkat komputer yang memiliki fungsi tertentu untuk memasukan data atau perintah kedalam komponen komputer, perintahnya bisa berupa gambar, teks, video, grafik, suara dan masih banyak lagi. Dan juga ada beberapa contoh perangkat yang terdapat pada input device ini, berikut contoh perangkatnya yang akan kami tampilkan 5 perangkat sebagai contohnya saja.

1. Keyboard

Keyboard ini ada beragam macam untuk menghubungkan pada komputer, bisa berupa USB atau wireless dan ada juga dengan bluetooth. Keyboard ini memiliki fungsi input device sebagai memasukan perintah berupa simbol, teks ataupun angka.

2. Mouse

Mouse salah satu perangkat input device yang berfungsi sebagai menggerakan cursor atau pointer pada layar monitor komputer, mouse biasanya dihubungkan melalui USB atau Wireless.

3. Joystick

Joystick juga salah satu perangkat input device yang memiliki bentuk tongkat dan bisa digerakan ke segala arah. Joystick memiliki beberapa fungsi diantaranya untuk bermain games dan juga bisa untuk implementasikan pada suatu kursi roda bermotor.

4. Scanner

Perangkat device yang satu ini kerjanya serupa dengan mesin foto copy yang berfungsi untuk menduplikat objek atau mencopy suatu grafik, teks atau gambar dalam bentuk digital. Scanner juga memiliki beberapa macam diantaranya : Handy Scanner,  Flatbed Scanner dan PSC Scanner.

5. Light Pen

Light Pen merupakan sebuah perangkat input device yang digunakan untuk keperluan menggambar teknis ataupun grafis di komputer, cara kerja komputer untuk membaca light pen yakni dengan sensor yang dimilikinya.

Pengertian Perangkat Output


Output Device adalah suatu komponen komputer yang memiliki fungsi data atau informasi yang telah diperoleh dari hasil proses dari suatu proses device. Perangkat output device ini akan menghasilkan suatu data atau informasi untuk manusia sehingga dapat didengar, dilihat, dibaca dan dipahami. Informasi keluaran ini atau output device akan menghasilkan berupa suara, gambar, teks maupun video. Berikut contohnya yang akan kami tampilkan 4 perangkat output, yaaa sebenarnya masih banyak tetapi ini hanya sebagai contohnya saja.

1. Printer

Printer salah satu perangkat output device komputer yang dimana fungsinya ini untuk mencetak hasil dari proses atau perintah komputer dalam bentuk kertas. Hasil cetakan tersebut bisa berupa gambar ataupun tulisan berdasarkan media cetaknya, printer beragam macam diantaranya : Printer Laserjet, Printer Inkjet dan Printer Dotmatrik.

2. Monitor

Monitor berperan di perangkat output device sebagai alat keluaran data secara grafis pada sebuah CPU atau Central Processing Unit. Secara umumnya, monitor menampilkan data atau informasi berupa tampilan grafis supaya si pengguna bisa melihat apa yang sedang ia operasikan kepada komputer melalui layar monitor. Adapun jenis-jenis monitor, diantaranya : Monitor LED, Monitor CRT dan Monitor LCD.

3. Speaker

Perangkat output device selanjutnya adalah speaker, fungsi speaker ini mengeluarkan informasi dari hasil pemrosesan dari CPU yang berupa audio atau suara.

4. Plotter

Plotter salah satu benda pertama yang mampu mencetak gambar dalam ukuran besar, sebesar gambar engineering dan arsitektur, plotter ini mencetak gambar dengan menggunakan dari pena-pena tinta. Plotter memiliki fungsi yang sama dengan printer, hanya saja plotter mampu mencetak gambar dalam ukuran yang besar. Berikut jenis-jenis plottter diantaranya : Plotter Thermal, Plotter Pena dan Plotter Elektrostatis.

Baca Juga : Pengertian Processor, Fungsi dan Jenisnya
Baca Juga : Pengertian Komputer Client dan Fungsi-fungsinya
Baca Juga : Pengertian Komputer Server dan Fungsi-fungsinya
Baca Juga : Pengertian dari Framework Beserta Fungsi-fungsinya
Baca Juga : Perbedaan Vektor dan Bitmap yang Wajib Kamu Ketahui

Mungkin itu saja mengenai pengertian I/O atau pengertian input dan output, jika teman-teman ada pertanyaan atau masukkan lainnya, tinggal komentar saja dibawah dan nanti tim kami pastinya akan menjawab semua pertanyaan teman-teman dengan cepat. Semoga bermanfaat yaa gaess untuk menunjang belajar kamu, smangap semuanyaa.

Klik Disini Untuk Buka Komentar
Tutup Kolom Komentar

Silahkan berkomentar apabila ada hal yang bingung atau sebagainya, dan mohon maaf apabila berkomentar disertai dengan link akan kami hapus.
Pastikan Anda berkomentar dengan bahasa yang sopan dan bertanya dengan artikel yang tengah terkait, supaya tim kami akan mudah untuk menjawabnya dari pertanyaan teman-teman.
Klik Disini Untuk Melihat EmoticonTutup Lagi