Rabu, Juni 13, 2018

Mengatasi Start Menu atau Taskbar yang Tidak Bisa Diklik Pada PC atau Laptop

Taskbar atau start menu yang tidak bisa diklik merupakan hal yang paling tidak wajar dan cukup berbahaya, bahkan ikon windows juga tidak bisa diklik juga sangat mengkhawatirkan kita jika ingin merubah data akun windows atau sebagainya.

Start menu yang tidak merespon biasanya ada salah satu file bawaan windows yang hilang atau corrupted (Rusak), mungkin akibat faktor yang tidak sengaja ketika kita ingin menguninstall suatu software dan secara tak sadar kita juga menguninstall software bawaannya.

Mengatasi Taskbar atau Start Menu atau Ikon Windows yang Tidak Bisa Diklik


Nah untuk itu disini kami akan membantu Anda dalam mengatasi permasalahan yang tengah kalian alami, dan pastinya kami akan menjabarkan menjadi 5 bagian yang bisa kamu coba satu-persatu sampai benar-benar tuntas ke akarnya.

Dan yang paling sering terjadi biasanya pada windows 10, dan saya sendiri sebagai windows 10 kala itu juga sangat cemas tidak merespon, dan alhasil saya otak-atik berhasil juga setelah mengikuti 5 metode dibawah ini. (Baca Juga : Cara Lain Melakukan Shutdown Komputer dengan Mudah)

Penasaran seperti apa cara mengatasinya?, yukkss langsung capcus aja nih langkah-langkah solusinya.

1. Check dan Repair Corrupt Windows Files


Cara ini kita harus cari tau terlebih dahulu apa penyebabnya, jika sudah mengetahuinya maka cara yang satu ini ia akan merepairnya secara otomatis yang akan kita suruh ia membetulkannya sendiri dari sistem windows, berikut caranya. (Baca Juga : 3 Cara Mengatasi Windows 10 yang Gagal Booting)

Pertama, buka Task Managernya, caranya kamu bisa ketik CTRL + ALT + Delete pada keyboard lalu pilih task manager, atau cara lainnya klik kanan pada menu bar atau taskbar dan pilih task manager.

Kedua, kamu klik File yang berada dipojok kanan atas dan pilih Run New Task.

mengatasi taskbar ikon windows tidak bisa diklik

Ketiga, disitu teman-teman ketik Powershell dan jangan lupa untuk centang pada Create this task with administrative privileges.

mengatasi taskbar ikon windows tidak bisa diklik 2

Keempat, nanti akan muncul Administrative Windows Powershell, disitu kamu ketik sfc /scannow dan tekan Enter. Tunggu sampai prosesnya selesai, nanti secara otomatis file checker ini akan memperbaiki file yang rusak pada windows.

mengatasi taskbar ikon windows tidak bisa diklik 3

Kelima, andai kata ada file corrupted yang tidak bisa diperbaiki, kamu ketik lagi DISM /Online /Cleanup-Image /RestoreHealth dan tekan Enter, tunggu sampai prosesnya benar-benar selesai.

2. ReInstall Windows App


Kemungkinan besar ketika kamu ingin menginstall suatu software ia tidak terinstall dengan baik, sehingga menimbulkan start menu tidak dapat memprosesnya. Dengan menjalankan proses perintah reinstall windows app ini dipastikan tidak akan menghilangkan file-file yang sudah kamu simpan pada folder data dan juga aplikasi selain bawaan windows juga tidak akan terhapus. Ingat!, perintah ini hanya mereinstall aplikasi bawaan windows saja. (Baca Juga : Cara Ampuh Mengatasi Windows Script Host Access Is Disabled On This Machine)

Pertama, caranya masih sama kamu buka task manager dan pilih run new task, dan kamu masih sama untuk mengetik Powershell dan jangan lupa untuk mencentang bawahnya itu.

Kedua, selepas itu kamu ketik Get-AppXPackage -AllUsers | Foreach {Add-AppxPackage -DisableDevelopmentMode -Register "$($_.InstallLocation)\AppXManifest.xml"} pada jendela windows powershellnya.

Ketiga, kamu tunggu saja proses reintall-nya selesai, biasanya cara ini cukup memakan waktu sampai beberapa menit. Jika prosesnya sudah selesai, kamu langsung lakukan Restart pada komputer kamu itu.

Keempat, setelah nyala, coba klik taskbar-nya apakah berjalan dengan baik atau tidak. Andai kata tidak dapat memprosesnya juga, kamu ikuti saja terus langkah-langkah dibawah ini.

3. Jalankan Windows Update Assistent


Jika kamu pengguna windows belum melakukan update assitent, kemungkinan setelah melakukan update semoga bisa teratasi dengan baik taskbarnya, berikut ini link-nya silahkan kamu salin ke browser kamu untuk melakukan download windows update assistent dari situs resminya.

Semoga dengan melakukan update assistent, permasalahan kamu bisa teratasi dengan baik dan berjalan lancar yaa gaess, jika masih belum juga silahkan lanjut lagi saja langkah-langkah selanjutnya.

4. Menggunakan Software Bantuan


Cara yang ini dibilang cara terakhir yang bisa kamu lakukan secara wajar, biasanya pada cara ketiga diatas sudah pasti bisa diatasi, namun kalau masih belum juga kita bantu dengan software. Dan software yang kalian bisa gunakan kami berikan 2 software dan bisa kalian coba juga satu persatu dari software yang pertama baru yang kedua. (Baca Juga : Cara Membuat Password di Windows 10)

Pertama, download software Start Menu pada link biru ini https://download.microsoft.com/download/F/2/2/F22D5FDB-59CD-4275-8C95-1BE17BF70B21/startmenu.diagcab

Kedua, tinggal kamu ikuti saja proses prosedur yang diminta pada software ini sampai selesai.

mengatasi taskbar ikon windows tidak bisa diklik 4

Pertama, jika software pertama enggak bisa juga kamu bantu dengan software yang satu ini, dan untuk download aplikasi Tweaking silahkan salin pada link biru ini http://www.tweaking.com

Kedua, pastikan ketika download cari yang Tweaking Windows Repair, setelah di download kamu jalankan dan tinggal klik tombol Start Repairs dan secara otomatis nanti akan menjalankan programnya dengan sendirinya dan kamu tinggal cukup diam dan santai saja.

mengatasi taskbar ikon windows tidak bisa diklik 5

5. Lakukan Recovery


Cara ini sangat ekstrim yang dimana kamu melakukan menginstall ulang windows lagi namun tidak menghilangkan windowsnya juga, yang ia hilangkan hanya software yang kamu install dan mengembalikan software bawaan windows yang hilang. Pastikan kamu back-up semua data yang ada yaa, bisa ke komputer temen untuk numpang sementara saja.

Mungkin itu saja 5 cara mengatasi taskbar atau start menu yang tidak dapat diproses alias tidak bisa diklik, semoga dengan cara-cara diatas mampu mengatasi permasalahan Anda, dan selamat untuk mencobanya yaaa teman-teman.

Buka Komentar Disini