Senin, Juni 04, 2018

Pengertian URL (Uniform Resource Locator) Beserta Fungsinya

Pengertian URL, Fungsi URL, Contoh URL dan Bagian URL - Jaringan internet di era sekarang ini sangatlah penting bagi kelangsungan hidup, banyak sekali komponen-komponen yang terlibat di dunia internet, salah satunya yakni URL atau biasa dikenal dengan sebutan alamat suatu web.

pengertian url

Mungkin banyak diantara kita sering mendengar istilah url, ntah itu pernah mendengarnya dilingkungan sekolah, tempat pekerjaan, rumah sakit, lab dan sebagainya. Namun walaupun kita sering mendengarnya tetapi masih banyak orang yang belum paham dari definisi url tersebut dan fungsi-fungsi yang terdapat didalamnya.

Walaupun orang tersebut pekerja kantoran mengurus website penjualan, tetapi dia sendiri pun juga masih belum paham dari pengertian url, apalagi mengingat semakin maraknya kegiatan cyber crime atau penjahat internet seperti hack akun yang memanfaatkan alamat web atau url.

Pengertian, Fungsi, Contoh dan Bagian-bagian URL


Jadi pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan definisi dari url serta fungsi, contoh dan bagian-bagian yang terdapat di url. Supaya kalian dapat memahaminya dengan baik, kami akan menjelaskannya secara pelan dan padat, jadi akan dijelaskan dari pengertiannya terlebih dahulu baru fungsi, contoh dan terakhir bagian url.

Perlu kalian ketahui terlebih dahulu, URL ini pertama kali ditemukan oleh seseorang yang bernama Tim Berners-Lee sekitar tahun 1991 yang bertujuan untuk mempermudah penggunanya dalam mengakses internet.

Apalagi sekarang ini sudah tersedia mesin pencari atau search, tentunya dengan begitu dapat memudahkan kita dalam menuju suatu web dengan cepat. Yaudah dari pada kata pengatarnya terlalu panjang tetapi kalian sudah pusing duluan, mending langsung aja nih kita bahas dari definisi url, berikut ulasan lengkapnya.

Pengertian URL


URL memiliki singkatan Uniform Resource Locator yang merupakan suatu karakter yang mempunyai karakter standar tertentu yang ditujukan sebagai alamat dari sumber-sumber di internet, hal tersebut bisa berupa file page, dokumen, gambar dan sebagainya.

Dan rangkaian karakter yang digunakan bisa juga berupa angka, simbol ataupun huruf sesuai dengan standar yang sudah diterapkan. Salah satu standar yang paling menonjol yakni url tidak mengenal adanya spasi, lalu diawali dengan http ataupun https dan masih banyak lagi.

Baca Juga : Pengertian WWW, Sejarah dan Fungsinya
Baca Juga : Pengertian HTTP dan HTTPS Beserta Perbedaannya

Penetapan suatu url atau alamat tujuan menjadi salah satu bagian cukup penting bagi para pembuat website atau developer web. Tetapi bagi para pengunjung tidak bersifat wajib karena di era sekarang ini google ataupun search lainnya sudah ada algoritma search yang tidak harus berupa url saja.

Misalnya kalau kita ketik "Cara mengatasi komputer lemot", maka sangat banyak di situs mengulas hal tersebut dan sudah dipastikan dengan begitu pengunjung tidak wajib harus menulis url secara rinci ataupun detail, tetapi cukup mengetik kata kunci saja.

Fungsi URL


Fungsi url ini sudah kami sindir pada ulasan diatas atau sudah kami jelaskan sebelumnya, yakni para pengguna internet pada dasarnya url ini untuk memanggil ataupun menemukan file yang akan dikunjungi secara langsung tanpa melewati situs-situs lainnya.

Contohnya seperti ulasan diatas tersebut yang menjelaskan cara mengatasi komputer lemot, yang berarti kalau mau mengunjungi tanpa menemukan situs-situs lainnya kita harus mengetik alamat yang dituju secara rinci.

Kekuatan dari url ini juga dapat membuat kalian berpindah-pindah antar halaman situs web dengan media yakni hyperlink. Selain itu masih ada lagi fungsi-fungsi lain dari url seperti :
  • Salah satu sarana sebagai identifikasi file, dokumen, gambar dan lain sebagainya.
  • Sebagai nama lengkap bagi suatu situs web, misalnya seperti alamat rumah kita.
  • Memudahkan pengunjung untuk menuju langsung ke situsnya tanpa harus menulis keyword pada search engine.

Tetapi sayangnya fungsi url ini masih banyak yang menyalahgunakannya oleh oknum-oknum lain yang tidak bertanggung jawab, seperti melakukan plagiasi atau manipulasi url dan hack akun yang menipukan tampilannya sama dengan situs resminya tetapi agak melenceng sedikit urlnya.

Misalnya begini, ada yang melakukan hack akun facebook tetapi dengan cara web phising yang tampilannya sama persis dengan facebook, kalau situs resmi facebook alamat urlnya www.facebook.com , sedangkan yang palsu pasti agak melenceng seperti www.faceebook.com (huruf E ada 2, itu palsu yang dinamakan web phising).

Jadi diharapkan bagi pengguna internet harus selalu waspada dalam pengetikan url, harus tepat bidikannya dan jangan sampai melenceng walaupun 1 huruf saja, karena diluar sana banyak yang melakukan hack akun dengan cara web phising.

Contoh URL


contoh url

Contoh dari penggunaan url ini bisa kalian jumpai di kolom search paling atas pada media browser Anda, misalnya ketika kalian membaca artikel ini maka kalian bisa perhatikan pada kolom searchnya terdiri dari protocol (http/https), nama domain websitenya dan path-path atau page halaman yang terkait.

Url pada suatu situs website dibagikan menjadi 2 bagian yakni URL Absolute dan URL Relative. Kalau untuk url absolute misalnya url yang dilengkapi dengan nama domain serta menyebutkan lokasi ataupun direktori file di dalam url tersebut, contohnya seperti https://www.namasitusnya.com/images/feritekno.png .

Kalau untuk url relative juga memiliki fungsi yang sama seperti menyebutkan sebuah lokasi atau direktori file, namun pada domain yang memang aktif pada saat itu, contohnya seperti image.png .

Bagian-bagian URL


bagian url

Seperti yang sudah kita sindir pada ulasan diatas bahwa bagian-bagian url terdiri dari protokol, domain dari situs websitenya dan path absolute sesuai dengan direktori yang ada. Fungsi protokol pada url sangatlah penting karena ia memberitahu bahwa situs websitenya menggunakan https/https atau tidak, dan menggunakan www atau tidak menggunakan www. Contohnya seperti situs ini yang menampilkan HTTPS (Hypertext Transfer Protocol Secure) dan WWW (World Wide Web).

Bagian selanjutnya dari url adalah nama domain serta alamat web itu sendiri dan biasanya dia menjadi satu paket dengan web servernya, misalnya nama website ini Feri Tekno, dan nama domainnya .COM , kalau digabungi maka menjadi feritekno.com .

Yaa mungkin itu saja mengenai pengertian url, fungsi url, contoh url dan bagian-bagian url terhadap situs website. Jika teman-teman masih ada yang bingung atau ada masukkan lainnya, tinggal komentar saja pada kolom dibawah ini dan pastinya tim kami nanti akan membantu dari pertanyaan teman-teman sekalian.

Andai kata artikel ini dijadikan bahan skripsi tugas kalian, kami memohon untuk mencantumkan link pada referensinya, biar barokah hehe. Yang pastinya kami akan mengijinkan kalian jika dicantumkan link referensi situs ini secara lengkap, sampai jumpa lagi yaa gaess semoga hari-hari mu menyenangkan.


Silahkan berkomentar apabila ada hal yang bingung atau sebagainya, dan mohon maaf apabila berkomentar disertai dengan link akan kami hapus.
Pastikan Anda berkomentar dengan bahasa yang sopan dan bertanya dengan artikel yang tengah terkait, supaya tim kami akan mudah untuk menjawabnya dari pertanyaan teman-teman.
Klik Disini Untuk Melihat EmoticonTutup Lagi