Kamis, Juni 14, 2018

4 Cara Mengatasi Touchpad Laptop Lenovo yang Bermasalah Pada Windows 7, 8 dan 10

Cara Mengatasi Touchpad Laptop Lenovo yang Tidak Berfungsi - Touchpad merupakan alat pengganti mouse yang hanya terdapat pada perangkat laptop saja, dengan begitu pengguna pun juga mudah bisa membawa laptop kemana saja tanpa perlu membawa mouse lagi karena didalam perangkat tersebut sudah ada penggantinya yaitu bernama touchpad.

Namun banyak pengguna laptop khususnya yang bermerk Lenovo yang melontarkan kata-kata bahwa touchpad yang terdapat di laptopnya tidak dapat berfungsi, baik di klik maupun digeser dengan jari tangan.

Tentu dengan hal yang seperti itu akan membuat kita bingung jika ingin menggunakan laptop, kalau ada pengganti mouse sih tak masalah, namun bagaimana jika tidak ada mouse? pastinya pusing 7 keliling dong yaa gaess.

Memperbaiki Touchpad Laptop Lenovo yang Bermasalah


Pada kesempatan kali ini kami akan membeberkan beberapa cara yang bisa kamu terapkan untuk mencari solusi lalu mengatasinya, touchpad yang bermasalah sangat beragam penyebabnya, bisa juga akibat ulah kita sendiri ataupun sebagainya.

Yaudah dari pada bingung jelasin sana jelasin sini, mending kita langsung menuju kasusnya saja, yuukkss capcuss gaess.

1. Melalui Keyboard


Cara yang sangat mudah ini adalah dengan melaluinya dari shortcut keyboard, karena bisa saja secara tak sengaja kita menekan salah satu tombol yang dimana fungsinya untuk mendisable atau mematikan touchpadnya, untuk itu langsung saja simak bagaimana untuk mencari solusi mengenai hal ini.

mengatasi touchpad lenovo bermasalah

Pada versi laptop lenovo yang saya pakai shortcut touchpadnya berada di F6, jadi saya hanya memencet tombol FN + F6 secara bersamaan maka sudahlah aktif kembali touchpad kita, atau hanya menekan tombol F6 (Tanpa Fn) juga bisa, tetapi tergantung versi laptopnya,

ada yang pakai bantuan FN dan ada juga yang tidak. Jika bukan F6, berarti keyboard laptop kamu bagian F-nya berbeda, tinggal kamu cari saja logo yang sama dengan gambar diatas diantara F1 sampai F12.

2. Bantuan dengan Driver Touchpad


Jika masih tidak bisa juga, berarti ada salah satu driver yang hilang dari control panel Anda. Untuk tiu kalian bisa menginstall drivernya melalui situs resminya, atau dari situs lain juga bisa, namun kami sarankan lebih baik dari situs resmi Lenovo saja karena dari situs tersebut softwarenya sudah pasti asli dan tidak akan ada terkena virus yang menempel.

3. Recovery


Nah cara yang satu ini cukup ekstrim, karena semua data maupun software yang terinstall akan terhapus dan sistem bawaan laptop yang awalnya hilang akan kembali lagi seperti halnya membeli laptop baru saja. Bagi kamu yang tidak mengetahui cara recovery, kami sarankan lihat tutorialnya melalui video yang ada di Youtube, disana sudah tersedia sangat banyak sekali.

Baca Juga : Cara Membuat Touchpad Disable Otomatis Ketika Mouse Terhubung
Baca Juga : Cara Mengembalikan Recycle Bin yang Terhapus di Dekstop
Baca Juga : 5 Perbedaan Notebook dan Netbook yang Wajib Kamu Ketahui

Dan hindari mencari tutorial recovery dari situs, karena kalau salah sedikit sangat berbahaya, jadi untuk itu lebih baik dari video saja. Dan hal yang paling penting adalah, jika terdapat file-file penting kamu back-up semua supaya nanti tidak terhapus, bisa pinjam komputer teman untuk menaruk file data kamu.

4. Datangi Service Center Lenovo


Dengan cara yang 3 diatas itu sudah pasti dijamin bisa, namun kalau tidak bisa juga waaahhh berarti itu sangat berbahaya, untuk itu langsung bawa saja ke service center lenovo terdekat saja, supaya tim ahli mereka yang mengurusnya dalam metode instalasi. Jika kamu masih memiliki kartu garansi, itu sangat bagus karena tidak akan dimintai biaya instalasi apapun.

Mungkin itu saja mengenai touchpad yang bermasalah pada laptop lenovo di windows 7, 8 dan 10, andai kata teman-teman ada yang ingin disampaikan atau masukkan lainnya, teman-teman bisa langsung komentar saja dikolom bawah yang sudah tersedia,

nanti tim kami akan menjawab semua pertanyaan teman-teman dengan cepat. Semoga bermanfaat dan selamat mencobanya, jika berkenan boleh bantu kami membagikan artikel ini ke media sosial kalian yaaa.

Klik Disini Untuk Buka Komentar
Tutup Kolom Komentar

Silahkan berkomentar apabila ada hal yang bingung atau sebagainya, dan mohon maaf apabila berkomentar disertai dengan link akan kami hapus.
Pastikan Anda berkomentar dengan bahasa yang sopan dan bertanya dengan artikel yang tengah terkait, supaya tim kami akan mudah untuk menjawabnya dari pertanyaan teman-teman.
Klik Disini Untuk Melihat EmoticonTutup Lagi