Kamis, Maret 01, 2018

Perbedaan Vektor dan Bitmap yang Wajib Kamu Ketahui

Bagi kalian yang sudah berkecimpung dalam dunia Multimedia pasti sering mendengar istilah vektor ataupun bitmap, tetapi masih banyak juga yang belum mengetahui dari antara keduanya. Nah pada ulasan kali ini kami akan berbagi mengenai perbedaan vektor dan bitmap atau bitmap dan vektor (Sama saja). (Baca Juga : Pengertian Desain Grafis dan Jenis-jenisnya)

perbedaan vektor dan bitmap atau perbedaan bitmap dan vektor

Perbedaan Bitmap dan Vektor


Ada beberapa perbedaan dari antara keduanya, supaya lebih jelas pastinya kami akan mengulasnya satu-satu (Tidak sekaligus dicampur), supaya teman-teman yang membacanya juga lebih mudah untuk memahaminya nanti. Karena banyak situs diluar sana menjelaskannya langsung ditumpuk tanpa dipisah, sehingga sangat sulit untuk dimengerti. Yuukss langsung saja simak penjelasannya yaa gaess, cekidot. (Baca Juga : 5 Aplikasi Untuk Editing Foto di HP Android)

1. Bitmap


Gambar bitmap ini disusun oleh objek yang biasa disebut pixel, kerapatan yang sampai ratusan bahkan ribuan kotak-kotak warna (Pixel) yang tersusun sehingga ia membentuk sebuah gambar yang dikenal dengan istilah resolusi.

Nah ini nih point paling penting di Bitmap, kalau untuk bitmap ia tidak akan pecah jika ukurannya diperkecil, namun kalau di zoom atau diperbesar ia akan pecah dari ukuran aslinya. Gambar bitmap ia butuh resolusi yang tinggi jika ingin diprint atau dicetak, jika resolusinya tidak ditinggikan, nanti akan pecah-pecah hasil cetakan fotonya.

Namun kalau gambarnya memiliki banyak warna-warna gradasi atau terdapat bayangan pada gambar, bitmap pilihan yang paling tepat yang harus kamu terapkan dari pada pakai vektor, sebab bitmap akan terlihat halus untuk menampilkan berbagai paduan warna.

Di lain alur, layar komputer hanya menampilkan foto atau gambar dengan resolusi dalam satuan pixel, maka gambar yang dihasilkan pada komputer adalah gambar yang bertipe bitmap, sehinga bitmap salah satu jenis yang paling populer dikalangan dunia digital.

Format File yang Terdapat Pada Bitmap
  • PSD : Format yang hanya terdapat pada software photoshop, baik versi cs3, cs6, cc dan sebagainya.
  • TIFF : Mengkompres hasil gambar tanpa mengurangi kualitasnya, dan ini alternatif yang digunakan pada PSD dengan ukuran yang lebih kecil.
  • JPEG : Format gambar yang paling banyak digunakan.
  • PDF : Format yang sangat berguna untuk file yang ingin dicetak.
  • GIF : Untuk menghasilkan gambar yang bergerak-gerak dengan menggunakan 256 warna yang menghasilkan layer animasi.
  • PNG : Format gambar dengan hasil transparasi atau format yang paling bagus dan terlihat asli, dan png ini paling baik dari pada format jpeg.
  • RAW : Biasa dikenal dengan istilah Digital Negative, yang sangat populer didalam dunia fotografi.


2. Vektor


Gambar vektor tidak akan pecah atau buram, baik ketika ingin diperbesar maupun diperkecil, sehingga ukuran kualitas yang didapat tetap terjaga dengan baik. Dalam vektor masing-masing titik, bidang, garis dan bentuk dihasilkan sepenuhnya dengan cara teratur.

Dalam dunia desain grafis, gambar vektor ini bisa digunakan sebagai Ilustrasi, Logi, Ikon, Font, Pattern, Infografik, Element yang tedapat pada website, Brosur, Kartu nama, Poster dan masih banyak lagi.

Mungkin itu dia perbedaan dari vektor dan bitmap, mungkin jika teman-teman ada masukkan atau kritik lainnya tinggal komentar saja dibawah, yang pasti tim kami akan menjawab pertanyaan teman-teman semuanya.

Karena situs ini salah satu situs yang mempermudah pembaca, supaya lebih akurat kami kasih kesimpulan juga, karena banyak situs diluar sana yang mengulas perbedaan ini tetapi dengan bahasa yang kurang baik dan sulit untuk menelaahnya, nih langsung aja apa sih kesimpulannya.

Kesimpulan Perbedaan dari Keduanya: Kalau untuk Vektor ia tidak akan buram atau pecah saat diperbesar dan sangat tepat bagi yang ingin membuat seperti logo, ikon, pattern dan sebagainya. Sedangkan untuk Bitmap ia akan pecah dari gambar aslinya jika diperbesar, tetapi sangat cocok bagi yang ingin mencetak jika gambarnya banyak warna-warna gradasi serta bayangan, namun harus dengan resolusi tinggi saat mencetaknya supaya tidak buram hasilnya nanti.

Silahkan berkomentar apabila ada hal yang bingung atau sebagainya, dan mohon maaf apabila berkomentar disertai dengan link akan kami hapus.
Pastikan Anda berkomentar dengan bahasa yang sopan dan bertanya dengan artikel yang tengah terkait, supaya tim kami akan mudah untuk menjawabnya dari pertanyaan teman-teman.
Klik Disini Untuk Melihat EmoticonTutup Lagi