Rabu, Maret 14, 2018

5 Cara Mengatasi Touchpad Laptop Asus yang Tidak Berfungsi di Windows 7, 8 dan 10

Cara Mengatasi Touchpad Laptop Asus yang Bermasalah - Touchpad merupakan alat pengganti mouse yang hanya terdapat pada perangkat laptop saja, dengan begitu pengguna pun juga mudah bisa membawa laptop kemana saja tanpa perlu membawa mouse lagi karena didalam perangkat tersebut sudah ada penggantinya yaitu bernama touchpad.

memperbaiki touchpad asus yang bermasalah

Namun banyak pengguna laptop khususnya yang bermerk Asus yang melontarkan kata-kata bahwa touchpad yang terdapat di laptopnya tidak dapat berfungsi, baik di klik maupun digeser dengan jari tangan.

Tentu dengan hal yang seperti itu akan membuat kita bingung jika ingin menggunakan laptop, kalau ada pengganti mouse sih tak masalah, namun bagaimana jika tidak ada mouse? pastinya pusing 7 keliling dong yaa gaess.

Memperbaiki Touchpad Laptop Asus yang Tidak Berfungsi


Pada kesempatan kali ini kami akan mengulas mengenai touchpad yang bermasalah yang dimana maksudnya touchpad tidak dapat bekerja dengan baik pada sistemnya sehingga sistem tersebut tidak dapat berfungsi dengan baik.

Biasanya masalah ini akibat kelalaian kita dalam menjaga keawetan laptop, dah dari pada bingung mending langsung kami ulas menjadi 5 bagian yang dimana bisa kalian coba satu-persatu dari yang mudah terlebih dahulu.

1. Melalui Shortcut Keyboard


Biasanya touchpad yang bermasalah akibat ia dalam keadaan disable atau keadaan off, untuk itu cobalah kamu mengaktifkannya dengan cara yang paling sederhana yakni melalui shortcut yang terdapat pada keyboard laptop kalian.

memperbaiki touchpad asus yang bermasalah 2

Pada versi laptop saya di keyboard hanya menekan keyboard FN + F9 secara bersamaan sudah aktif, biasanya setiap versi laptop enggak semuanya F9 untuk off/on, kadang F3 dan ada juga F2, jadi sesuaikan saja logo yang terdapat pada F1 sampai F12.

2. Menggunakan Driver Smart Gesture


Software yang satu ini yang paling cerdas yang dimana ia bisa mengenali kontak telapak tangan dan jari, sehingga menghindari kursor bergerak-gerak saat melakukan pengetikan. Dan salah satu software pengganti driver aslinya, jika kamu tertarik mencobanya silahkan kamu bisa kunjungi situs yang berwarna biru ini https://www.asus.com/support/FAQ/1009613

memperbaiki touchpad asus yang bermasalah 3

Disitu tersedia ada yang 32 bit dan 64 bit, jadi tinggal sesuaikan saja versinya yang terdapat pada laptop kamu, oh iya terlebih lagi driver ini juga akan mendisable touchpad ketika usb mouse terhubung, jadi tidak membuat kita ribet saat mengetik yang dimana kursor bergerak-gerak sendiri akibat ulah tangan kita yang menyentuh touchpad.

Baca Juga : Cara Membuat Touchpad Disable Otomatis Ketika Mouse Terhubung
Baca Juga : Cara Melihat Sistem Operasi dan IP di Komputer dengan Mudah
Baca Juga : 5 Perbedaan Notebook dan Netbook yang Wajib Kamu Ketahui

3. Menggunakan Driver Asli dari Situs Resmi ASUS


Cara lainnya adalah dengan menggunakan driver asli dari situs asusnya langsung, untuk mendapatkannya kamu harus sesuaikan produk yang sama dengan sistem operasi yang terdapat pada laptop kamu itu. Karena bisa saja terjadi jika ia tidak dapat berfungsi akibat driver yang hilang, jika memang seperti itu cobalah kamu langsung installnya yang bisa kamu download dari situs resmi asusnya langsung.

Supaya mempermudah, kamu bisa lihat dari kartu garansi jika kamu masih memilikinya, disitu akan terlihat link serta sistem operasi yang terdapat pada laptop kamu untuk melakukan download driver. Kami sarankan sih jangan download driver diluar situs resmi asus, karena bisa saja driver tersebut ada virusnya dan jika kalian melakukan install nanti laptop kamu akan terjangkit oleh virus.

4. Recovery


Cara ini sangatlah ampuh, sebab semua software yang terinstall akan terhapus serta virus-virus yang menempel dan juga sistem bawaan laptop yang hilang juga akan kembali lagi. Karena bisa saja touchpad yang tidak berfungsi akibat virus atau sistem bawaan ada yang hilang, jika kalian ingin melakukan hal ini, kamu harus back-up semua data yang penting supaya tidak terhapus.

Kami sarankan bagi kamu yang ingin melakukan recovery tetapi tidak tau caranya, bukalah youtube karena disana sangat banyak, dan jangan buka melalui artikel karena nanti bisa berakibat fatal jika kamu salah langkah, untuk itu kamu harus tonton videonya saja.

5. Bawakan ke Asus Service Center


Jika masih tidak bisa juga, lakukanlah ke service center terdekat Anda supaya tim ahlinya akan memperbaikinya langsung, biasanya waktu pengerjaan paling lama 5 hari kerja, jadi disana laptop kamu akan dititip selama 5 hari baru bisa diambil. Misalkan kamu masih memiliki garansi yang belum expired, ini sangat berpeluang besar karena kamu tidak akan dikenakan biaya instalasi nantinya alias gratis 100%.

Baca Juga : Download Driver Touchpad Laptop ASUS Resmi dari Situs Asus

Mungkin itu saja mengenai touchpad laptop asus yang bermasalah pada windows 7, 8 dan 10, jika teman-teman ada pertanyaan atau masukkan lainnya, silahkan komentar saja dibawah dan nanti tim kami akan menjawab semua pertanyaan teman-teman dengan cepat. Semoga tips ini bermanfaat untuk Anda, dan selamat juga untuk mencobanya.

Klik Disini Untuk Buka Komentar
Tutup Kolom Komentar

Silahkan berkomentar apabila ada hal yang bingung atau sebagainya, dan mohon maaf apabila berkomentar disertai dengan link akan kami hapus.
Pastikan Anda berkomentar dengan bahasa yang sopan dan bertanya dengan artikel yang tengah terkait, supaya tim kami akan mudah untuk menjawabnya dari pertanyaan teman-teman.
Klik Disini Untuk Melihat EmoticonTutup Lagi