Kamis, Maret 29, 2018

Pengertian dan Perbedaan Internet dengan Intranet

Pengetian Internet dan Intranet | Perbedaan Internet dan Intranet - Mungkin diantara kita sering mendengar istilah internet namun tidak mengetahui dari pengertian internet itu sendiri.

Apalagi di era sekarang ini pengguna smartphone dan komputer sudah begitu maju pesat memasuki negara Indonesia, maka bukan hal yang lumrah kata-kata internet bahkan anak kecil pun juga mengetahui apa itu kata internet. Tetapi kalian tahukah, bahwa ada istilah lain lagi dari internet yakni intranet.

perbedaan internet dan intranet lengkap dengan penjelasannya

Pengertian Internet dan Intranet


Secara harfiah pengertian internet dengan intranet sangat berbeda tetapi memiliki fungsi yang sama, yakni menghubungkan komputer satu dengan yang lainnya. Jadi pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan dari pengertian internet dan intranet baru mengulasnya dari perbedaannya, supaya kalian lebih mudah untuk memahaminya jika dipahami dari pengertiannya terlebih dahulu, berikut pengertian dari kedua istilah tersebut.

Pengertian Internet


Internet adalah sebuah jaringan gelombang yang sangat berguna sekali untuk menghubungkan komputer dengan komputer lainnya yang dimana menggunakan standar sistem global Internet Protocol Suit (TCP/IP) atau Transmission Control Protocol sebagai protokol pertukaran sehingga kita bisa saling bertukaran informasi walaupun memiliki jarak yang cukup jauh, komunikasi, berinteraksi dan sebagainya.

Pengertian Intranet


Selain internet ada juga istilah yang dimanakan intranet, intranet adalah sebuah jaringan pribadi atau biasa dikenal dengan istilah Private Network yang menggunakan internet untuk saling bertukar informasi dan berbagi di dalam jaringan lokal, misalnya seperti Kantor, Perusahaan, Sekolah dan sebagainya. Intranet ini juga bisa dibilang termasuk ke dalam salah satu jaringan LAN (Local Area Network) yang hanya bisa mencakup wilayah kecil saja.

Perbedaan Internet dan Intranet


Setelah kalian memahami dari dua pengertian diatas, semoga dari ulasan tersebut mampu menjadikan tunjangan dalam tahap belajar kalian. Karena kalau kita bahas dari langsung perbedaannya maka sangat sulit untuk dimengerti, oleh karena itulah kita bahas dari pengertiannya terlebih dahulu baru perbedaannya. Untuk dari perbedaannya, berikut ulasan lengkapnya dan semoga dapat dimengerti.

Internet :

  • Jaringannya mencakup sangat luas (Negara bahkan antar Benua).
  • Memiliki jaringan yang stabil dan kuat.
  • Perkembangannya begitu pesat.
  • Bisa diakses kapan saja dan dimana saja oleh semua orang.

Intranet :

  • Jaringannya mencakup sangat terbatar atau kecil (Hanya sampai wilayah lokal saja).
  • Perkembangannya cukup lambat.
  • Hanya bisa digunakan dalam wilayah Perkantoran, Perusahaan, Rumah Sakit, Sekolah dan sebagainya.

Mungkin itu saja mengenai pengertian internet dan intranet serta perbedaan internet dan intranet, semoga dengan beberapa ulasan diatas tersebut dapat membantu Anda dalam menunjang ilmu pengetahuan.


Jika artikel ini dijadikan bahan referensi skripsi, kami memohon untuk memberikan referensi link situs ini biar barokah hehehe, dan pastinya kami mengijinkannya asalkan memberikan link referensinya.

Andai kata teman-teman ada pertanyaan atau ada yang kurang dimengerti, silahkan komentar saja dibawah dan nanti tim kami pasti akan menjawab semua pertanyaan teman-teman dengan cepat.

Klik Disini Untuk Buka Komentar
Tutup Kolom Komentar

Silahkan berkomentar apabila ada hal yang bingung atau sebagainya, dan mohon maaf apabila berkomentar disertai dengan link akan kami hapus.
Pastikan Anda berkomentar dengan bahasa yang sopan dan bertanya dengan artikel yang tengah terkait, supaya tim kami akan mudah untuk menjawabnya dari pertanyaan teman-teman.
Klik Disini Untuk Melihat EmoticonTutup Lagi